TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Manfaat Hebat Daun Cincau bagi Kesehatan Tubuhmu, Sudah Tahu?

Bisa mengobati diabetes mellitus juga, lho

instagram.com/curcumamentari

Daun cincau yang biasanya tumbuh liar di pekarangan rumah ini termasuk ke dalam kelompok tumbuhan menispermaceae.Tahukah kamu bahwa daun cincau yang biasanya digunakan sebagai bahan untuk membuat minuman juga ternyata sangat berguna bagi kesehatan tubuh?

Adanya kandungan zat berupa karbohidrat, lemak, alkaloid siklein, kardioplegikum, tentradine, dimetil tetradine, polifenol, saponoid dan flavonoida ini lah yang membuat daun cincau seringkali dijadikan sebagai alternatif pengobatan secara alami di masyarakat.

1. Sebagai anti inflamasi

instagram.com/onieleo

Daun cincau dapat digunakan sebagai obat anti inflamasi alami bagi tubuh. Hal tersebut dikarenakan daun cincau memiliki kandungan zat klorofil yang sangat tinggi. Zat klorofil ini bisa membantu meredakan peradangan yang disebabkan oleh kuman dan bakteri. Caranya yaitu daun cincau ditumbuk hingga halus lalu diberi sedikit garam kemudian oleskan pada bagian tubuh yang mengalami peradangan. Sangat mudah, bukan? 

2. Menurunkan demam

instagram.com/rimaummurayna

Adanya kandungan saponin dan antioksidan dalam daun cincau membuatnya bisa digunakan sebagai obat alami untuk menurunkan demam. Caranya yaitu dengan meminum air rebusan daun cincau yang telah disaring sebanyak dua kali sehari.  

Baca Juga: 5 Jajan Pasar Berbungkus Daun Pisang Ini Cocok Dinikmati Sambil Ngeteh

3. Sebagai obat diabetes mellitus

instagram.com/curcumamentari

Daun cincau memiliki kandungan klorofil dan senyawa bisbenzilsokuinolin yang bermanfaat untuk memperbaiki kinerja hormon insulin pankreas dalam mengatur kadar gula dalam darah supaya tetap stabil. Caranya yaitu cukup dengan mengonsumsi 200 ml air rebusan daun cincau 2 kali sehari secara teratur. 

4. Mencegah osteoporosis

instagram.com/hanny_muktiarini

Daun cincau juga memiliki kandungan mineral berupa magnesium, kalsium dan fosfor yang bermanfaat untuk meregenerasi sel-sel tulang yang telah mengalami pengeroposan. Mineral-mineral tersebut akan memberikan nutrisi pada tulang untuk pembentukan sel-sel darah yang telah rusak. Cara mengonsumsinya yaitu dengan meminum air rebusan daun cincau sebanyak 2 kali seminggu. Dengan begitu maka kesehatan tulangmu akan tetap terjaga sampai usia tua nanti. 

Baca Juga: 5 Resep Daun Pepaya yang Bikin Kamu Makan Makin Lahap

Verified Writer

Sinta Listiyana

Terimakasih telah membaca tulisan saya :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya