Comscore Tracker

Jangan Sering Konsumsi 6 Makanan Ini Supaya Tidak mudah Keriput

Malu ya masih muda tapi kulit sudah keriput

Bertambahnya usia biasanya disertai dengan perubahan pada kulit. Kulit akan terlihat kering dan berkeriput. Tetapi perubahan kulit menjadi keriput tersebut tidak menjadikan patokan bahwa seseorang telah berumur atau tua.

Beberapa faktor yang cepat menimbulkan keriput, diantaranya adalah makanan. Nah, makanan apa sajakah yang akan mempercepat proses kulit menjadi keriput? Yuk disimak di bawah ini.

1. Daging yang dibakar dengan arang

Jangan Sering Konsumsi 6 Makanan Ini Supaya Tidak mudah KeriputPexels.com/ Samer daboul

Sate adalah satu makanan yang dagingnya dibakar dengan arang. Daging yang terbakar hangus mengandung hidrokarbon proinflamasi, yang dapat menghancurkan kolagen kulit. Kekurangan atau kehilangan kolagen pada kulit akan mengakibatkan timbulnya garis-garis keriput.

2. Makanan tinggi gula

Jangan Sering Konsumsi 6 Makanan Ini Supaya Tidak mudah KeriputPexels.com/ Abhinav Goswani

Gula yang terdapat dalam permen atau kue-kue yang manis akan membentuk advance glycation and products (AGE) dalam tubuh. AGE ini akan merusak berbagai protein dalam tubuh sehingga kulit mudah menjadi kendur, keriput, dan kusam.

3. Minuman beralkohol

Jangan Sering Konsumsi 6 Makanan Ini Supaya Tidak mudah KeriputPexels.com/ Maria Pop

Sering minum minuman beralkohol dapat menyebabkan kerusakan pada hati. Kondisi organ hati yang rusak akan menimbulkan racun yang menumpuk di kulit. Sehingga menyebabkan penuaan diri dan tampak garis serta keriput di kulit.

Baca Juga: 5 Cara Alami Mengatasi Warna Kulit Tidak Rata

4. Makanan dengan kadar garam tinggi

Jangan Sering Konsumsi 6 Makanan Ini Supaya Tidak mudah KeriputPexels.com/ Ronmar Lacamiento

Kadar garam yang tinggi pada makanan  dapat menahan air yang masuk ke dalam kulit. Sehingga kulit akan terlihat kusam dan kering maka mengakibatkan timbulnya kerutan pada kulit terutama wajah.

5. Mengonsumsi kopi secara berlebihan

Jangan Sering Konsumsi 6 Makanan Ini Supaya Tidak mudah KeriputPexels.com/ Burst

Minum kopi dapat membantu saat begadang mengerjakan tugas. Tetapi jika mengonsumsi kopi secara berlebihan akan memberi dampak yang buruk bagi kulit.

Kafein pada kopi dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah. Jika ini terjadi pada kulit, maka pembentukan antioksidan dan nutrisi terhalangi sehingga menghambat produksi kolagen yang sangat dibutuhkan oleh kulit.

6. Kurangi konsumsi karbohidrat sederhana

Jangan Sering Konsumsi 6 Makanan Ini Supaya Tidak mudah KeriputPixels/ pixabay

Karbohidrat sederhana adalah makanan yang mudah dicerna oleh tubuh sehingga cepat meningkatkan kadar glukosa dalam darah. Dengan demikian akan terjadi penumpukan advance glycation and products (AGE) di dalam tubuh. AGE ini akan merusak berbagai protein dalam tubuh sehingga kulit mudah menjadi kendur, keriput, dan kusam. Makanan yang mengandung karbohidrat sederhana adalah, permen, kue kering, roti, cake, yoghurt, dan lain-lain.

Jika kulit kamu tidak ingin cepat keriput sehingga akan terlihat lebih tua kurangi mengonsumsi makanan di atas. Tentu malu ya kalau masih muda tapi kulit tampak keriput. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: Tanaman Sejuta Manfaat, 5 Manfaat Lidah Buaya untuk Kecantikan Kulit

Andi Nitha Nahfiah Photo Community Writer Andi Nitha Nahfiah

ibu rumah tangga, dengan tiga putri berkarya dan memberi manfaat untuk banyak orang

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You