TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Kamu Hamil? Siap-siap Cegah Stretch Mark dengan 6 Cara Alami Ampuh Ini

Biar kulit tetap cantik dan mulus

huggies.com.au

Stretch mark atau guratan garis tipis yang timbul lebih menonjol dari kulit lainnya kerap menyerang ibu hamil di trimester akhir usia kehamilan. Ketika berat janin di rahimmu makin bertambah, kulitmu akan mengalami peregangan yang melebihi kemampuan elastisitasnya. Bila kulitmu gak cukup lembab dan gak mampu mengimbangi peregangan yang terjadi, maka muncullah stretch mark.

Umumnya, stretch mark akan muncul pada bagian perut, payudara, lengan atas, pantat, paha, serta di bawah rambut kemaluan. Nah, agar bagian-bagian tubuhmu itu tetap cantik dan mulus saat memasuki trimester akhir, coba deh lakukan 6 cara alami ini. Kulitmu bisa bebas stretch mark lho.

1. Perbanyak minum air putih minimal 2,5 liter sehari

pexels.com/Daria Shevtsova

Menjaga asupan cairan dengan minum banyak air putih akan membuang racun dalam tubuh sekaligus menjaga elastisitas kulitmu. Selain air putih, kamu juga bisa perbanyak mengkonsumsi buah-buahan yang mengandung banyak air seperti jeruk, semangka, dan pir.

2. Jangan lupa selalu kontrol berat badan

alertnews.al

Kenaikan berat badan ideal untuk ibu hamil adalah sekitar 12-15 kg. Bila kenaikan berat badanmu melebihi angka tersebut, kulitmu akan mengalami banyak peregangan sehingga lebih rawan terkena stretch mark.

Jalani pola makan sehat dan bergizi, serta rutin berolahraga untuk membakar lemak. Olahraga bisa membantu melancarkan sirkulasi darah di tubuhmu sekaligus meningkatkan elastisitas kulitmu.

Baca Juga: Dari Berminyak Jadi Kering, 10 Fakta Jenis Kulit Wajahmu Bisa Berubah

3. Konsumsi sayur dan buah yang mengandung vitamin A, C, dan E

pexels.com/Min An

Banyak banget lho bahan makanan yang banyak mengandung vitamin A, C dan E. Sebutlah wortel, jeruk, stroberi, bayam, kacang-kacangan, susu, telur dan lain sebagainya. Selain baik untuk janin, konsumsi makanan tersebut juga berdampak positif untuk kulitmu.

4. Pijat bagian tubuh yang rawan terkena stretch mark

hellosehat.com

Memijat tubuh secara rutin pada bagian perut, payudara, paha dan lengan bisa membantu meningkatkan sirkulasi darah, sehingga mengurangi risiko terkena stretch mark. Kamu bisa memijatnya menggunakan minyak yang kaya vitamin E untuk mengencangkan kulit tubuhmu.

5. Gunakan pelembab yang aman untuk ibu hamil

alodokter.com

Kamu bisa memanfaatkan pelembab alami seperti minyak zaitun, minyak kelapa, minyak biji bunga matahari dan lidah buaya sejak awal kehamilan. Nutrisi yang terkandung di dalamnya akan menjaga kelembaban kulitmu untuk mencegah munculnya stretch mark lebih dini.

Baca Juga: 7 Cara Cuci Muka yang Paling Benar Demi Kulit Wajahmu yang Lebih Sehat

Verified Writer

Intan Deviana

Suka jalan-jalan, suka foto-foto, suka nulis :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya