Comscore Tracker

5 Gerakan Yoga Mudah untuk Melancarkan Sistem Pencernaan

Tambah makanan berserat, minim racun di tubuhmu

Apakah kamu ingin tubuhmu lentur? Apakah kamu juga ingin tubuhmu mudah buang air besar? Itu mudah. Caranya adalah dengan melakukan gerakan yoga.

Gerakan yoga selalu bisa melemaskan tubuh, tapi di sisi lain juga dapat memperlancar pencernaan. Ditambah dengan banyak makanan berserat, pastinya tubuhmu tidak akan memiliki masalah dalam BAB. Tidak percaya? Coba dulu lima gerakan ini.

1. Apanasana

5 Gerakan Yoga Mudah untuk Melancarkan Sistem Pencernaanhealthifyme.com

Ini adalah gerakan pemanasan untuk melakukan yoga pelancar pencernaan. Caranya adalah dengan berbaring, lalu hirup udara dan tahan, letakkan tangan pada kedua lutut.

Lepaskan napas dan peluk lutut hingga ke bagian dada. Tekuk lutut dari sisi ke sisi dan tahan lima hingga 10 kali embusan napas, baru lepaskan. Ulangi gerakan ini beberapa kali.

2. Spinal twist

5 Gerakan Yoga Mudah untuk Melancarkan Sistem Pencernaanpopsugar.com

Gunakan pose ini untuk melemaskan perutmu. Caranya dengan berbaring, peluk lututmu dan tarik napas. Saat kamu melepaskan pernapasan, jatuhkan lututmu ke kiri dengan didorong perlahan-lahan dengan tangan kiri.

Lalu putar kepalamu dan hentangkan tanganmu ke sisi kanan. Pertahankan posisi itu hingga 10 tarikan pernapasan. Tarik napas dan kembalikan posisi lengan dan lutut ke tengah. Ulangi untuk sisi lainnya.

Baca Juga: 9 Pose Yoga Ini Aman dan Paling Cocok untuk Ibu Hamil

3. Setu Bandha Sarvangasana

5 Gerakan Yoga Mudah untuk Melancarkan Sistem Pencernaanliveyoganow.com

Selain memperlancar pencernaan, pose ini juga membantu melancarkan aliran darahmu. Caranya adalah berbaring di lantai dan tekuk lututmu.

Pertahankan tanganmu di sisi tubuh dan biarkan telapak kakimu rata dengan lantai. Gerakan pinggulmu ke atas untuk merenggangkan dada.

4. Spinal twist dengan satu kaki

5 Gerakan Yoga Mudah untuk Melancarkan Sistem Pencernaanhealth.com

Cukup dengan duduk posisi kaki memanjang. Tekuk lutut kaki kananmu dan dekapkan tungkakmu untuk lebih dekat kepada tubuh. Letakkan tangan kananmu ke bagian belakang dengan posisi telapak tangan di lantai.

Siku kirimu letakkan di lutut kananmu agar tubuhmu memutar. Pertahankan posisi itu selama lima pernapasan atau lebih. Kembali ke posisi semula dan ulangi untuk sisi yang lain.

5. Paschimottanasana

5 Gerakan Yoga Mudah untuk Melancarkan Sistem Pencernaanaugustyoga.com

Tidak hanya memperlancar pencernaan, pose ini juga membuat tubuhmu lentur. Seperti pada gambar, duduklah di lantai dengan posisi kaki terlentang ke depan.

Pertahankan punggungmu untuk tetap lurus, lalu perlahan-lahan tekuk ke depan hingga mendekati kaki. Pertahankan posisi itu selama lima atau lebih pernapasan.

Masih banyak lagi gerakan yoga yang mampu melancarkan pencernaanmu tapi untuk pertama, lakukan lima gerakan ini dengan konsisten. Dijamin kamu akan mudah buang air besar.

Baca Juga: 6 Gerakan Dasar Yoga ini Justru Melancarkan Kentut Lho, Cobain Deh!

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya