TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Cara Melakukan Jenis Meditasi Mindfulness, Cukup Mudah Diterapkan

Jangan dilewatkan!

ilustrasi meditasi (pexels.com/Oluremi Adebayo)

Meditasi mindfulness adalah praktik pelatihan mental yang mengajarkanmu untuk memperlambat pikiran yang berpacu, melepaskan negativitas, dan menenangkan pikiran serta tubuh.

Meditasi ini dapat juga didefinisikan sebagai keadaan mental yang melibatkan fokus penuh pada keadaan saat ini sehingga kamu dapat mengakui dan menerima pikiran, perasaan, dan sensasi dalam dirimu tanpa penilaian apa pun.

Teknik dapat bervariasi, tetapi secara umum, meditasi mindfulness melibatkan pernapasan dalam dan kesadaran tubuh dan pikiran. Berikut adalah beberapa langkah sederhana untuk membantumu memulai sendiri. Ingatlah, bahwa meditasi adalah latihan, jadi tidak pernah sempurna. 

1. Dapatkan rasa nyaman

ilustrasi meditasi (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Untuk melakukannya, cari tempat yang tenang dan nyaman. Duduk di kursi atau di lantai dengan kepala, leher, dan punggung lurus, tapi tidak kaku. 

Mengenakan pakaian yang nyaman dan longgar juga membantu agar Anda tidak terganggu. Namun, karena praktik ini dapat dilakukan di mana saja untuk waktu berapa pun, aturan berpakaian tidak diperlukan sama sekali. 

Baca Juga: 5 Manfaat Ampuh Meditasi Pernapasan, Gak Cuma Sekadar Duduk Diam!

2. Pertimbangkan untuk mengatur waktu

ilustrasi meditasi (pexels.com/cottonbro)

Meskipun tidak perlu, pengatur waktu dalam bentuk alarm dapat membantumu fokus pada meditasi. Sebab banyak orang lupa waktu saat bermeditasi, ini juga dapat memastikan kamu tidak bermeditasi terlalu lama. 

Pastikan juga untuk memberi dirimu waktu setelah meditasi untuk menyadari di mana kamu berada dan bangun secara bertahap. Mulailah dengan sesi meditasi singkat 5 menit dan tingkatkan sesi kamu sebanyak 10 atau 15 menit sampai kamumerasa nyaman bermeditasi selama 30 menit setiap kali.

3. Fokus pada pernafasan

ilustrasi meditasi (pexels.com/EKATERINA BOLOVTSOVA)

Selama meditasi, sadarilah nafasmu. Sesuaikan dengan sensasi udara yang masuk dan keluar dari tubuhmu saat kamu bernapas. Rasakan perutmu naik dan turun saat udara memasuki lubang hidung dan keluar dari lubang hidung.

Perhatikan perubahan suhu saat napas dihirup versus saat dihembuskan. Memperhatikanmu nafas dan menikmatinya dapat membuatmu sedikit lebih tenang. 

4. Perhatikan pikiranmu

ilustrasi meditasi (pexels.com/cottonbro)

Tujuan meditasi bukan untuk menghentikan pikiranmu, tapi untuk merasa lebih nyaman menjadi saksi dari pikiran tersebut. Ketika pikiran muncul di benakmu, jangan abaikan atau tekan mereka. Catat, tetap tenang dan gunakan pernafasanmu sebagai jangkar.

Bayangkan pikiranmu sebagai awan yang lewat, saksikan ia melayang kemudian mengubah semuanya. Ulangi ini sesering yang kamu butuhkan saat bermeditasi.

Baca Juga: 5 Cara Cowok Fokus pada Diri Sendiri Supaya Hidup Lebih Bahagia

Verified Writer

P U T R I

Yuk menulis lagi!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya