TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

7 Bahaya Tertawa Berlebihan, Jangan Sampai Kamu Merasakan Akibatnya

Bahkan bisa menyebabkan kematian lho...

dreamstop.com

Tertawa bisa memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh, khususnya untuk menurunkan stres. Sayangnya, tertawa yang berlebihan atau terlalu keras ternyata memiliki dampak yang buruk.

Apa saja dampak seriusnya? Berikut beberapa di antaranya!

1. Memicu serangan asma

medicalnewstoday.com

Bagi penderita asma sebaiknya berhati-hati jika ingin tertawa. Sebab, tertawa yang berlebihan dapat memicu munculnya serangan asma sehingga kamu akan pingsan.

2. Pneumotoraks

nejm.org

Tertawa berlebihan juga memberikan efek berbahaya seperti pneumotoraks, yaitu penimbunan udara pada dinding pleura yang dapat memicu pengempisan paru-paru. Biasanya kondisi ini akan menimbulkan kolaps atau pingsan di tempat secara tiba-tiba.

Baca Juga: Ini 9 Penyebab Puting Mengeras, Gak Cuma Akibat Rangsangan atau Birahi

3. Cataplexy

everydayhealth.com

Tertawa terbahak-bahak atau berlebihan dapat membuat otot-otot di sekitar wajah menjadi kendur hingga pingsan. Kondisi ini biasa disebut dengan cataplexy. Parahnya, jika kondisi ini berlangsung dalam waktu lama dapat membuat rahang terkilir akibat pelemasan otot.

4. Hernia

medicalnewstoday.com

Selama tertawa perut akan mengalami kontraksi sehingga menyebabkan tekanan yang kuat pada dinding perut. Akibatnya, usus akan tertekan dan menonjol pada bagian bawah perut. Kondisi ini dinamakan dengan hernia.

5. Aneurisma

columbianeurosurgery.org

Aneurisma merupakan pelebaran pembuluh darah arteri yang terjadi ketika otak dan sistem pernapasan tidak mampu mengendalikan hormon adrenalin dari efek tertawa. Biasanya aneurisma akan pecah akibat tekanan yang terdapat pada tengkorak otak ketika sedang tertawa.

6. Serangan jantung

medicalnewstoday.com

Ketika sedang tertawa, otak akan melepas hormon kimia adrenalin yang ternyata justru bisa meracuni jantung. Oleh karena itu, terdapat banyak kasus di mana tertawa yang berlebihan menyebabkan detak jantung menjadi abnormal.

Baca Juga: Ini 7 Risiko Berbahaya yang Dapat Terjadi Akibat Infus, Hati-hati!

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya