TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Jenis Makanan yang Bisa Menyebabkan Tersedak dan Penanganannya

Bahkan buah dan sayur pun bisa membuatmu tersedak

ilustrasi tersedak (stress.app)

Tersedak adalah penyumbatan saluran napas bagian atas oleh makanan atau benda lain, yang mencegah seseorang bernapas secara efektif. Kondisi ini bisa menyebabkan batuk, tetapi penyumbatan total jalan napas bisa berpotensi mengancam nyawa.

Tersedak atau choking adalah kondisi darurat medis yang butuh tindakan cepat dan tepat untuk korbannya. Tim medis mungkin tak bisa datang tepat waktu untuk menyelamatkan korban. Maka dari itu kita harus tahu pertolongan pertama untuk korban yang mengalami tersedak karena itu bisa menyelamatkan nyawanya.

Anak-anak lebih sering mengalaminya karena mereka sering memasukkan benda ke dalam mulutnya, atau saat mereka makan terlalu cepat atau berbicara saat makan. Akan tetapi, tersedak juga bisa dialami orang dewasa.

Bahkan, menurut National Safety Council, tersedak adalah penyebab kematian ketiga di Amerika Serikat (AS), dengan makanan sebagai penyebab utamanya. Supaya kamu lebih waspada, berikut ini adalah beberapa makanan yang berisiko menyebabkan seseorang tersedak.

1. Buah dan sayuran

ilustrasi buah dan sayur (Pixabay/Monlaw)

Menurut keterangan dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC), ada beberapa jenis buah dan sayuran yang bisa menyebabkan tersedak. Mulai dari wortel, apel, anggur, sampai tomat.

Ada beberapa faktor yang meningkatkan risiko tersedak dari buah dan sayuran. Yang pertama adalah sayur dan buah masih mentah, yang membuatnya teksturnya lebih padat dan sulit ditelan.

Kedua, sayur atau buah tidak dipotong. Umumnya makanan yang tidak dipotong adalah jenis buah yang berbentuk bulat, seperti anggur atau tomat ceri.

Baca Juga: Gak Hanya Tersedak, Inilah 5 Dampak Buruk Jika Makan Tergesa-gesa

2. Protein

ilustrasi makanan sumber protein (trifectanutrition.com)

Protein tidak hanya daging, tetapi bisa juga kacang-kacangan, biji-bijian, atau polong-polongan. Jenis sumber protein yang bisa membuat seseorang tersedak antara lain:

  • Kacang-kacangan dan biji-bijian yang dipotong maupun tidak
  • Sesendok penuh selai kacang
  • Potongan daging yang keras atau besar
  • Hot dog, sosis, atau steak
  • Keju potongan besar
  • Tulang pada daging ataupun ikan

3. Produk gandum

ilustrasi produk gandum (health.clevelandclinic.org)

Produk gandum seperti roti, kue, keripik, hingga biji gandum murni juga bisa berpotensi menyebabkan tersedak. Teksturnya memang tidak sepadat protein, buah, atau sayur. Akan tetapi, produk gandum cukup sulit untuk ditelan dan sering kali butuh bantuan air untuk memudahkannya ditelan hingga lancar melewati tenggorokan.

4. Makanan manis

ilustrasi permen (pixabay/creazionpublicidad)

Beberapa makanan manis yang sering menyebabkan seseorang tersedak adalah permen yang keras atau bulat, permen karet, marshmallow, hingga camilan buah yang kenyal.

Berdasarkan data yang dikumpulkan peneliti di Ohio, AS, pada tahun 2013, tercatat setidaknya 16 ribu anak-anak tersedak permen keras. Angka tersebut melebihi 15 persen dari seluruh kasus tersedak, dan menjadikan permen keras sebagai peringkat pertama penyebab tersedak. Berikut urutan makanan penyebab tersebut menurut data tersebut:

  1. Permen keras: 15,5 persen
  2. Permen lain: 12,8 persen
  3. Daging selain hot dog: 12,2 persen
  4. Tulang: 12 persen
  5. Buah dan sayur: 9,7 persen

Baca Juga: Pernahkah Kamu Tersedak Air Liur Sendiri? Ini 8 Penyebabnya 

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya