Comscore Tracker

5 Bahan Alami Ini Dapat Memutihkan Gigi, Tanpa Efek Samping, lho!

Gigi putih bikin lebih percaya diri

Memiliki gigi putih bersih dambaan setiap orang. Namun, makanan dan gaya hidup salah satu faktor penyebab gigi menjadi kuning.

Dilansir Healthline, gigi terlihat lebih kuning atau lebih gelap terutama disebabkan bertambahnya usia. Saat enamel atau email luar menipis, dentin yang kekuningan menjadi lebih terlihat. Dentin adalah lapisan kedua dari jaringan kalsifikasi di bawah lapisan email luar.

Apakah gigi kamu mulai nampak kekuningan? Jangan khawatir ada bahan alami yang dapat memutihkan gigi yang kuning. Apa saja? Disimak, yuk!

1. Baking soda

5 Bahan Alami Ini Dapat Memutihkan Gigi, Tanpa Efek Samping, lho!ilustrasi baking soda(pexels.com/id-id/kaboompics)

Baking soda salah satu bahan yang dapat memutihkan gigi yang kuning. Butiran baking soda memberikan efek abrasi ringan yang dapat menghilangkan noda pada gigi bahkan bukan itu saja, baking soda dapat mengatasi masalah kesehatan gigi dan mulut. 

Dilansir Medical News Today, baking soda bersifat basa dapat menetralisir kadar asam dalam mulut akibat sisa makanan dan bakteri. Kadar asam tersebut dapat merusak enamel atau email sehingga gigi tampak kuning.

Cara menggunakan, campurkan baking soda dengan air sampai membentuk adonan mirip pasta gigi. Oleskan pasta tersebut pada sikat gigi lalu mulai gosok gigimu seperti yang biasa dilakukan.

2. Minyak kelapa

5 Bahan Alami Ini Dapat Memutihkan Gigi, Tanpa Efek Samping, lho!ilustrasi minyak kelapa(pexels.com/id-id/tijana-drndarski)

Minyak kelapa mengandung asam laurat yang bermanfaat untuk membasmi plak dan bakteri penyebab gigi kuning. Dalam sebuah studi, International Journal of Health Science, minyak kelapa jika dipakai untuk berkumur efektif meningkatkan kesehatan gigi dan gusi serta membuat bau mulut tetap segar.

Cara pemakaiannya, siapkan satu atau dua sendok makan minyak goreng untuk berkumur, lakukan selama 10 hingga  15 menit. Setelah itu buang minyak kelapa hasil kumuran tadi lalu bilas mulut dengan air bersih. Selanjutnya kamu dapat menggosok gigi dengan odol seperti biasanya.

Baca Juga: 5 Tips Redakan Rasa Sakit Akibat Tumbuh Gigi pada Si Kecil

3. Nanas

5 Bahan Alami Ini Dapat Memutihkan Gigi, Tanpa Efek Samping, lho!ilustrasi nanas(pexels.com/id-id/thebstudio)

Buah nanas dapat membersihkan gigi yang kuning karena mengandung enzim bromelin. Dilansir Medical News Today, enzim bromelin dapat membantu memutihkan gigi. 

Enzim bromelin ini di dalam mulut menghasilkan zat seperti alkohol yang dapat menghilangkan noda kuning pada gigi. Maka rajin-rajinlah mengonsumsi buah nanas agar gigimu tetap putih.

4. Stroberi

5 Bahan Alami Ini Dapat Memutihkan Gigi, Tanpa Efek Samping, lho!ilustrasi stroberi (pexels.com/id-id/thepaintedsquare)

Stroberi termasuk salah satu buah yang dapat memutihkan gigi kuning. Namun, harus dicampur dengan baking soda dahulu. Kandungan asam malat pada stroberi dipercaya mampu menghilangkan perubahan warna sedangkan baking soda akan menghilangkan noda pada gigi.

Cara pemakaiannya, haluskan stroberi yang masih segar kemudian campur dengan baking soda. Lalu gosokkan campuran tersebut pada gigimu. Diamkan beberapa menit lalu bilas dengan air bersih.

5. Sayuran berserat tinggi

5 Bahan Alami Ini Dapat Memutihkan Gigi, Tanpa Efek Samping, lho!ilusrasi sayur bayam(pexels.com/id-id/yaroslav-shuraev

Sayuran dan kacang-kacangan termasuk makanan berserat tinggi. Dilansir Medical News Today, sayur-sayuran dan kacang-kacangan seperti bayam memicu mulut untuk menghasilkan banyak air liur yang dapat membantu membersihkan serta menetralkan asam di mulut. 

Sebab tingkat keasaman makanan dan minuman yang tinggi akan mengakibatkan email gigi rusak. Hal tersebut menjadi pemicu gigi berubah warna menjadi kuning.

Gigi kuning membuat kehilangan kepercayaan diri dan malu untuk tersenyum. Namun, semuanya dapat diatasi dengan menggunakan bahan alami pemutih gigi seperti tersebut di atas. Namun, harus dilakukan secara rutin agar hasilnya lebih maksimal, ya.

Baca Juga: 6 Masalah Kesehatan yang Berhubungan dengan Lidah, Jangan Sepelekan!

A  Nitha Nahfiah Photo Verified Writer A Nitha Nahfiah

ibu rumah tangga, dengan tiga putri, sarjana teknik sipil, berkarya dan memberi manfaat untuk banyak orang

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya