Comscore Tracker

Sering Merasa Haus Meski Sudah Banyak Minum Air? Ini Nih 5 Penyebabnya

Ayo dikenali penyebabnya

Kita seringkali dianjurkan untuk meminum 8 gelas air dalam sehari agar metabolisme tubuh dapat berlangsung dengan baik. Namun menjaga tubuh agar cukup air tidak sesederhana itu. Kita semua pasti pernah merasakan rasa haus yang terus menerus meskipun sudah banyak mengonsumsi banyak air. Nah kalau sudah mengalami hal ini, jangan asal minum air lagi. Kamu perlu memerhatikan apa yang menyebabkan kamu merasa haus terus menerus.

Daripada bingung, langsung saja cek dibawah ini penyebab kamu terus menerus merasa haus meskipun sudah banyak minum air.

1. Kamu tidak minum air sesering mungkin

Sering Merasa Haus Meski Sudah Banyak Minum Air? Ini Nih 5 Penyebabnyapexels.com/Daria Shevtsova

Tentunya berbeda antara sering minum air dan banyak minum air. Kebanyakan orang cenderung minum air ketika merasa haus dulu. Ini adalah kebiasaan yang salah, guys. Minum air seharusnya bukan saat kehausan saja. Tetapi air perlu dikonsumsi sepanjang hari baik haus atau tidaknya kita. Air yang diminum dengan sering akan lebih cepat diserap oleh tubuh dibandingkan dengan ketika minum air banyak saat kehausan.

2. Kamu minum air yang memicu rasa haus

Sering Merasa Haus Meski Sudah Banyak Minum Air? Ini Nih 5 Penyebabnyaunsplash.com/rawpixel

Salah satu hal yang sering kita lakukan adalah tidak meminum air putih asli. Kalau sudah kepepet, kita lebih suka meminum air dalam kemasan seperti soda dan minuman lainnya seperti kopi. Kita perlu tahu bahwa minuman-minuma soda mengandung senyawa/ion yang dapat memicu rasa haus. Jadi semakin banyak kita minum soda maka semakin kita akan merasa haus.

3. Kamu terlalu mengonsumsi banyak garam

Sering Merasa Haus Meski Sudah Banyak Minum Air? Ini Nih 5 Penyebabnyaunsplash.com/ Emmy Smith

Garam mengandung sodium yang dapat memicu rasa haus berlebih. Oleh karena itu pastikan bahwa kamu menghindari banyak makan makanan yang mengandung garam ya.

Baca Juga: 7 Gaya Unik Minum Kopi di Berbagai Negara, Serasa Melekat dengan Nadi

4. Kamu menderita Diabetes

Sering Merasa Haus Meski Sudah Banyak Minum Air? Ini Nih 5 Penyebabnyaspecialty.mims.com

Nah hati-hati ya kalau kamu sudah haus berlebihan. Hal itu dapat mengindikasi kamu menderita diabetes. Orang yang menderita diabetes akan mengeluarkan gula dalam tubuh melalui urin sehingga kamu akan sering buang air kecil. Seringnya buang air kecil akan mengurangi jumlah air dalam tubuh, sehingga hal itu membuat kamu akan terus menerus haus.

5. Kamu kurang mengonsumsi air

Sering Merasa Haus Meski Sudah Banyak Minum Air? Ini Nih 5 PenyebabnyaPixabay.com/rawpixel

Alasan terakhir ini sering terjadi dalam kehidupan kita. Ya, kurang minum air. Anjuran untuk minum 8 gelas air sehari seringkali kita abaikan. Alasan seperti sibuk kerja membuat kita tidak mengonsumsi air dengan cukup dan menggantinya dengan mengonsumsi bukan air putih. Tentu hal ini tidak boleh dilakukan lagi karena kalau tubuh kekurangan air, maka metabolism tubuh dapat terganggu.

Nah, itu beberapa alasan kenapa kamu sering rasa haus walaupun sudah minum banyak air. Air putih memiliki manfaat yang baik bagi tubuh karena berperan dalam metabolism tubuh. Oleh karena itu, jangan lupa untuk minum air yang cukup ya!

Baca Juga: Awas, Ini 7 Bahaya yang Akan Mengintaimu Jika Sering Minum Air Es!

Arya Sarimata Photo Verified Writer Arya Sarimata

"When life gets you down, you know what you gotta do? Just keep swimming" -Dory-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya