Comscore Tracker

Tampak Indah dan Romantis, Ini 6 Manfaat Bunga Mawar untuk Kesehatan

Dapat menurunkan berat badan hingga redakan stres

Siapa yang tidak kenal dengan bunga mawar? Bunga yang indah ini menjadi simbol keromantisan dan membuat bahagia jika diberi bunga ini.

Siapa sangka selain indah, bunga ini mempunyai manfaat untuk kesehatan. Tidak diragukan lagi sejak dahulu kala bunga ini dikenal memberi efek positif bagi tubuh, pikiran, dan kulit. Ingin tahu apa manfaat dari bunga mawar untuk kesehatan? Berikut enam manfaatnya

1. Meredakan stres

Tampak Indah dan Romantis, Ini 6 Manfaat Bunga Mawar untuk Kesehatanilustrasi menderita stres (pexels.com/id-id/mastercowley)

Kelelahan yang bertubi-tubi akibat kesibukan sehari-hari dapat mengakibatkan stres. Jika stres dibiarkan dapat mengakibatkan depresi dan penurunan gairah seks. Dari sebuah penelitian, untuk mengatasinya, mencium sari bunga mawar dapat memberi efek sedatif atau menenangkan.

Caranya mudah, berendam pada air hangat dengan ditaburi beberapa kelopak bunga mawar. Air yang hangat dapat menimbulkan wangi bunga mawar tercium sehingga tubuh dan pikiran menjadi tenang.

Dilansir itsblume, gejala stres dapat dihilangkan dengan menghirup uap dari teh yang terbuat dari bunga mawar. Dengan mencium aroma alami ini akan memberi ketenangan, menghilangkan stres, dan meningkatkan kualitas tidur.

2. Menurunkan berat badan

Tampak Indah dan Romantis, Ini 6 Manfaat Bunga Mawar untuk Kesehatanilustrasi penurunberatbadan(pexels.com/id-id/ketut-subiyanto

Kabar baik bagi yang sedang menjalankan program menurunkan berat badan, bunga mawar dapat membantumu. Dilansir Thehealthsite, kelopak bunga mawar mengandung senyawa yang meningkatkan metabolisme tubuh, membersihkan racun, dan membantu menurunkan berat badan.

Caranya yaitu, ambil 10-15 kelopak bunga mawar segar. Lalu seduh dengan  segelas air mendidih, tunggu hingga air seduhan berwarna merah muda. Saat akan diminum dapat ditambahkan madu dan bubuk kayu manis. Dan agar khasiatnya terbukti, minum larutan ini secara rutin.

3. Mengobati jerawat

Tampak Indah dan Romantis, Ini 6 Manfaat Bunga Mawar untuk Kesehatanilustrasi jerawat(pixabay.com/id/users/sharonmccutcheon)

Wajah berjerawat membuat kurang percaya diri. Untuk mengobati jerawatmu, bunga mawar bisa membantu.

Dilansir Times of Indiana, bunga mawar mengandung anti-bakteria sehingga ampun melawan bakteri yang terdapat pada jerawat. Gunakan air mawar untuk menenangkan kulit yang teriritasi serta mengurangi kemerahan.

Baca Juga: 12 Jenis Mawar untuk Mempercantik Kebunmu, Tanam yuk!

4. Membantu mengobati wasir dan ambeien

Tampak Indah dan Romantis, Ini 6 Manfaat Bunga Mawar untuk Kesehatanilustrasi sakit wasir(pixabay.com/id/users/derneuemann)

Manfaat bunga mawar selanjutnya adalah membantu mengobati wasir dan ambeien. Dilansir Thehealthsite, kelopak mawar dapat sebagai obat alami untuk wasir dan ambeien. Karena bunga mawar kaya serat, air, dan senyawa yang membantu pencernaan membuang racun dari dalam tubuh. Kelopak mawar ini efektif untuk mengobati wasir yang berdarah dan mengurangi rasa sakit.

Cara pengobatan wasir atau ambeien dengan kelopak bunga mawar yaitu, ambil segenggam kelompak bunga mawar. Tambahkan 50 ml air hangat. Kemudian ditumbuk hingga merupakan larutan yang kental. Minumlah larutan ini, terutama saat perut kosong, selama tiga hari berturut-turut. Maka ambeien atau wasir yang berdarah akan sembuh.

5. Meredakan sakit kepala

Tampak Indah dan Romantis, Ini 6 Manfaat Bunga Mawar untuk Kesehatanilustrasi sakit kepala(pixabay.com/id/users/geralt)

Bunga mawar dapat dijadikan minyak esensial. Salah satu manfaat dari minyak ini adalah dapat membantu meredakan sakit kepala hingga migrain.

Dijelaskan dalam sebuah studi yang dilakukan oleh Department of Physiology and Pathology/LTF, University of Paraiba-Caixa, Brasil, minyak esensial bunga mawar dapat memberikan efek menenangkan saat dihirup.

6. Menyehatkan kulit

Tampak Indah dan Romantis, Ini 6 Manfaat Bunga Mawar untuk Kesehatanilustrasi kulit sehat(pixabay.com/id/users/dthedelinquent)

Manfaat bunga mawar yang paling terkenal adalah menyehatkan kulit. Air mawar adalah produk dari bunga mawar yang dapat menyehatkan kulit. Air mawar bersifat anti inflamasi yang dapat mengurangi kemerahan pada kulit akibat dari iritasi.

Selain itu kelopak mawar mengandung antioksidan dan senyawa anti-bakteri yang dapat menenangkan kulit serta gatal-gatal yang berlebihan.

Bunga mawar bukan hanya indah dan romantis, ya, tetapi banyak manfaat untuk kesehatan. Setelah mengetahui manfaat dari bunga ini, apakah  tertarik untuk menanamnya? 

Baca Juga: 5 Kesalahan Menanam Mawar yang Sering Dilakukan Pemula

A  Nitha Nahfiah Photo Verified Writer A Nitha Nahfiah

ibu rumah tangga, dengan tiga putri, sarjana teknik sipil, berkarya dan memberi manfaat untuk banyak orang

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya