TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Manfaat Donor Darah, Cek Sekarang Biar Gak Ragu-ragu!

Ini manfaatnya untuk kesehatan

pexels.com/@pranidchakan-boonrom

Aksi donor darah secara sukarela dapat menyelamatkan kehidupan banyak orang. Kebanyakan orang yang takut mendonorkan darahnya adalah karena takut akan jarum suntik. Memang akan terasa sedikit sakit, namun rasa itu tidak akan bertahan lama. Manfaat dari mendonorkan darah bukan hanya dapat dirasakan bagi orang yang mendapatkan donor darah tapi juga bagi pendonor. Lima manfaat donor darah ini bisa jadi pertimbangan untuk kamu tidak ragu lagi dalam melakukannya.

1. Periksa kesehatan gratis

pexels.com/@pixabay

Sebelum mendonorkan darah, petugas Palang Merah Indonesia (PMI) wajib untuk memeriksa kesehatan kamu terlebih dahulu. Karena tidak sembarangan darah dapat didonorkan. Para petugas PMI akan memeriksa denyut nadi, tekanan darah, dan hemoglobin di dalam tubuh kamu. Dari sini kamu bisa mengetahui apakah kamu dalam kondisi sehat atau memungkinkan adanya penyakit di tubuh kamu yang selama ini kamu tidak ketahui.

2. Menurunkan resiko terkena serangan jantung

pexels.com/@pixabay

Mendonorkan darah dapat menurunkan risiko terkena serangan jantung karena dengan donor darah, makan kamu mengurangi kekentalan darah. Penelitian mengatakan bahwa mendonorkan darah secara signifikan dapat menurunkan kolesterol di dalam tubuh. Mendonorkan darah setidaknya setahun sekali dapat menurunkan 88% resiko terkena serangan jantung.

Baca Juga: 5 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Donor Darah

3. Menjaga hati kamu tetap sehat

pixabay.com/users/qimono

Zat besi yang terlalu banyak di dalam darah merah dapat merusak organ hati di tubuhmu. Hepatitis C adalah penyakit yang sering terjadi akibat terlalu banyak zat besi. Donor darah dapat mengurangi 225 mg zat besi yang terkandung di dalam tubuh serta menjaga organ hati kamu tetap sehat.

4. Membakar kalori

pexels.com/@rawpixel

Kabar baik untuk kamu yang tidak suka olahraga, mendonorkan darah dapat membakar kalori di dalam tubuh kamu sampai dengan 650 kalori. Tapi mendonorkan darah tidak bisa kamu lakukan setiap saat. Seorang pendonor darah bisa mendonorkan darahnya lagi setelah 2-3 bulan dari terakhir dia mendonorkan darah. Jadi, sebaiknya kamu tetap berolah raga secara rutin kalau memang ingin membakar kalori di tubuhmu.

Baca Juga: 7 Tips Kesehatan untuk Pendonor Darah Rutin, Wajib Diperhatikan ya!

Verified Writer

Wesa Bhadrasana

encourager

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya