TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Cara Mengatasi Emotional Eating, Makan Berlebih Saat Emosi

Bisa berakibat buruk bagi kesehatan!

Pexels.com/Marcus Aurelius

Emotional eating merupakan kondisi saat seseorang mengonsumsi makanan untuk mengatasi tekanan emosi dalam dirinya.

Mengutip Kids Health, seseorang akan cenderung menghabiskan sekantong keripik saat sedang bosan, dan menghabiskan sepiring kue saat berhadapan dengan suatu masalah. Hal ini terjadi secara emosional yang akan mengakibatkan peningkatan berat badan dan gangguan kesehatan.

Lantas, bagaimana cara mengatasi emotional eating yang sedang dialami? Berikut langkah-langkahnya yang bisa kamu lakukan.

1. Lakukan yoga dan meditasi

Pexels.com/Prasanth Inturi

Jika stres menjadi salah satu pemicu kamu mengalami emotional eating, cobalah untuk melakukan manajemen stres seperti melakukan yoga dan meditasi.

Dalam sebuah studi berjudul "Impact of Yoga Intervention and Meditation on Students' Stress and Anxiety Levels" yang diterbitkan dalam American Journal Pharmaceutical Education tahun 2019, membuktikan bahwa yoga dan meditasi sedikitnya sekali seminggu dapat mengurangi stres.

Melakukan yoga dan meditasi membuat seseorang dapat berpikir lebih jernih dan mencapai ketenangan emosinya.

Baca Juga: Binge Eating Disorder, Bikin Seseorang Makan secara Berlebihan

2. Memastikan rasa lapar

Pexels.com/Andrea

Saat rasa lapar melanda, periksa kembali apakah itu benar-benar rasa lapar yang diakibatkan fisik atau hanya keinginan emosional saja. Terkadang, rasa lapar yang dirasakan terjadi saat jam makan belum dimulai.

Mengutip Podium Runner untuk memastikan rasa lapar sebaiknya kamu melakukan pengecekan terlebih dahulu, sehingga kinerja tubuh dapat berjalan dengan baik.

3. Melakukan hal-hal yang disuka

Pexels/Sam Lion

Saat ingin makan walaupun kamu tidak merasakan lapar, sebaiknya alihkan perhatian kamu seperti menonton film, mendengarkan musik, ataupun bermain bersama hewan peliharaan. Dengan melakukan hal-hal yang kamu suka, dapat menghilangkan keinginan makan sehingga tubuh akan tetap sehat dan berat badan tidak akan bertambah.

4. Ngemil sehat

Pexels/Karolina Grabowska

Saat merasa ingin makan, solusi terbaiknya adalah konsumsi camilan sehat. Mengutip Everyday Health, Ahli Gizi Megan Mullin mengatakan bahwa mengonsumsi makanan seperti buah-buahan, kacang-kacangan, serta susu rendah lemak lebih bermanfaat daripada menikmati burger dan permen. Konsumsi camilan sehat juga dapat membuat suasana hati menjadi lebih baik.

Baca Juga: 5 Cara Diet Sehat dengan Mindful Eating, Seperti Apa?

Verified Writer

Halisa Saaa

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya