Comscore Tracker

Tak Hanya Mencegah Kanker, Ini 6 Keutamaan Pisang Rebus untuk Tubuh

Kamu sering konsumsi gak nih?

Pisang rebus merupakan makanan yang tergolong sangat sederhana. Selain dapat ditemukan hampir di semua wilayah Indonesia, makanan ini juga dapat dinikmati kapan pun.

Selain memiliki tekstur yang lembut dan rasa yang enak, ternyata pisang rebus juga memiliki banyak kandungan yang bermanfaat bagi tubuh lho! Penasaran? Yuk, disimak!

1. Memperlancar pencernaan

Tak Hanya Mencegah Kanker, Ini 6 Keutamaan Pisang Rebus untuk Tubuhilustrasi makan (unsplash.com/Junior REIS)

Dilansir Web MD, pisang rebus kaya akan serat yang dapat memperlancar proses pencernaan dalam tubuh sehingga mampu mencegah kondisi konstipasi. Selain itu, dalam pisang rebus juga terkandung prebiotik dan probiotik. Hal itu dapat mendukung pertumbuhan bakteri baik dalam usus. 

2. Menurunkan tekanan darah

Tak Hanya Mencegah Kanker, Ini 6 Keutamaan Pisang Rebus untuk Tubuhilustrasi pemeriksaan tekanan darah (Unsplash.com/Hush Naidoo Jade Photography)

Tekanan darah tinggi yang tidak terkontrol dapat meningkatkan peluangmu terkena penyakit jantung atau pun stroke. Dilansir Health Line, sebuah pisang rebus berukuran sedang mengandung sebanyak 422 miligram potasium atau kalium. Dengan adanya kandungan kalium yang tinggi, dapat membantu menstabilkan peredaran darah sehingga mencegah hipertensi yang bisa berakibat penyakit jantung kronis.

Baca Juga: 5 Informasi Penting Mengenai Pulau Pisang, Mirip Buah Pisang!

3. Mengurangi stres

Tak Hanya Mencegah Kanker, Ini 6 Keutamaan Pisang Rebus untuk Tubuhilustrasi pria tertawa (unsplash.com/leandro fregoni)

Berdasarkan penelitian yang ditulis dalam laman ncbi.nlm.nih.gov, pisang mengandung senyawa triptofan yaitu asam amino yang tidak hanya dapat menenangkan mood seseorang, namun juga meningkatkan daya ingat. Harus dicoba nih!

4. Meningkatkan kesehatan ginjal

Tak Hanya Mencegah Kanker, Ini 6 Keutamaan Pisang Rebus untuk Tubuhilustrasi ginjal (unsplash.com/Robina Weermeijer)

Zat potasium atau kalium sangat penting untuk mengontrol tekanan darah dan menjaga fungsi ginjal. Suatu penelitian yang dilansir dalam laman sci-hub.se menyatakan bahwa hampir 50% dari mereka yang makan pisang sebanyak 4-6 kali seminggu, memberikan berpeluang lebih kecil untuk mengembangkan penyakit ginjal dibandingkan mereka yang tidak makan buah tersebut.

5. Terasa kenyang lebih lama

Tak Hanya Mencegah Kanker, Ini 6 Keutamaan Pisang Rebus untuk Tubuhilustrasi sedang menimbang berat badan (Unsplash.com/i yunmai)

Dikutip dari laman pubmed.ncbi.nlm.nih.gov, jenis karbohidrat di dalam pisang rebus ini adalah molekul gula kompleks jenis pektin. Senyawa tersebut memiliki kemampuan untuk berubah menjadi bentuk gel ketika memasuki kondisi berair di saluran pencernaan. Efeknya, nafsu makan dapat ditekan dalam waktu cukup lama karena rasa kenyang meningkat. Siapa nih yang ingin diet?

6. Mencegah risiko kanker

Tak Hanya Mencegah Kanker, Ini 6 Keutamaan Pisang Rebus untuk Tubuhilustrasi kondisi operasi (Unsplash.com/Piron Guillaume)

Berdasarkan hasil penelitian tahun 2014 yang tertulis dalam laman ncbi.nlm.nih.gov, menunjukkan bahwa kandungan lektin yang terdapat pada pisang dapat membantu mencegah pertumbuhan sel kanker utamanya jenis sel kanker darah (leukimia). 

Lektin bertindak sebagai antioksidan yang membantu tubuh menghilangkan molekul yang dikenal sebagai radikal bebas. Di samping itu pada tahun 2004 juga terdapat penelitian pada anak-anak California, Amerika Serikat yang dikemukakan dalam laman academic.oup.com, bahwa mereka yang mengonsumsi pisang, jus jeruk, atau pun keduanya tampak memiliki risiko lebih rendah mengidap leukemia.

Itulah 6 keutamaan yang bisa kamu peroleh dari mengonsumsi pisang rebus. Jadi, tertarik untuk mencoba?

Baca Juga: Resep Pisang Rai Khas Bali, Jajanan Lezat dan Empuk

Aii gie Photo Verified Writer Aii gie

Seorang virgo bergolongan darah O.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya