TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

7 Manfaat Minyak Eucalyptus yang Gak Cuma Menghangatkan Tubuh

Buat apa aja?

living.anveya.com

Minyak eucalyptus atau yang sering dikenal dengan sebutan minyak kayu putih berperan tidak hanya untuk menghangatkan tubuh saja, tapi memiliki banyak khasiat bagi kesehatan tubuh, sehingga telah banyak eksplorasi dalam penggunaan minyak kayu putih dalam bentuk aromaterapi. Berikut ini beberapa manfaat minyak eucalyptus bagi kesehatan.

1. Mengatasi masalah pernapasan

medium.com

Minyak esensial dari kayu putih sangat baik untuk melawan sejumlah infeksi saluran pernapasan seperti batuk, sakit tenggorokan, hidung tersumbat, bronkitis dan sinusitis. Kayu putih memiliki kemampuan untuk menghambat bakteri seperti S. pneumonia, H. influenza, dan parainfluenza yang menyebabkan infeksi sinus, demam, dan flu. 

Untuk menghilangkan flu, kamu dapat menambahkan beberapa tetes minyak ke dalam air panas dan menghirup uapnya, atau oleskan sedikit minyak pada bantal agar bisa tidur nyenyak.

2. Obat pembasmi kutu

more.com

Minyak kayu putih menjadikannya alternatif yang produktif melawan kutu. Kualitasnya yang terkenal sebagai pembasmi serangga dan pestisida alami, minyak kayu putih juga sering digunakan sebagai obat alami untuk kutu. Caranya oleskan beberapa tetes minyak yang dicampur dengan minyak zaitun pada rambut yang terinfeksi kutu untuk menghilangkan kutu.

Baca Juga: 13 Manfaat Minyak Kayu Putih Bagi Kesehatan Kita

3. Mengatasi asma

hindustantimes.com

Sifat anti-inflamasi dari cineol dalam minyak esensial eucalyptus membantu meringankan gejala asma. Cukup pijat 1-3 tetes minyak yang telah diencerkan dalam minyak zaitun ke dada dan juga uap dari minyak kayu putih mampu meredakan tenggorokan serta melebarkan pembuluh darah, yang akan memungkinkan lebih banyak oksigen ke dalam paru-paru. Cara ini bisa membantu memulihkan pernapasan.

4. Merawat kesehatan rambut

orissapost.com

Penelitian dari Jurnal Penyakit Tropis Asia Pasifik mengungkapkan bahwa minyak esensial eucalyptus memiliki membantu mencegah masalah rambut seperti ketombe dan gatal di kulit kepala.

Cara merawat rambut bisa dengan cara mencampurkan beberapa tetes minyak herbal dengan satu sendok minyak zaitun selain itu, beberapa tetes minyak yang dioleskan langsung pada kulit kepala mampu membantu meningkatkan pertumbuhan rambut.

5. Mengobati gigitan serangga

allure.com

Minyak eucalyptus ini memiliki sifat antiseptik sehingga mampu menyembuhkan kulit dari gigitan serangga seperti gigitan nyamuk. Daripada menggaruk dan menyebabkan kulit luka, sebaiknya segera oleskan minyak ini pada kulit jika digigit serangga.

6. Mengobati nyeri otot dan sendi

medicalnewstoday.com

Minyak kayu putih bersifat analgesik dan anti inflamasi yang mampu meredakan nyeri otot dan nyeri sendi seperti rematik maupun sakit pinggang. Jika mengalami pegal-pegal, nyeri otot atau sendi, pijat pada area yang sakit dengan gerakan memutar mampu membantu menghilangkan stres dan rasa sakit. 

Baca Juga: 7 Minyak Esensial Ini Ampuh Obati Memar, Bisa Pulih Lebih Cepat Lho!

Verified Writer

Nisa Nafisa

Biology Education Study Program FKIP

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya