Comscore Tracker

Mengerikan, 7 Cacing Parasit Ini Bisa Hidup di Dalam Tubuhmu Tiba-tiba

Tahu-tahu cacingnya uda pada besar-besar, hiiii....

Nama parasit selalu diidentikkan dengan hal-hal yang berbau negatif. Tentu saja karena parasit sendiri adalah istilah untuk makhluk hidup yang hanya mengambil sesuatu untuk dirinya sendiri dan tidak menguntungkan pihak lainnya. Kenyataannya parasit lebih mengerikan daripada yang kamu pikirkan.

Di dunia ini terdapat cacing parasit dan cacing ini hidup dalam tubuh makhluk hidup. Yang mengerikan adalah cacing parasit ini juga bisa hidup di dalam tubuh kita. Berikut ini adalah cacing parasit yang dapat hidup di tubuh kita.

1. Cacing guinea

Mengerikan, 7 Cacing Parasit Ini Bisa Hidup di Dalam Tubuhmu Tiba-tibasteemit.com

Cacing ini bisa masuk ke dalam tubuh manusia jika meminum air yang terdapat kutu air. Cacing guinea menyebabkan rasa sakit di tubuh saat mengunyah daging inangnya untuk bertelur. Parasit ini sedang diupayakan oleh World Health Organization untuk dimusnahkan.

2. Cacing pita

Mengerikan, 7 Cacing Parasit Ini Bisa Hidup di Dalam Tubuhmu Tiba-tibascmp.com

Ada 5 ribu spesies cacing parasit yang hidup di pencernaan, namun hanya tiga cacing yang bisa masuk ke dalam tubuh manusia: cacing yang datang dari babi, sapi, dan ikan. Salah satunya adalah cacing pita. Cacing ini hinggap di tubuh manusia ketika kamu mengonsumsi daging atau apapun yang memiliki embrio cacing ini.

3. Cacing kremi

Mengerikan, 7 Cacing Parasit Ini Bisa Hidup di Dalam Tubuhmu Tiba-tibavimeo.com

Parasit ini adalah yang paling umum diderita oleh orang-orang. Ketika inangnya tidur, cacing ini akan bertelur di area dubur inangnya, menyebabkan sensasi gatal. Telur cacing itu akan masuk ke dalam jari kuku ketika digaruk dan berakhir masuk lagi ke dalam tubuh korban. Inilah sebabnya kebanyakan penderita cacing kremi adalah anak-anak.

Baca Juga: Gejala Cacingan, 10 Tanda yang Menunjukkan Dampak Buruk Parasit Ini

4. Cacing hati

Mengerikan, 7 Cacing Parasit Ini Bisa Hidup di Dalam Tubuhmu Tiba-tibamemphisanimalclinic.com

Cacing hati dapat hidup dalam inangnya hingga tujuh tahun. Parasit ini disebarkan oleh nyamuk dalam bentuk larva. Umumnya menyerang anjing dan kucing, namun beberapa kasus ditemukan jika cacing hati ini ditemukan di otak, mata, paru-paru dan testikel manusia.

5. Cacing gelang ascaris

Mengerikan, 7 Cacing Parasit Ini Bisa Hidup di Dalam Tubuhmu Tiba-tibamedicalnewstoday.com

Ada jumlah populasi besar manusia yang dihinggapi cacing parasit ini. Kebanyakan datang dari negara berkembang dan diperkirakan kematian yang diakibatkan mencapai 10 ribu orang per tahun. Penghuni asing saluran pencernaan ini dicirikan dengan mulut yang memiliki tiga bibir. Penyebarannya telurnya umum ditransferkan lewat tanah yang terkontaminasi kotoran berisi embrio cacing ini.

6. Cacing cambuk

Mengerikan, 7 Cacing Parasit Ini Bisa Hidup di Dalam Tubuhmu Tiba-tibathenakedscientists.com

Sesuai namanya, cacing ini mirip seperti cambuk karena memiliki bagian yang kurus tipis layaknya cambuk. Cacing cambuk berukuran sangat kecil: hanya 4 cm panjangnya. Menjijikkannya, parasit ini sangat subur. Betinanya mampu menelurkan telur hingga ribuan dalam sehari di dubur orang yang terinfeksi.

7. Cacing Toxocara

Mengerikan, 7 Cacing Parasit Ini Bisa Hidup di Dalam Tubuhmu Tiba-tibawellcomecollection.org

Cacing parasit ini juga umumnya menyerang hewan peliharaan serta anak-anak. Medium pertama yang biasa menjadi penyebab penularan adalah tanah di taman. Cacing ini menyebabkan infeksi di hati, jantung, otot, mata hingga otak. Beberapa gejala yang bisa ditemui adalah batuk-batuk, susah tidur, rasa sakit di perut, kepala sakit hingga masalah kebiasaan.

Seperti yang sudah dikatakan, ada banyak cacing parasit yang hidup di sekitar kita dan ini hanya sebagian kecil dari cacing-cacing tersebut. Oleh karena itu jangan lupa minum obat cacing agar tidak ada parasit ini yang hingga dalam tubuhmu. Hindari pula pola hidup yang tidak sehat, seperti jajan sembarangan di tempat kotor atau tidak membersihkan diri setelah dari luar.

Baca Juga: 8 Diet Alternatif dan Alami Ini Bisa Menyingkirkan Cacing di Tubuhmu

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya