Comscore Tracker

5 Alasan Kenapa Kamu Wajib Makan Acar setelah Menyantap Sate Kambing 

Salah satunya acar dapat mencegah gangguan pencernaan

Salah satu hidangan khas Iduladha adalah sate kambing. Gak hanya karena mudah dibuat tapi, sate kambing juga punya rasa yang lezat. Namun, gak sedikit dari kita yang kelupaan nih untuk gak menghidangkan acar sebagai bahan pelengkap.

Kehadiran acar ternyata gak sebatas menambah kenikmatan dari sate kambing, lho. Karena ternyata ada sederet manfaat di balik cincangan wortel dan mentimun ini. Kira-kira apa sih yang jadi alasan kenapa kita wajib makan acar setelah menyantap sate kambing? Telusuri lebih jauh yuk penjelasannya berikut ini.

1. Acar dapat menjaga kadar kolesterol dalam darah 

5 Alasan Kenapa Kamu Wajib Makan Acar setelah Menyantap Sate Kambing acar (instagram.com/indahyus2021)

Gak bisa dimungkiri bahwa mengonsumsi daging terutama daging kambing memang sangatlah nikmat. Tapi di balik semua itu, ada ancaman menakutkan dari setiap gigitan daging yang kita konsumsi. Apalagi kalau bukan ancaman naiknya kolesterol dalam darah.

Berdasarkan WebMD dijelaskan bahwa ancaman naiknya kolesterol saat kita mengonsumsi daging kambing, gak lagi menakutkan bila kita imbangi dengan acar, lho. Kandungan alami yang dimiliki oleh acar baik mentimun atau wortel bisa menjaga kadar kolesterol dalam tubuh kita.

2. Acar ternyata dapat mencegah gangguan pencernaan, lho! 

5 Alasan Kenapa Kamu Wajib Makan Acar setelah Menyantap Sate Kambing ilustrasi seorang wanita yang mengalami gangguan pencernaan (freepik.com/benzoix)

Dilansir Medical News Today, diam-diam acar ternyata punya manfaat yang cukup besar bagi tubuh kita, lho. Acar biasanya difermentasikan dengan cuka. Proses ini meningkatkan kandungan prebiotik yang dapay memperlancar proses pencernaan kita.

Probiotik ini yang nantinya akan membantu kita menghadapi berbagai macam masalah pencernaan sebut saja masalah pencernaan seperti diare, sembelit, bahkan iritasi usus. Jadi kalau sedang menyantap sate kambing, jangan lupa menyantap acar juga ya sebagai penyeimbang.

Baca Juga: 10 Olahan Acar Sayuran Segar, Bisa Jadi Pendamping Rendang!

3. Bantu kontrol tekanan darah dengan mengonumsi acar 

5 Alasan Kenapa Kamu Wajib Makan Acar setelah Menyantap Sate Kambing ilustrasi mengecek tekanan darah (pexels.com/Pavel Danilyuk)

Sebuah penelitian di tahun 2018 yang dilakukan oleh para peneliti dari Clinical Nutrition Research menemukan fakta bahwa acar membantu kita dalam memgontrol tekanan darah. Lebih lanjut dipaparkan bahwa kandungan magnesium, potassium, serta fosfor pada acar yang berperan besar dalam proses penurunan tekanan darah.

Kandungan alami pada mentimun dianggap ampuh gak hanya menurunkan lemak melainkan juga kolesterol. Karenanya, imbangi konsumsi daging kambing dengan acar supaya tekanan darah kita tetap stabil.

4. Untuk cegah kenaikan gula darah imbangi konsumsi daging kambing bersama acar 

5 Alasan Kenapa Kamu Wajib Makan Acar setelah Menyantap Sate Kambing ilustrasi sate kambing dan acar (instagram.com/iwanlaksmana)

Umumnya acar dibuat dengan mencampurkan mentimun dan wortel bersama dengan cuka, bukan? Maka, acar yang kamu konsumsi ini dapat memperlambat proses pencernaan. Kemudian perut akan melepas glukosa dan mencegah kenaikan gula darah seusai makan.

Sejalan dengan hal tersebut sebuah hasil penelitian dari Journal of Scientific Research tahun 2012 menunjukkan bahwa acar berperan sebagai antiglikemik. Maksudnya, acar menjadi agen penurun kadar gula bagi mereka yang memiliki risiko diabetes tipe 2 atau bagi mereka yang resisten terhadap insulin.

5. Acar merupakan salah satu sumber antioksidan 

5 Alasan Kenapa Kamu Wajib Makan Acar setelah Menyantap Sate Kambing ilustrasi acar (instagram.com/alunrahma)

Gak banyak yang tahu nih kalau kadungan alami dari mentimun dapat membantu tubuh dalam menangkal radikal bebas. Radikal bebas ini bisa merusak sel tubuh dan menimbulkan berbagai macam penyakit, lho. Untungnya, mentimun mengandung nutrisi antioksidan yang berperan untuk menangkal radikal bebas tersebut.

Para ilmuwan dari Necmettin Erbakan Üniversitesi, Turki pada tahun 2015 juga menemukan hasil yang sama bahwa acar dapat mempertahankan nutrisi maknan sehingga kandungan nutrisi dalam makanan tersebut dapat tetap terjaga dengan baik. Padahal umumnya, proses pengolahan makanan dapat membuat kandungan nutrisi yang dimiliki menjadi hilang atau rusak. Namun, gak sama halnya dengan apa yang dimiliki oleh acar

Mumpung di momen Iduladha seperti ini di mana kita sedang sering-seringnya makan sate kambing, jangan lupa ya untuk membuat acar mentimun juga. Semoga informasi di atas sedikit banyaknya dapat bermanfaat bagi kamu.

 

Baca Juga: Ini Dia 5 Jenis Acar Khas Jepang yang Wajib Ada di Meja Makan!

Annisa Nur Fitriani Photo Verified Writer Annisa Nur Fitriani

Don't sleep on me

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Dwi Rohmatusyarifah

Berita Terkini Lainnya