TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Penyakit Berbahaya Akibat Kebanyakan Duduk, Jangan Abaikan! 

Banyak duduk ternyata mengundang penyakit lho

Pexels/bruce mars

Kebanyakan duduk biasanya terjadi akibat faktor pekerjaan. Oleh karena itu, usahakan satu jam sekali melakukan aktivitas berdiri agar melonggarkan tulang punggung serta leher yang kaku.

Dan perlu juga kamu ketahui bahwa kebanyakan duduk ternyata menimbulkan kelelahan, lho. Oleh karena itu kamu sangat perlu membagi waktu dudukmu untuk tidak terlalu sering. 

Di bawah ini ada 5 penyakit yang siap mengintaimu jika duduk terlalu lama. Perhatikan penjelasan berikut. 

1. Memicu sakit jantung

livemint.com

Saat duduk dalam waktu yang lama, bukan berarti semua akan baik-baik saja. Namun, kebiasaan ini dapat memicu sakit jantung. Otot tubuh akan membakar lemak apabila duduk terlalu lama. Dan selanjutnya, sirkulasi darah melamban sehingga asam lemak akan menyumbat proses peredaran darah ke jantung.

Baca Juga: 5 Manfaat Mandi bagi Kesehatan Tubuh, Jangan Malas Lagi Ya!

2. Meningkatkan risiko obesitas

medicalnewstoday.com

Obesitas salah satu penyakit yang terjadi akibat tidak menjaga pola hidup dengan baik. Dan ternyata, kebanyakan duduk menimbulkan risiko obesitas. Pasalnya, duduk terlalu lama bahkan sampai seharian penuh, ditambah makan dalam porsi besar, juga kurang olahraga, membuat lemak akan menumpuk di tubuh sehingga menimbulkan risiko obesitas. 

3. Membuat kekuatan otot berkurang

Pexels/Li Sun

Duduk terlalu lama membuat kekuatan otot berkurang. Sehingga badan mudah pegal akibat kesehatan tulang menurun.

Saat duduk tentu membuat otot menegang dan jika seharian tidak melakukan aktivitas seperti berdiri, lari, ataupun berjalan, maka membuat otot sulit bekerja dengan baik. 

4. Memperlambat fungsi otak

Pixabay/Lukasbieri

Fungsi otak dapat menjadi lambat karena kelamaan duduk. Hal ini disebabkan oleh faktor oksigen dan peredaran darah yang jadi perlahan. Dan jika sulit berpikir karena duduk lama, pertanda kamu harus kembali melakukan aktivitas berdiri. Tujuannya, membuat otak kembali bekerja. 

Baca Juga: 5 Olahraga yang Paling Bisa Menjaga Kesehatan Fisik Serta Mental

Verified Writer

Martha Telaumbanua

Menginspirasi dengan berkarya:)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya