Comscore Tracker

5 Hidangan Ini Bisa Tingkatkan Kualitas Tidur, Jadi Lebih Nyenyak

Kamu pun bisa terlelap dengan lebih cepat

Menjaga pola tidur sangat penting untuk kesehatan karena banyak proses tubuh yang terjadi saat kita terlelap di malam hari. Itulah kenapa, kita disarankan tidur selama 7 sampai 9 jam per hari.

Untuk membuat tidur optimal dan tanpa gangguan, kita dapat melakukan berbagai strategi. Salah satunya dengan mengonsumsi makanan sehat sebelum tidur. Berikut ini beberapa rekomendasi makanan dan minuman yang disarankan dikonsumsi sebelum tidur untuk meningkatkan kualitasnya. 

1. Teh chamomile

5 Hidangan Ini Bisa Tingkatkan Kualitas Tidur, Jadi Lebih Nyenyakilustrasi chamomile tea (Unsplash.com/Catia Climovich)

Menurut laporan dari jurnal Phytotherapy Research tahun 2019, teh chamomile merupakan teh herbal yang menawarkan segudang manfaat bagi kesehatan tubuh. Khasiatnya dalam menangkal berbagai penyakit tak perlu diragukan lagi. Teh ini bisa menurunkan risiko kanker, menyehatkan jantung, mengurangi depresi, dan meningkatkan kesehatan kulit.

Selain itu, terdapat kandungan apigenin di dalam teh chamomile yang bisa berdampak baik terhadap pola tidur kita. Zat ini merupakan antioksidan untuk mengikat reseptor di otak. Ialah yang membuat teh ini dapat menyebabkan kantuk dan meningkatkan kualitas tidur kita. 

2. Buah kiwi 

5 Hidangan Ini Bisa Tingkatkan Kualitas Tidur, Jadi Lebih Nyenyakilustrasi buah kiwi (Pexels.com/Laker)

Buah kiwi juga diketahui memberikan dampak yang baik untuk meningkatkan kualitas tidur kita. Dalam penelitian Advances in Nutrition tahun 2016, kandungan serotonin di dalamnya mampu membuat kita tertidur lebih cepat.

Beberapa nutrisi lain seperti vitamin C dan karotenoid juga memiliki dampak yang baik terhadap kualitas tidur kita. Jadi, jangan ragu untuk mengonsumsi buah dengan rasa asam ini di malam hari, ya. Kamu bisa memakannya langsung atau mengubahnya menjadi jus dan smoothie. 

Baca Juga: 5 Tips Mengatasi Tidur Ngiler yang Bikin Tak Nyaman, Gak Perlu Malu!

3. Almond

5 Hidangan Ini Bisa Tingkatkan Kualitas Tidur, Jadi Lebih Nyenyakilustrasi almond (Pexels.com/Karolina Grabowska)

Dilansir laman Healthline, almond merupakan salah satu jenis kacang-kacangan yang dengan segudang khasiat untuk kesehatan. Salah satunya adalah meningkatkan kualitas tidur. Ini berkat adanya zat melatonin dan magnesium yang terkandung di dalamnya.

Melatonin secara alami merupakan zat di dalam tubuh manusia yang bertugas untuk memberi sinyal kepada otak saat waktu istirahat tiba. Sementara itu, magnesium berperan untuk mengurangi gangguan tidur akibat hormon stres kortisol. 

4. Ikan berlemak

5 Hidangan Ini Bisa Tingkatkan Kualitas Tidur, Jadi Lebih Nyenyakilustrasi hidangan ikan salmon (Unsplash.com/CA Creative)

Ikan seperti salmon, tuna, dan mackerel diketahui memiliki kandungan nutrisi tinggi. Mengonsumsi ikan berlemak seperti ketiganya dapat memberikan vitamin yang dibutuhkan tubuh dan baik bagi perkembangan buah hati.

Selain memberikan vitamin yang dibutuhkan tubuh, ikan berlemak juga mampu membuat tidur kita jadi lebih nyenyak, lho. Berdasarkan laporan jurnal The FASEB Journal tahun 2015, asam lemak omega-3 dan vitamin D yang terkandung di dalamnya mampu meningkatkan produksi serotonin, hormon pemicu perasaan bahagia yang juga berperan dalam meningkatkan kualitas tidur.

5. Nasi putih

5 Hidangan Ini Bisa Tingkatkan Kualitas Tidur, Jadi Lebih Nyenyakilustrasi nasi putih (Pexels.com/makafood)

Nasi putih dikenal sebagai makanan pokok di banyak negara termasuk Indonesia. Dilansir jurnal Sport Medicine tahun 2014, nasi putih memiliki indeks glikemik yang tinggi untuk mengukur seberapa cepat makanan berperan dalam peningkatan gula darah.

Ternyata, makanan dengan indeks tinggi mempengaruhi kualitas tidur dan cenderung meningkat. Dalam hal ini, nasi putih memiliki peran potensial untuk membantu membuat tidur kita lebih nyenyak.

Jika kamu sering kali kesulitan untuk tidur, makanan dan minuman di atas bisa menjadi dikonsumsi menjelang waktu istirahat di malam hari. Akan tetapi, jika masalah tidur yang kamu alami sudah cukup parah, ada baiknya untuk konsultasi dengan dokter. 

Baca Juga: 5 Kebiasaan Baik Sebelum Tidur, Badan Jadi Sehat dan Tidur Berkualitas

Anisa Kusuma Photo Verified Writer Anisa Kusuma

Keep going!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya