TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Manfaat Daun Bandotan untuk Kesehatan, Bisa untuk Redakan Mag

Bukan gulma biasa, manfaatnya luar biasa!

publish.plantnet-project.org

Tanaman bandotan yang memiliki nama latin Chromolaena Odorata merupakan tanaman liar yang mudah dijumpai di hampir seluruh wilayah Indonesia. Pada umumnya, daun ini memiliki ukuran  yang tidak terlalu tinggi dan bau khas yang cukup menyengat.

Pada zaman dahulu daun bandotan sering digunakan untuk obat pendarahan oleh masyarakat. Tidak hanya itu saja, dari sakit kepala hingga asam urat juga bisa diobati oleh daun tanaman yang satu ini. Untuk lebih jelasnya, mari kita simak manfaat daun bandotan di bawah ini.

1. Obat alternatif bagi penderita mag

freepik/freepik

Daun bandotan merupakan obat tradisional yang dipercaya mampu meredakan rasa nyeri yang melanda akibat penyakit maag. Penyakit maag sendiri terbagi menjadi dua, maag biasa dan maag kronis. Jika tingkatan mag sudah di level kronis, maka penyakit yang satu ini sudah tidak bisa lagi dianggap sepele. 

2. Membantu menurunkan berat badan

freepik/freepik

Memiliki tubuh ideal merupakan impian banyak orangdi muka bumi. Dari melakukan olahraga hingga diet ketat seringkali dilakukan demi memiliki postur tubuh idaman. Namun, ternyata daun bandotan yang sering dianggap hama belaka mampu membantumu mewujudkan mimpi tersebut. Jika kamu sedang mencari obat diet alami tanpa efek samping berbahaya, daun bandotan bisa menjadi salah satu jawabannya.

Baca Juga: 7 Manfaat Daun Tempuyung, Tanaman Herba yang Bisa Tumbuh di Bebatuan

3. Dapat mengobati penyakit kista

freepik/doucefleur

Kista merupakan benjolan di bawah permukaan kulit yang tergolong dalam tumor jinak. Walaupun jinak, kista yang bertambah besar dari hari ke hari dapat berubah menjadi ganas dan berbahaya. Selain dengan penanganan dokter, cara alternatif dengan tanaman herbal juga dapat ditempuh demi mempercepat penyembuhannya. Cara alternatif yang harus dicoba adalah menggunakan daun tanaman bandotan ini.

4. Mampu mencegah diabetes

freepik/chevanon

Penyakit kencing manis atau diabetes merupakan salah satu penyakit yang sering diderita masyarakat Indonesia. Faktor penyebabnya bisa dari keturunan maupun peningkatan lemak tubuh. Selain menjaga pola hidup sehat, mengonsumi daun bandotan juga dapat menjadi jalan pencegahan yang cukup aman. Untuk hasil terbaik, konsumsi daun bandotan ini harus dilakukan secara rutin dan terjadwal.

Baca Juga: 5 Manfaat Daun Murbei, Si Herbal Penurun Demam Alami

Verified Writer

Yulia Nor Annisa

Tulislah agar tidak melupa | Banjarmasin, South Borneo

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya