TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Tak Banyak yang Tahu, 7 Manfaat Jus Lidah Buaya bagi Kesehatan

Tertarik mencobanya?

scientificamerican.com

Kita tentu tidak asing lagi dengan tanaman lidah buaya, bukan? Tanaman yang dapat tumbuh subur di daerah tropis tersebut diketahui telah digunakan sebagai tanaman obat selama berabad-abad. Dilansir dari laman everydayhealth.com, dua bagian penting dari tanaman lidah buaya yang bermanfaat secara medis yaitu daun dengan gel beningnya dan getah lidah buaya.

Tren yang saat ini tengah menjadi perbincangan hangat adalah pengenalan minuman berbasis lidah buaya. Jus lidah buaya salah satunya, yang biasa disajikan dengan campuran air jeruk, susu, biji selasih, pemanis, atau rasa tertentu untuk menambah cita rasa.

Dilansir dari laman Healthline minum jus lidah buaya dapat memberi beberapa manfaat yang cukup efektif bagi kesehatan tubuh dengan catatan mengonsumsinya secara bijak.

1. Menjaga tubuh tetap terhidrasi

Pexels.com/Ketut Subiyanto

Tanaman lidah buaya memiliki komposisi air yang melimpah. Modifikasi lidah buaya menjadi bentuk jus merupakan salah satu cara ideal untuk mencegah dehidrasi dalam tubuh. Memastikan tubuh tetap terhidrasi memiliki dampak positif, karena tubuh akan mudah bekerja melakukan detoksifikasi.

Selain itu, nutrisi yang terkandung di dalam lidah buaya memiliki manfaat yang cukup optimal pada kinerja organ ginjal dan hati. Kita tahu bahwa ginjal dan hati juga turut bertanggung jawab dalam proses detoksifikasi darah dan produksi urin.

2. Menjaga kesehatan organ hati

Pexels.com/Andrea Piacquadio

Detoksifikasi juga erat kaitannya dengan fungsi hati yang sehat dalam menjalankan tugas sebagaimana mestinya. Minum jus lidah buaya merupakan salah satu cara terbaik yang dapat dipilih untuk menjaga kesehatan hati. Selain dapat menghidrasi tubuh, jus lidah buaya memiliki kandungan fitonutrien yang baik bagi organ hati.

Baca Juga: Serbabisa, Ini 6 Manfaat Lidah Buaya untuk Perawatan Rambut  

3. Bermanfaat bagi sistem pencernaan

Pexels.com/Andrea Piacquadio

Lidah buaya mengandung beberapa enzim yang berguna untuk memecahkan lemak dan gula serta membantu menjaga sistem pencernaan. Dipercaya, lidah buaya dapat membantu mengurangi iritasi di area usus dan lambung.

Dengan meminum jus lidah buaya, individu dapat meminimalisir gangguan radang usus dan sindrom iritasi usus besar yang dideritanya. Selain itu, jus lidah buaya juga bermanfaat bagi penderita kolitis ulseratif.

4. Mengatasi sembelit

Pexels.com/Kristina Paukshtite

Minum jus lidah buaya memberi suplai untuk meningkatkan kadar air sehingga bermanfaat salah satunya pada kinerja usus. Penelitian menunjukkan kadar air khususnya di usus memiliki kaitan dengan stimulasi peristaltik yang dapat membantu individu buang air besar secara normal.

Bagian luar dari tanamanan lidah buaya diketahui mengandung senyawa antrakuinon. Jika kamu mengalami masalah pada pencernaan seperti konstipasi, tidak ada salahnya mencoba minum jus lidah buaya dan memulainya dengan porsi kecil.

Selain dapat menjaga keseimbangan kesehatan usus, jus lidah buaya dapat membantu menormalkan bakteri baik di usus.

5. Meringankan gejala mulas akibat penyakit tukak lambung

Pexels.com/Retha Ferguson

Minum jus lidah buaya dapat memberi sensasi lega ketika serangan mulas melanda perut. Efek lidah buaya bagi kesehatan khususnya pada kinerja organ dalam perut salah satunya mampu mencegah tukak lambung dan keparahannya.

Banyak senyawa anti-inflamasi yang terdapat dalam lidah buaya seperti vitamin C. Selain mampu meningkatkan kinerja pencernaan, jus lidah buaya juga berperan dalam sekresi asam di perut.

6. Sebagai alkalinitas

Pexels.com/José Luis Photographer

pH asam tinggi dalam tubuh merupakan kondisi yang berisiko menimbulkan perkembangbiakan penyakit. Dengan meminum segelas lidah buaya, dipercaya dapat membantu menjaga keseimbangan tubuh. Kita dapat mengonsumsi makanan berserat lainnya seperti sayuran hijau dan buah sebagai menu utama.

Baca Juga: 5 Cara Mengolah Lidah Buaya untuk Kecantikan Maupun Kuliner, Cobain!

Verified Writer

Indriyani

Full-time learner, part-time writer and reader. (Insta @ani412_)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya