TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Fakta Kanker Laring pada Pita Suara, Kenali Gejala dan Penyebabnya

Hindari konsumsi alkohol dan rokok

Pinterest.com/Azkia Salimatin

Kanker laring merupakan jenis kanker yang menyerang jaringan laring atau kotak suara. Laring terletak antara trakea dan pangkal lidah. Laring menjadi tempat untuk pita suara yang berperang sangat penting.

Ketika kanker menyerang laring, maka akan mempengaruhi suara yang keluar melalui faring, hidung dan mulut. Berikut fakta tentang kanker laring yang perlu kamu ketahui. 

1. Gejala kanker laring

uralstk.ru

Ketika kanker laring menyerang, ada beberapa masalah yang akan kamu rasakan. Kanker ini menghambat jalan napas dan mempengaruhi otot-otot pada pita suara. Penderita kanker ini akan merasakan rasa sakit yang terjadi saat menelan hingga sekitar telinga. Ini disertai dengan perubahan suara yang terjadi secara tiba-tiba.

Selain itu, gejala seperti batuk darah dan penurunan berat badan secara drastis harus kamu waspadai. Benjolan yang mungkin muncul di sekitar leher dapat kamu rasakan jika kanker laring ini menyerang. 

Baca Juga: 5 Makanan yang Bisa Bantu Cegah dan Hambat Kanker Paru-paru

2. Penyebab kanker laring

Pixabay.com/Free-Photos

Meskipun penyakit kanker selalu tidak terdeteksi sejak dini dan terjadi secara tiba-tiba, ada beberapa pemicu seseorang terkena penyakit kanker laring. Pola hidup buruk seperti mengonsumsi alkohol dan rokok memiliki risiko yang lebih tinggi terkena kanker ini.

Selain itu, paparan zat kimia berbahaya seperti limbah logam, plastik, debu kayu, asap cat, dan limbah tekstil dapat memicu risiko kanker ini. Ada pula yang terserang kanker laring karena faktor keturunan. 

3. Dampak kanker laring bagi tubuh

enthealth.org

Kanker laring dapat memberikan efek yang buruk pada tubuhmu. Saat terserang dan setelah pengobatan, penderita akan kehilangan kekebalan pada sistem imun. Kanker ini pun menyebabkan penderita kehilangan pita suara, mulut kering, kelelahan dan sesak napas.

Selain itu, kulit akan menjadi kusam dan terjadi gangguan pengecapan pada lidah. Peradangan yang menyerang mukosa tenggorokan menimbulkan rasa nyeri yang menyiksa. Nafsu makan akan berkurang akibat penyakit ini. 

4. Cara mendiagnosis kanker laring

medicalnewstoday.com

Saat kamu merasakan gejala kanker ini, sebaiknya segera periksakan pada dokter untuk penanganan yang tepat.  Dokter akan melakukan laringoskopi yang dapat mendeteksi adanya kanker ini.

Beberapa biopsi akan ditawarkan jika kanker menyerang pita suaramu. Biopsi konvensional adalah alternatif pertama untuk mengangkat jaringan sampel kanker untuk mendeteksi. Ada pula cara FNA yang menggunakan jarum tipis untuk mengangkat sampel kanker.

Selain itu, mendeteksi kanker ini dapat dilakukan pula dengan biopsi endoskopik. 

Baca Juga: 8 Fakta Penting tentang Kanker Usus Besar yang Wajib Kamu Ketahui

Verified Writer

Nurul Aulia

Ketika dia sedang tidak menulis, kamu akan menemukan dia sedang sibuk rebahan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya