Comscore Tracker

5 Tips Efektif untuk Mencegah Kanker Paru-Paru, Lakukan dari Sekarang!

Jangan sampai kamu menyesal di kemudian hari

Paru-paru adalah salah satu organ terpenting dalam tubuh. Organ inilah yang berperan aktif pada pertukaran oksigen dan karbon dioksida dalam darah. Sebagaimana organ tubuh lainnya, paru-paru juga dapat terkena gangguan dan terserang penyakit. Di antara berbagai penyakit yang dapat menyerang organ ini, kanker paru-paru adalah salah satu yang paling ditakuti.

Sebetulnya tidak ada cara pasti untuk melindungi diri dari kanker paru-paru. Akan tetapi, tetap ada berbagai cara untuk menekan risikonya seminimal mungkin. Yuk, simak tips atau cara mencegah kanker paru-paru yang efektif lewat ulasan berikut!

1. Tidak atau segera berhenti merokok

5 Tips Efektif untuk Mencegah Kanker Paru-Paru, Lakukan dari Sekarang!ilustrasi merokok dan risiko kanker paru-paru (aerrepici.org)

Bila kamu ingin paru-parumu sehat, jauh-jauhlah dari rokok. Bila kamu tidak merokok, jangan memulainya. Bila kamu seorang perokok, segeralah berhenti. Ini adalah cara terbaik untuk mencegah kanker paru-paru.

Menurut buku Cigarette Smoking: Health Risks and How to Quit, berhenti merokok dapat menurunkan risiko kanker paru-paru sebesar 30 hingga 50 persen setelah 10 tahun dibandingkan dengan orang-orang yang tidak berhenti merokok.

2. Menghindari asap rokok

5 Tips Efektif untuk Mencegah Kanker Paru-Paru, Lakukan dari Sekarang!ilustrasi asap rokok (pixabay.com/realworkhard)

Selain tidak merokok, kamu juga perlu menghindari asap rokok atau jangan sampai menjadi perokok pasif. Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC), hidup dengan seorang perokok dapat meningkatkan risiko terkena kanker paru-paru sebesar 20 sampai 30 persen.

Ada beberapa upaya yang bisa kamu lakukan untuk menghindari asap rokok. Di antaranya adalah mencari ruang publik tempat yang bebas rokok. Kamu juga bisa menetapkan peraturan di rumah, seperti larangan merokok dalam atau lingkungan rumah.

Baca Juga: 9 Gejala Awal Kanker Paru-Paru, Jangan Luput dari Perhatian!

3. Mengetahui riwayat dari keluarga

5 Tips Efektif untuk Mencegah Kanker Paru-Paru, Lakukan dari Sekarang!ilustrasi keluarga (unsplash.com/nathandumlao)

Dilansir Healthline, jika anggota keluarga dekatmu (misalnya, orangtua atau saudara kandung) ada yang mengidap kanker paru-paru, kamu bisa dua kali lebih mungkin mengembangkan kanker tersebut daripada orang-orang tanpa riwayat kanker paru-paru dalam keluarga.

Tak perlu khawatir, adanya riwayat keluarga ini bukan berarti kamu pasti terkena kanker paru. Bicarakan hal ini dengan dokter. Dokter mungkin akan merekomendasikan pemeriksaan tertentu untuk membantu mengurangi risiko tersebut.

4. Jauhi paparan zat kimia

5 Tips Efektif untuk Mencegah Kanker Paru-Paru, Lakukan dari Sekarang!ilustrasi jelaga (amazon.com)

Paparan bahan kimia tertentu dapat meningkatkan risiko kanker paru-paru. Beberapa bahan kimia yang perlu dihindari dan diwaspadai adalah:

  • Asbes
  • Arsenik
  • Nikel
  • Jelaga
  • Kadmium
  • Silika
  • Knalpot diesel

Risiko kanker paru bisa meningkat seiring tingkat paparannya. Tempat kerja adalah tempat yang paling mungkin terpapar bahan kimia ini. Jika zat-zat kimia tersebut ada di tempat kerjamu, cobalah mengambil langkah-langkah untuk melindungi diri sendiri dengan mengenakan alat pelindung dan membatasi paparan zat-zat tersebut.

5. Rajin berolahraga

5 Tips Efektif untuk Mencegah Kanker Paru-Paru, Lakukan dari Sekarang!ilustrasi main sepak bola (unsplash.com/jeffreyflin)

Tips mudah lainnya untuk mengurangi risiko kanker paru-paru adalah dengan rutin berolahraga. Berdasarkan buku Physical Activity and Lung Cancer Prevention tahun 2010, aktivitas fisik dapat mengurangi risiko kanker ini sebanyak 20 hingga 30 persen untuk perempuan dan 20 hingga 50 persen untuk laki-laki.

Para ahli menduga kuat bahwa olahraga bisa memicu peningkatan fungsi paru, pengurangan konsentrasi agen karsinogenik di paru-paru, peningkatan fungsi kekebalan tubuh, pengurangan peradangan, serta peningkatan perbaikan DNA. 

Itulah beberapa tips atau cara mencegah kanker paru-paru yang efektif. Tentu saja, semakin dini kita mengupayakan langkah-langkah pencegahan, semakin minim pula risiko mengembangkan kanker paru-paru.

Baca Juga: Laki-laki Juga Berisiko Terkena Kanker Payudara, Ini 7 Fakta Medisnya

bocah bandung99 Photo Verified Writer bocah bandung99

I will write an amazing researched article

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Nurulia
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya