Comscore Tracker

6 Cara untuk Meningkatkan Kecerdasan Intelektual, Kamu Wajib Coba!

Mulai dari bermain alat musik hingga berolahraga

Pernah mendengar istilah intelligence quotient (IQ) atau kecerdasan intelektual? Kecerdasan intelektual merupakan istilah yang sering digunakan untuk mengukur kemampuan seseorang dalam memahami suatu hal, memecahkan permasalahan, hingga mempelajari sesuatu. Kecerdasan intelektual dapat diukur dengan menjalani tes IQ.

Sayangnya, tak semua orang berhasil mendapatkan nilai IQ sesuai standar yang mereka inginkan atau butuhkan. Padahal, hasil tes IQ sendiri kerap dibutuhkan untuk melamar pekerjaan atau perguruan tinggi. Bagi kamu yang ingin meningkatkan kecerdasan intelektual, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Simak, ya!

1. Bermain instrumen atau alat musik

6 Cara untuk Meningkatkan Kecerdasan Intelektual, Kamu Wajib Coba!ilustrasi main gitar (freepik.com/jcomp)

Studi dari Universitas Zurich, Swiss, menyatakan bahwa dengan memainkan suatu instrumen atau alat musik dapat meningkatkan kecerdasan intelektual, baik pada anak-anak maupun orang dewasa. Penelitian ini menjelaskan bahwa kecerdasan intelektual seseorang dapat naik 7 poin atau lebih ketika memainkan alat musik.

Banyak sekali alat musik yang dapat kita mainkan atau pelajari, seperti gitar, harmonika, piano, dan sebagainya. Pilihlah instrumen yang sesuai minat atau sekiranya tak akan membuatmu bosan saat memainkan atau mempelajarinya dalam jangka waktu lama.

2. Mempelajari bahasa baru

6 Cara untuk Meningkatkan Kecerdasan Intelektual, Kamu Wajib Coba!ilustrasi belajar (freepik.com/shurkin_son)

Belajar bahasa baru ternyata juga bisa meningkatkan kecerdasan intelektual kita. Tim peneliti menemukan bahwa orang dewasa muda yang mahir dalam dua bahasa memiliki kinerja yang lebih baik pada tes perhatian dan memiliki konsentrasi yang lebih baik daripada mereka yang hanya bicara satu bahasa, terlepas dari apakah mereka telah mempelajari bahasa kedua itu selama masa bayi, masa kanak-kanak, atau masa remaja. Temuan ini dipublikasikan dalam jurnal Frontiers in Psychology tahun 2014.

Sekarang ini ada banyak cara untuk mempelajari baru. Selain dengan kursus bahasa, kamu juga bisa belajar lewat beragam aplikasi atau lewat menonton film atau mendengarkan lagu dengan bahasa yang sedang kamu pelajari. Lakukan kebiasaan tersebut secara rutin agar otak kamu terbiasa menangkap kosakata atau pengucapan baru dalam bahasa yang kamu pelajari itu.

Baca Juga: 10 Aktivitas Ini Bisa Merusak Otakmu dan Membuatmu Jadi Pelupa

3. Membaca buku

6 Cara untuk Meningkatkan Kecerdasan Intelektual, Kamu Wajib Coba!ilustrasi membaca buku (pexels.com/@diimejii)

Banyak yang tak tahu bahwa aktivitas membaca dapat meningkatkan kecerdasan intelektual kita. Alhasil, banyak sekali yang kurang meminati aktivitas membaca setiap harinya. Padahal, banyak penelitian yang menunjukkan adanya korelasi positif antara tingkat baca seseorang dengan tingkat IQ.

American Academy of Pediatrics menyimpulkan penelitiannya yang dilakukan di Brasil bahwa tingkat baca berpengaruh positif dengan tingkat kecerdasan anak. Artinya, semakin banyak seseorang membaca, maka kemampuan kecerdasan intelektual kita juga akan semakin meningkat atau kita akan semakin cerdas.

4. Bermain catur

6 Cara untuk Meningkatkan Kecerdasan Intelektual, Kamu Wajib Coba!ilustrasi bermain catur (freepik.com/jcomp)

Banyak alasan mengapa catur diyakini dapat meningkatkan kecerdasan seseorang. Catur merupakan sebuah permainan yang kompleks, yang mana membutuhkan konsentrasi yang tinggi, strategi yang benar-benar matang, kesabaran, dan ketenangan.

Studi yang dilakukan di Venezuela menyatakan anak-anak yang berada di kelas catur selama 14 minggu mendapatkan kenaikan IQ yang signifikan. Memang, para anak-anak tersebut terlatih untuk menjadi anak yang memiliki konsentrasi tinggi, sehingga mampu membaca strategi lawannya. 

5. Mengonsumsi makanan bergizi

6 Cara untuk Meningkatkan Kecerdasan Intelektual, Kamu Wajib Coba!ilustrasi makanan sehat (freepik.com/master1305)

Untuk meningkatkan kecerdasan intelektual, kamu juga dapat menerapkan pola makan sehat bergizi seimbang. Pilihlah berbagai jenis makanan yang mengandung omega-3, flavonoid, protein, vitamin, zink, hingga selenium.

Berbagai nutrisi tersebut dipercaya dapat meningkatkan fungsi otak. Kamu dapat memperoleh nutrisi-nutrisi tersebut di dalam ikan, buah-buahan, aneka kacang, dan sayuran. Semakin banyak kamu mengonsumsi makanan tersebut, semakin bagus pula manfaat yang diperoleh oleh otakmu.

6. Berolahraga

6 Cara untuk Meningkatkan Kecerdasan Intelektual, Kamu Wajib Coba!ilustrasi joging (IDN Times/Mardya Shakti)

Olahraga tak hanya baik untuk kesehatan tubuh, melainkan juga menjadi salah satu cara untuk meningkatkan kecerdasan intelektual. Olahraga dapat menjaga aliran darah di otak tetap lancar, sehingga sel saraf dan jaringan otak tetap sehat. Selain itu, olahraga juga dapat meningkatkan daya ingat.

Lakukanlah aktivitas olahraga yang kamu sukai, seperti lari, futsal, badminton, berenang, dan masih banyak lagi. Jika kamu tipe orang yang malas keluar rumah, ada banyak sekali latihan yang bisa dilakukan di rumah dan mudah diakses lewat internet.

Itulah beberapa cara untuk meningkatkan kecerdasan intelektual. Yuk, mulai konsisten melakukannya agar otak tetap tajam hingga masa tua nanti!

Baca Juga: 10 Manfaat Bermain Catur untuk Kesehatan, Check Mate!

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Nurulia R. Fitri

Berita Terkini Lainnya