Comscore Tracker

5 Manfaat Garam Himalaya Bagi Kesehatan, Manjur Menjaga pH Tubuh!

Berkhasiat juga meredakan sakit tenggorokan

Mungkin sebagian orang masih belum akrab dengan nama garam himalaya. Jenis garam yang satu ini berbeda dengan garam dapur pada umumnya yang berasal dari laut. Garam himalaya berasal dari tambang garam terbesar di Kaki Pegununugan Himalaya yang bernama Khewra Salt Mine. Garam ini diklaim paling murni yang ada di dunia.

Adapun warna dari garam himalaya berwarna merah muda atau pink. Bentuknya yang seperti kristal kecil-kecil ini ternyata memiliki khasiat yang bagus untuk kesehatan tubuh serta kecantikan. Untuk kecantikan misalnya, garam himalaya bagus untuk menyembuhkan kulit yang berjerawat.

Lalu, apa manfaat garam ini untuk kesehatan tubuh? Berikut ini 5 khasiatnya yang bagus untuk kesehatan.

1. Membantu menyeimbangkan pH tubuh

5 Manfaat Garam Himalaya Bagi Kesehatan, Manjur Menjaga pH Tubuh!Pixabay.com/minree

Garam himalaya mengandung banyak kandungan mineral yang bagus untuk kesehatan tubuh. Salah satunya mengandung natrium yang dapat menyeimbangkan cairan di dalam tubuh atau potensial hidroge (pH) tubuh. Natrium berfungsi menetralkan asam yang ada dalam tubuh. Apabila pH tubuh seimbang, maka dapat mencegah penurunan kekebalan tubuh hingga penyakit batu ginjal.

Alhasil, mengonsumsi garam ini dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Pasien yang baru sembuh dari sakit cocok untuk mengonsumsi garam ini, karena dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuhnya setelah diserang sakit.

2. Menjaga gula darah

5 Manfaat Garam Himalaya Bagi Kesehatan, Manjur Menjaga pH Tubuh!Pixabay.com/act014

Manfaat lain dari mengonsumsi garam himalaya yakni dapat menjaga kestabilan gula darah. Ini karena adanya beberapa kandungan mineral di dalam garam himalaya seperti magnesium, kromium, dan juga mangan. Mineral-mineral ini dapat membantu tubuh menjaga kestabilan gula darah agar tetap normal.

Untuk itu penderita diabetes cocok untuk mengonsumsi garam himalaya ini, sebab penderita diabetes memiliki risiko terkena gula darah lebih tinggi dibandingkan orang yang tidak terkena penyakit gula.

Baca Juga: 5 Fakta Unik tentang Garam, Sudah Tahukah Kamu?

3. Bantu jaga kesehatan gigi dan gusi

5 Manfaat Garam Himalaya Bagi Kesehatan, Manjur Menjaga pH Tubuh!Pixabay.com/theresaharris10

Garam himalaya juga berguna untuk menyehatkan gigi dan gusi. Hal ini karena adanya kandungan kalium pada garam tersebut. Kalium dapat membantu tubuh mencegah terjadinya pendarahan pada area gusi. Tak hanya itu, adanya sifat antiseptik dan anti bakteri pada garam himalaya bisa mencegah bakteri di mulut.

4. Mampu redakan sakit tenggorokan

5 Manfaat Garam Himalaya Bagi Kesehatan, Manjur Menjaga pH Tubuh!Pixabay.com/pompi

Larutan air garam himalaya dapat membantu meredakan sakit tenggorokan. Ini karena kandungan garam asal Pakistan ini berkhasiat untuk membunuh bakteri penyebab sakit tenggorokan. Untuk memanfaatkannya, larutkan garam himalaya ke dalam segelas air hangat secukupnya, lalu kumur-kumur, lakukan hingga kondisi tenggorokan mulai membaik.

5. Bantu atasi susah tidur

5 Manfaat Garam Himalaya Bagi Kesehatan, Manjur Menjaga pH Tubuh!Pixabay.com/janiceweirgermia

Sebagian orang mungkin mengalami kesulitan tidur atau insomnia. Ketika insomnia menyerang seseorang, maka penderitanya akan terus terjaga dan bisa-bisa tidak dapat tidur hingga pagi. Salah satu solusi untuk mengatasi sulit tidur yakni dengan mengonsumsi garam himalaya. Dalam garam tersebut terdapat kandungan magnesium yang baik untuk membuat tubuh lebih rileks, sehingga bisa meningkatkan kualitas tidur.

Demikian 5 manfaat garam himalaya yang bagus untuk kesehatan tubuh. Kesehatan menjadi hal yang vital yang harus dijaga oleh setiap manusia.

Selagi masih muda, sudah saatnya untuk bisa hidup sehat dengan mengonsumsi makanan yang baik untuk tubuh. Jangan sampai nantinya menyesal di hari tua lantaran tak acuh terhadap kesehatan sejak muda.

Baca Juga: Kala Namak, si Garam Hitam yang Sedang Lagi Hits!

Anggita RA Photo Community Writer Anggita RA

Writing is the way I share it, hopefully my writing will be useful to the reader

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You