TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Bahaya Mengkonsumsi Beras Mentah yang Harus Kamu Ketahui

Beras kaya akan karbohidrat, serat, vitamin dan mineral

sapienstone.com

Beras merupakan makanan pokok masyarakat Indonesia, rasanya tidak lengkap jika belum menyantap nasi sebagai makanan utama setiap harinya. Selain kaya akan karbohidrat dan mempunyai banyak manfaat, ternyata ada segolongan masyarakat yang hobi mengkonsumsi beras mentah tanpa dimasak terlebih dahulu.

Namun jika mengkonsumsi beras mentah secara berlebihan dan terus menerus, akan berdampak buruk bagi kesehatan tubuh kita. Bahaya mengkonsumsi beras mentah diantaranya :

1. Sakit perut dan diare

topsund.dk

Seyogyanya beras mentah haruslah dicuci terlebih dahulu, dimasak kemudian dikonsumsi. Beras yang belum dicuci dan dimasak bisa saja terkontaminasi kuman, virus hingga bakteri dari lingkungan sekitar, dan jika tertelan ke dalam tubuh tidak menutup kemungkinan mengundang penyakit seperti diare.

2. Menyebabkan sakit maag

hellosehat.com

Beras mentah bertekstur keras karena mengandung lapisan selulosa pada bagian luarnya, sehingga sulit dicerna dan memperlambat proses pencernaan yang bisa menyebabkan timbulnya luka pada dinding lambung hal tersebut dapat menyebabkan sakit maag.

Baca Juga: Duh, 5 Bahan Makanan Ini Jadi Racun kalau Dimasak Terlalu Lama Lho!

3. Memicu timbulnya mual muntah

hellosehat.com

Beras mentah beresiko mengandung bakteri yang memicu timbulnya mual muntah dalam waktu 24 jam setelah dicerna, seperti bakteri Bacillus cereus. Selain itu beras mentah mengadung lektin sejenis protein yang dapat menyebabkan mual, muntah ketika dikonsumsi dalam jumlah besar.

4. Penyakit cacingan

sopasti.com

Telur cacing dapat berkembang biak dengan baik didalam tumpukan beras mentah. Tidak menutup kemungkinan beras mentah yang dimakan terkontaminasi oleh telur-telur cacing yang kasat mata, sehingga menyebabkan penyakit cacingan.

Baca Juga: Enak Sih, tapi 7 Makanan Kekinian Ini Bisa Memicu Sakit Diabetes Lho!

Writer

Kharisma Vanni

Aku Wanita

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya