TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Awas, Terlalu Banyak Konsumsi Probiotik Ternyata Punya 5 Dampak Ini!

Juga menjawab kenapa porsi probiotik dalam botol kecil-kecil

manchestereveningnews.co.uk

Pernahkah kamu penasaran kenapa rata-rata yoghurt dan minuman probiotik selalu dikemas dalam ukuran kecil? Banyak yang menjelaskan jika dalam satu minuman tersebut memiliki banyak sekali bakteri, namun tidak banyak yang menjelaskan apa yang terjadi jika kita mengonsumsinya terlalu banyak? Tidakkah kalian penasaran dengan hal itu?

Minuman probiotik mengandung banyak efek positif seperti melancarkan pencernaan dan meningkatkan sistem minum. Akan tetapi terlalu banyak ternyata memberikan efek samping. Efek samping seperti apakah itu? Inilah beberapa di antaranya!

1. Memberikan rasa tidak enak di perut

sickchirpse.com

Tidak semua orang merasakan efek samping meminum minuman probiotik, namun beberapa ada yang merasakan produksi gas dalam perut yang berlebihan dan kembung. Bahkan ada pula yang mendapatkan sembelit serta rasa haus yang lebih-lebih. Untuk mengurangi efek samping macam ini, mulailah meminum minuman probiotik dalam dosis kecil dan perlahan-lahan meningkatkan dosisnya di minggu selanjutnya.

Baca Juga: 5 Gerakan Yoga Ini Bisa Bantu Kamu Memperlancar Sistem Pencernaanmu

2. Bisa mendapatkan sakit kepala

medicalnewstoday.com

Beberapa makanan kaya probiotik macam yoghurt, kimchi dan lainnya mengandung biogenic amines. Itu adalah substansi yang terbentuk ketika makanan mengandung protein terfermentasi oleh bakteri. Amines dapat menyebabkan perangsangan sistem saraf, menyebabkan penurunan atau peningkatan tekanan darah hingga menyebabkan sakit kepala.

3. Tingkat histamin dapat naik

medicalnewstoday.com

Histamin adalah zat kimia yang diproduksi oleh sel tubuh saat mengalami reaksi alergi atau infeksi. Sebagai contoh ketika kamu memiliki alergi terhadap debu dan kamu terkena debu tersebut, histamin akan diproduksi dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Terlalu tingginya histamin menyebabkan reaksi yang berkebalikan: tubuhmu malahan mendapatkan reaksi alergi tersebut. Orang-orang yang memiliki tingkat toleransi rendah terhadap histamin sebaiknya menghindari makanan yang dapat meningkatkannya, seperti yang tinggi probiotik.

4. Dapat memunculkan reaksi-reaksi yang tidak pernah dirasakan sebelumnya

newsnetwork.mayoclinic.org

Bukan tidak mungkin sebenarnya kamu memiliki alergi terhadap probiotik sendiri. Mereka yang memiliki alergi atau intoleransi terhadap probiotik sebaiknya membaca labelnya terlebih dahulu dengan hati-hati karena jika tidak, efek samping bisa dirasakan. Seperti di poin pertama, perut bisa bergas atau reaksi alergi lainnya.

Baca Juga: 10 Cara Sederhana Mencegah Usus Buntu, Gak Sampai Meradang dan Operasi

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya