TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Kaya Manfaat, Ini 10 Efek Positif bagi Tubuh Mengonsumsi Lidah Buaya

Dari detoksifikasi hingga menghilangkan ketombe

Instagram.com/liputankulinerbekasi

Lidah buaya memang terkenal memiliki segudang manfaat. Lidah buaya sering dijadikan tanaman hias di dalam rumah karena dipercaya dapat membersihkan udara di dalam ruangan.

Namun ternyata, lidah buaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Dari menggunakannya langsung ke kulit hingga mengonsumsinya. Berikut rangkuman 10 manfaat lidah buaya untuk tubuh. Apa saja?

1. Detoksifikasi

Pixabay,com/mozo190

Jus lidah buaya dapat mendetokfikasi tubuh, karena mengandung asam amino sehingga efektif dalam mendetokfikasi tubuh. Selain itu, lidah buaya memiliki berbagai vitamin dan mineral yang membantu tubuh untuk mengatasi stres.

2. Mengatasi sembelit

Unsplash.com/Volodymyr Hryshchenko

Lidah buaya mengandung antrakuinon yang dapat mengatasi sembelit, nyeri perut, dan perut kembung. Jus lidah buaya memberikan efek yang menenangkan dan mengatasi refliks asam, dengan meminum jus lidah buaya akan memberikan efek yang menenangkan. Berbagai zat fitokimia yang ada pada lidah buaya mampu memberi nutrisi dan menghidrasi hati sehingga pencernaan menjadi lancar.

3. Menjaga kesehatan mulut

Unsplash.com/Niels Carlsen

Lidah buaya ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan bibir dan mulut, diantaranya adalah meredakan peradangan mulut, melembabkan bibir kering dan pecah-pecah, meredakan radang tenggorokan, menyehatkan gigi dan gusi, menghilangkan bau mulut, serta mengobati sariawan. Selain dikonsumsi, kamu juga bisa menggunakan lidah buaya sebagai pelembab bibir alami dengan cara memeras lidah buaya dan mengoleskan cairannya ke bibirmu.

4. Merawat kulit

Unsplash.com/Noah Buscher

Lidah buaya mengandung zat polisakarida dan sterol yang bermanfaat untuk melembabkan kulit, kalsium dan antioksidan yang mampu mempercepat penyembuhan luka, menghaluskan permukaan kulit.

Tidak hanya itu, lidah buaya juga mengandung vitamin A, C, dan E yang mampu menangkal radikal bebas dan menutrisi kulit. Lidah buaya juga dapat meredakan radang dan gatal pada kulit, lho.

Baca Juga: Tak Banyak yang Tahu, 7 Manfaat Jus Lidah Buaya bagi Kesehatan

5. Menurunkan resiko diabetes

Pixabay.com/tumisu

Lidah buaya jenis Aloevera barbadensis miller merupakan varian lidah buaya yang paling efektif untuk menurunkan resiko diabetes. Lidah buaya jenis ini mengandung krom magnesium, seng, dan mangan yang dapat meningkatkan efektivitas insulin pada penderita diabetes dan memperlancar metabolisme glukosa.

6. Membantu gerakan usus

Unsplash.com/Johnny McClung

Sejalan dengan yang dijelaskan sebelumnya, lidah buaya dapat mengatasi gangguan pencernaan. Nah, dalam membantu gerakan usus, lidah buaya mampu menstimulasi gerakan peristaltik pada usus karena meningkatkan kadar air usus. Buang air besar pun menjadi lancar.

7. Menjaga berat badan

Unsplash.com/Ehimetalor Unuabona

Karena mampu mendetokfikasi tubuh, mengonsumsi lidah buaya secara rutin dapat menurunkan berat badan. Manfaat lain menggunakan lidah buaya untuk menjaga berat badan adalah tidak adanya efek samping yang ditimbulkan pada tubuh.

8. Meningkatkan kekebalan

Unsplash.com/Allen Taylor

Kandungan yang terdapat pada lidah buaya seperti mineral, kalsium, zat besi, tembaga, antioksidan dan magnesium yang mampu menutrisi tubuh. Karena mampu malawan radikal bebas, lidah buaya baik unutk maningkatkan sistem kekebalan tubuh.

9. Mempercepat penyembuhan luka bakar

pixabay.com/Shutterbug75

Zat yang terkandung dalam lidah buaya mampu memperbaiki kulit yang terbakar. Lidah buaya juga mempunyai kemampuan dalam menghidrasi sehingga mempercepat tingkat kesembuhan pada luka bakar.

Baca Juga: Multifungsi, 7 Manfaat Lidah Buaya untuk Perawatan Kulit dan Rambut 

Verified Writer

Regina Amalia

@reginaamalia.ra

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya