TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

7 Manfaat Eceng Gondok Bagi Kesehatan, Obati Sakit Maag Sampai Gigi!

Kaya manfaat, jangan dibuang dulu!

sjra.net

Eceng gondok dikenal sebagai tanaman gulma yang bisa mengganggu karena dapat merusak lingkungan perairan. Meski tanaman yang hidup mengapung di perairan sungai, danau, rawa-rawa maupun kolam dangkal ini selalu dianggap tanaman pengganggu, ternyata eceng gondok memiliki banyak manfaat bagi kehidupan terutama bagi kesehatan tubuh.

Berikut 7 manfaat yang bisa kamu dapatkan dari tanaman eceng gondok.

1. Meredakan sakit gigi

wral.com

Eceng gondok dipercayai dapat meredakan sakit gigi serta dapat meredakan gusi bengkak akibat gigi yang bermasalah. Caranya sangat mudah, cukup rebus eceng gondok lalu gunakan air rebusan untuk berkumur, lakukan secara rutin.

2. Mengobati sakit maag

carolinadigestive.com

Eceng gondok memiliki efek yang bisa menetralkan asam lambung yang dapat meredakan penyakit maag dengan cara meminum air rebusan dari eceng gondok.

Baca Juga: 7 Manfaat Sehat Kepiting, Makanan Mewah Penuh Nutrisi

3. Mengobati sakit tenggorokan

mydr.com.au

Eceng gondok mengandung anti inflamasi yang dapat meredakan peradangan. Konsumsi air rebusan eceng gondok bisa membantu meredakan sakit tenggorokan atau panas dalam.

4. Meredakan kulit gatal

verywellhealth.com

Eceng gondok ternyata dapat menyembuhkan kulit gatal-gatal maupun penyakit kulit lainnya seperti eksim. Hal ini karena eceng gondok memiliki efek anti-pruritus. Cara penggunaannya pun mudah, tumbuk beberapa lembar daun eceng gondok lalu tempelkan ke daerah kulit yang terasa gatal.

5. Mengobati asma

symptomsinfo.com

Eceng gondok diketahui bisa mengobati penyakit asma atau gangguan sesak nafas. Caranya gunakan akar eceng gondok ke dalam masakanmu seperti sup ataupun makanan lainnya.

6. Melancarkan laktasi

workingmother.com

Di negara Kenya, eceng gondok dipercaya bisa memperlancar air susu ibu (ASI) dengan cara mengonsumsi air rebusan eceng gondok. Selain itu, bunga eceng gondok juga dipercaya dapat memperlancar siklus haid yang tidak beraturan.

Baca Juga: 5 Manfaat Daun Kale yang Baik untuk Kesehatan Tubuhmu

Verified Writer

Nursyamsi Kusuma Dewi

The girl who has millions of dreams | Find me on Instagram : Nursyamsidewi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya