Comscore Tracker

7 Penyakit Non-Mulut Ini Bisa Ditemukan Dokter Gigi Saat Memeriksamu

Hmmm, bagaimana caranya mereka tahu ya?

Datang ke dokter gigi menakutkan. Mendengarkan suara bor yang diiringi dengan suara teriakan orang sudah cukup membuat bulu kuduk bergetar hingga mampu memberikan bayangan rasa sakit di mulut. Tapi tentu saja ada hal yang lebih mengerikan lagi dari dokter gigi: mereka bisa menemukan penyakit mematikan di tubuh kita.

Penyakit ini bukan merupakan penyakit oral seperti gigi bolong atau gusi yang membengkak, melainkan penyakit yang mampu membunuh. Penyakit ini memberikan gejala yang dapat tampak dari mulut. Berikut ini adalah isu kesehatan non-gigi yang dapat ditemukan dokter gigimu.

1. Diabetes

7 Penyakit Non-Mulut Ini Bisa Ditemukan Dokter Gigi Saat Memeriksamumagazine.medlineplus.gov

Beberapa gejala yang disinyalir sebagai pertanda kamu terkena diabetes adalah gigi yang lepas, mulut kering, serta gusi yang kering dan berdarah. Diabetes yang menyerang sistem imunmu tersebut juga mempersulit penyembuhan permasalahan gusi tersebut. Tentu saja gusi berdarah tidak selalu mengindikasikan kamu terkena diabetes, tetapi kamu tetap perlu mewaspadai gejala awal tersebut.

2. Infeksi

7 Penyakit Non-Mulut Ini Bisa Ditemukan Dokter Gigi Saat Memeriksamuid.pinterest.com

Jika dokter gigimu menemukan adanya infeksi di mulut, dirinya pasti akan memberikan resep antibiotik yang perlu kamu minum. Masalah infeksi ini bisa datang dari prosedur pemeriksaan gigi yang kurang baik, adanya trauma di mulut ataupun yang lainnya. Infeksi ini bisa ditandai oleh sejumlah rasa sakit, bengkak, hingga warna merah di sekitar area infeksi.

3. Kanker oral

7 Penyakit Non-Mulut Ini Bisa Ditemukan Dokter Gigi Saat Memeriksamuaatikare.com

Kanker oral adalah penyakit kanker nomor enam yang paling sering terdiagnosis di Amerika. Tanda-tanda dari penyakit ini datang lewat adanya bercak merah putih di area mulut, lidah ataupun di langit-langit mulut. Disinyalir beberapa hal yang mampu meningkatkan risiko terkena penyakit ini adalah konsumsi alkohol, merokok, hingga terpapar papillomavirus manusia (HPV).

Baca Juga: Ini 7 Cara Mudah Kembalikan Warna Putih pada Gigi

4. HIV

7 Penyakit Non-Mulut Ini Bisa Ditemukan Dokter Gigi Saat Memeriksamumedicalnewstoday.com

Beberapa permasalahan kesehatan di mulut dapat menjadi tanda-tanda adanya HIV yang mendiami tubuhmu. Untuk kasus anak-anak, dokter gigi dapat menemukan mulut kering serta lebih mudah terkena virus penyakit. Sedangkan untuk orang dewasa, paparan HIV bisa dilihat lewat tanda berupa kutil oral, bintik putih, merah, ungu atau coklat di lidah atau di mulut.

5. Stres

7 Penyakit Non-Mulut Ini Bisa Ditemukan Dokter Gigi Saat Memeriksamumedicalnewstoday.com

Saat kamu mengalami stres yang berlebihan, dokter gigimu dapat melihatnya lewat kondisi mulutmu. Itu dikarenakan tubuhmu memanifestasi rasa stresmu tersebut ke kondisi fisikmu. Yang paling umum tampak biasanya adalah gigi yang tergerus satu sama lain. Namun kasus gigi yang tergerus bisa jadi pertanda bahwa kamu salah tidur.

6. Nutrisi yang rendah

7 Penyakit Non-Mulut Ini Bisa Ditemukan Dokter Gigi Saat Memeriksamulivescience.com

Pasien yang mengalami gangguan makan atau nutrisi yang kurang baik bisa dilihat oleh dokter gigi lewat kondisi di mulutnya. Dokter gigi dapat dengan mudah melihat gejala-gejala tersebut, seperti mulut kering, gusi berdarah, dan adanya erosi di bagian gigi depan.

7. Osteoporosis

7 Penyakit Non-Mulut Ini Bisa Ditemukan Dokter Gigi Saat Memeriksamuhealthifyme.com

Osteoporosis sangat umum untuk mereka para wanita yang memasuki masa post-menopause. Namun pria juga mengalaminya. Tanda-tanda osteoporosis dapat dilihat oleh dokter gigi lewat gigi yang hilang serta garis gusi yang menyusut.

Itu semua adalah pertanda bahwa ada perubahan pada tulang yang mendukung gigimu. Umumnya jika dokter gigi melihat gejala ini, dia akan memberikan saran untuk mengunjungi ahli tulang.

Itulah gangguan kesehatan yang bisa dilihat oleh dokter gigi. Jangan kira dokter gigi hanya bisa mendiagnosis masalah gigi saja. Btw, kalau ke dokter gigi, umumnya kamu mendapat laporan apa? Gigi bolong atau jarang sikat gigi?

Baca Juga: Selamat Hari Dokter Gigi! Kenali 19 Fakta Unik Soal Kesehatan Mulut

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Just For You