Comscore Tracker

4 Manfaat Bihun Jagung, Cocok untuk Penderita Diabetes!

Bisa jadi menu untuk program diet

Makanan yang satu ini tentu tidak asing lagi bagi setiap orang, terutama ibu rumah tangga yang senang meracik masakan di dapur. Ada beberapa jenis bihun yakni yang terbuat dari beras, dan juga yang terbuat dari jagung atau dikenal bihung jagung. Bihun jagung memiliki tekstur yang kenyal juga lembut sehingga bihun ini disukai banyak orang.

Bihun jagung sering dijadikan pelengkap seperti campuran untuk sayuran dan makanan lainnnya. Di balik nikmatnya menyantap bihun jagung, ternyata memakan makanan satu ini memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan. Berikut ini 4 manfaat tersebut.

1. Menjaga kadar gula darah dalam tubuh

4 Manfaat Bihun Jagung, Cocok untuk Penderita Diabetes!Pixabay.com/Waratharn

Bihun jagung memiliki indeks glikemik yang rendah, sehingga baik untuk dikonsumsi bagi penderita diabetes. Indeks glikemik adalah angka yang menunjukkan potensi kenaikan gula darah dari karbohidrat yang ada pada suatu jenis pangan.

Semakin tinggi indeks glikemik suatu makanan, maka semakin tinggi risiko terkena serangan kenaikan gula secara mendadak. Untuk itu, memakan bihun jagung sangat bagus karena mengandung indeks glikemik yang rendah, tidak seperti bihun beras yang bisa menaikkan kadar gula darah.

2. Melancarkan pencernaan

4 Manfaat Bihun Jagung, Cocok untuk Penderita Diabetes!Pixabay.com/Nipapun

Memakan bihun jagung dapat membuat pencernaan menjadi lancar. Ini karena bihun jagung kaya akan serat. Hal ini tentu cocok sekali untuk menjadi santapan bagi kamu yang kerap mengalami gangguan pencernaan. Dengan demikian, mengonsumsi bihun jagung bisa membantumu mengatasi sembelit atau susah buang air besar.

Baca Juga: Murah Meriah, Ini 5 Olahan Bihun yang Cocok Dimasak untuk Sahur

3. Baik untuk program diet sehat

4 Manfaat Bihun Jagung, Cocok untuk Penderita Diabetes!Pixabay.com/PerfectLinks

Bagi kamu yang ingin diet sehat, maka jangan ragu lagi mengonsumsi bihun jagung sebagai menu dietmu. Ini karena memakan bihun jagung dapat menunda rasa lapar sehingga mampu mengurangi risiko kegemukan. Bihun jagung memiliki kandungan kalori yang lebih minim dibandingkan dengan bihun beras. Karena itu bihun jagung cocok menjadi menu sehat untuk diet.

4. Membantu memperlambat proses oksidasi pada tubuh

4 Manfaat Bihun Jagung, Cocok untuk Penderita Diabetes!sajiansedap.grid.id

Bihun jagung mempunyai kandungan gizi yang tinggi. Contohnya, untuk setiap 100 gram bihun jagung setidaknya mengandung 265 kilokalori (kkal). Tak hanya itu bihun jagung juga punya kandungan lain seperti protein, serat, natrium dan betakaroten.

Adapun kandungan betakaroten pada bihun jagung dapat berfungsi sebagai antioksidan yang berguna bagi tubuh. Antioksidan tentu diperlukan untuk memperlambat proses oksidasi yang dapat merusak sel tubuh. Dengan kandungan gizi yang tinggi tersebut, gak heran kalau bihun jagung baik untuk melengkapi nutrisi pada tubuh.

Demikianlah 4 manfaat memakan bihun jagung yang baik untuk kesehatan tubuh. Sajikan bihun jagung sebagai menu favoritmu, ya. Bihun jagung cocok untuk menjadi pengganti nasi bagi kamu yang ingin menjadikan makanan ini sebagai makanan pokok.

Baca Juga: 5 Kreasi Olahan Mie Instan yang Lezat dan Bikin Ngiler!

Anggita Amelia Photo Verified Writer Anggita Amelia

Writing is the way I share it, hopefully my writing will be useful to the reader

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya