7 Hal yang Terjadi Pada Tubuh Kamu Saat Kamu Makan Terlalu Banyak

Makan Kebanyakan bisa berdampak buruk untuk kesehatanmu

Kamu pasti suka melampiaskan rasa nafsu mereka ketika lapar dengan makan sebanyak-banyaknya sampai kekenyangan. Memang ini merupakan hal yang menyenangkan karena bisa menghilangkan rasa lapar. Namun, kamu harus tahu dampaknya bagi tubuh kamu. Makan terlalu banyak bisa membuat konsekuensi serius untuk kesehatan, psikologis, dan sosial kamu.

Nah, untuk lebih memperhatikan kesehatan kamu. Mari simak beberapa akibat berikut jika kamu terlalu banyak makan hingga kekenyangan.

1. Perut kamu akan mengalami masalah

7 Hal yang Terjadi Pada Tubuh Kamu Saat Kamu Makan Terlalu Banyakpixabay.com/derneuemann

Hal ini jelas, karena perut lah yang menampung semua makanan yang kamu makan. Namun perut memiliki kapasitas untuk menampung makanan. Kebanyakan makan akan membuat proses pencernaan menjadi tidak optimal. Akibatnya kamu akan sering buang air besar dan diare. Untuk itu, sebaiknya kamu perlu makan secukupnya saja untuk memenuhi nutrisi tubuh kamu.

2. Tubuh kamu akan lebih panas dari biasanya

7 Hal yang Terjadi Pada Tubuh Kamu Saat Kamu Makan Terlalu Banyaksandiegouniontribune.com

Makan lebih banyak artinya tubuh kamu harus bekerja lebih keras dalam proses metabolisme. Hal ini membuat detak jantung akan lebih cepat dan kamu akan sangat mudah berkeringat. Keringat ini akan berhenti saat proses metabolisme dalam tubuh kamu sudah selesai.  

3. Banyak gas akan terbentuk di dalam perut

7 Hal yang Terjadi Pada Tubuh Kamu Saat Kamu Makan Terlalu Banyakdoktersehat.com

Ketika makan kamu tidak hanya menelan makanan namun juga menelan udara. Artinya semakin banyak kamu menelan makanan maka semakin banyak pula udara yang ikut tertelan. Dan itu akan diperburuk jika kamu juga mengonsumsi minuman yang mengandung gas seperti soda. Hal ini akan membuat perut kamu terisi dengan lebih banyak gas.

Banyaknya gas akan membuat perut kamu menjadi kembung dan lebih sering buang angin. Tentu saja keadaan ini sangat tidak nyaman. Nah, untuk mengurangi produksi gas pada perut kamu maka kamu harus makan dengan perlahan dan menguyah makanan dengan baik sebelum menelannya. 

4. Kamu akan merasa gelisah dan susah tidur

7 Hal yang Terjadi Pada Tubuh Kamu Saat Kamu Makan Terlalu Banyakpsicologia-online.com

Kamu mungkin pernah mendengar bahwa kekenyangan bisa membuat kamu cepat mengantuk. Hal ini tidak sepenuhnya benar, karena kamu juga bisa mengalami gelisah dan membuat kamu sulit tidur. Makan berlebihan bisa membuat hormon melatonin yang mengatur tidur kamu tidak bisa bekerja dengan baik sehingga bisa mengganggu ritme sirkadian tubuh kamu.

Baca Juga: 7 Makanan yang Harus Kamu Hindari Sebelum Berkendara Jarak Jauh

5. Kamu akan merasa pusing

7 Hal yang Terjadi Pada Tubuh Kamu Saat Kamu Makan Terlalu Banyakparenting.firstcry.com

Sekali lagi proses metabolisme terlibat didalamnya. Dengan proses metabolisme yang lebih cepat membuat jantung kamu berdetak dengan lebih cepat dan akibatnya kamu akan mengalami pusing. Hal ini juga tidak bisa dihindari sampai proses metabolisme selesai. Untuk mengurangi rasa pusing disarankan untuk meminum banyak cairan setelah makan.

6. Kamu akan merasa gugup, jengkel, dan tidak bisa berkonsentrasi

7 Hal yang Terjadi Pada Tubuh Kamu Saat Kamu Makan Terlalu Banyakpixabay.com/PublicDomainPictures

Ketika kamu merasakan hal-hal ini artinya tubuh kamu sedang bekerja keras untuk memproses semua makanan yang masuk ke tubuh kamu. Ketika makan terlalu berlebihan maka tubuh akan melepaskan hormon insulin untuk menyimpan gula yang berlebihan yang akan digunakan untuk cadangan energi saat kamu melakukan aktivitas.

Pelepasan hormon insulin yang berlebihan akan membuat kadar gula dalam tubuh kamu menurun drastis dan menimbul berbagai perasaan yang tidak menyenangkan. Ditambah hal yang tidak menyenangkan lainnya akan muncul yaitu kamu akan mudah merasa lapar setelah kekenyangan. Ini wajar karena tubuh memiliki mekanisme setelah proses metabolisme untuk mengembalikan jumlah gula yang dibutuhkan dalam aliran darah.

7. Perut tiba-tiba mengembung menjadi aneh

7 Hal yang Terjadi Pada Tubuh Kamu Saat Kamu Makan Terlalu Banyaksteemkr.com

Ini adalah permasalahan yang paling mencolok. Perut kamu akan sedikit kembung dan membesar ketika kamu kekenyangan. Kejadian ini normal karena perut lah yang menampung dan memproses semua makanan yang kamu makan. Perut yang semakin membesar juga bisa menjadi tanda kepada otak bahwa kamu sudah kekenyangan dan harus berhenti makan. Namun jangan khawatir, perut kamu akan menyusut setelah proses pencernaan sudah selesai. 

Itulah beberapa hal yang akan terjadi jika kamu terlalu banyak makan. Meskipun beberapa hal terkesan sepele, namun jika terjadi terus-menerus bisa berbahaya bagi tubuh. Untuk itu kamu harus lebih memperhatikan pola makan kamu. Dan mulai sekarang jangan terlalu bernafsu melahap semua makanan sekaligus saat kamu lapar ya.

Baca Juga: Lagi Menstruasi? Hindari 5 Makanan Ini agar Gak Memburuk

Afendi Nahak Photo Community Writer Afendi Nahak

I am I

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You