TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Atychiphobia, Fobia Kegagalan yang Bisa Menyerang Siapa Saja

Kamu takut gagal? Baca dulu artikel yang satu ini!

Pexels/rawpixel.com

Fobia adalah gangguan kecemasan yang ditandai rasa takut berlebihan terhadap sesuatu. Fobia bisa datang sewaktu-waktu ketika seseorang melihat binatang liar, api, lubang kecil atau bahkan wanita cantik.

Namun, ada sebagian orang yang menganggap bahwa kegagalan adalah sumber ketakutan terbesar mereka. Rasa takut berlebihan terhadap kegagalan ini dinamakan dengan atychiphobia. Penasaran bagaimana atychiphobia itu sebenarnya? Mari simak penjelasannya pada ulasan di bawah ini.

Baca Juga: Gak Hanya Atasi Stres, Ini Manfaat Lain Konsultasi dengan Psikolog

1. Gangguan kecemasan seperti apa sih atychiphobia itu?

Pexels/ Tess Emily Seymour

Atychiphobia adalah ketakutan yang luar biasa terhadap sebuah kegagalan. Hasil atau respons negatif terhadap sesuatu yang dilakukan akan menimbulkan pukulan mental maupun fisik cukup mendalam bagi penderita atychiphobia. Hal ini dapat terjadi akibat traumatik dini yang berakar pada orangtua yang ketat atau figur otoritas lain yang tidak mentoleransi kegagalan dengan baik.

Fobia jenis ini dapat dialami berbagai kalangan dari usia anak-anak hingga dewasa. Anak-anak penderita gangguan kecemasan ini biasanya tidak dapat berkembang dengan baik akibat takutnya mencoba hal-hal baru dan sulitnya mengeksplorasi diri.

Sementara pada orang dewasa biasanya akan menyebabkan kehilangan banyak peluang dalam hidup dan kepercayaan dirinya akan tertutupi dengan ketakutan yang dirasakannya.

2. Gejala-gejala yang diperlihatkan pengidap atychiphobia kadang disepelekan bahkan tidak disadari sebagai sebuah gangguan mental

pexels.com/Min An

Ketakutan yang timbul secara tidak rasional dan berlebihan sebenarnya hanyalah sugesti negatif dari pikiran penderita gangguan kecemasan ini. Beberapa gejala umum yang sering diperlihatkan adalah sebagai berikut:

  • Berkeringat, terasa dingin
  • Mual, sakit kepala, kehilangan nafsu makan
  • Merasakan nyeri di bagian dada dan denyut jantung meningkat
  • Napas pendek dan sangat panik
  • Ketidakmampuan untuk mengendalikan emosi
  • Disorientasi dan merasa lemah
  • Mengisolasi diri
  • Depresi hingga susah tidur

Baca Juga: 5 Pertanyaan yang Harus Kamu Jawab Sendiri Saat Alami Kegagalan 

Verified Writer

Yulia Nor Annisa

Tulislah agar tidak melupa | Banjarmasin, South Borneo

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya