Comscore Tracker

Manfaat Buah Kersen untuk Kesehatan, Jangan Ragu Mengonsumsinya!

Ini dia kandungan sehat yang ada dalam buah kersen

Buah Kersen atau yang memiliki nama latin Muntingia calabura L. merupakan salah satu buah yang paling banyak dijumpai. Memiliki rasa manis dengan banyak kandungan biji-biji di dalamnya, membuat buah ini sering diminati banyak orang.

Tak hanya karena alasan rasanya yang enak, buah kersen juga mengandung banyak senyawa yang sangat bermanfaat. Senyawa tersebut memberi efek positif bagi tubuh dalan hal kesehatan

Nah berikut 5 kandungan dari buah kersen yang bermanfaat untuk kesehatan. Check  thisout guys!

1. Fenol dan flavonoid

Manfaat Buah Kersen untuk Kesehatan, Jangan Ragu Mengonsumsinya!unsplash.com/Thomas Q

Buah kersen memiliki banyak kandungan zat gizi yang bermanfaat bagi tubuh seperti fenol dan flavonoid. Kandungan tersebut memiliki fungsi sebagai antioksidan yang mampu mereduksi radikal bebas dalam tubuh. Kersen mampu menangkal radikal bebas sebagai penyebab penyakit, salah satunya adalah kanker.

Selain itu kandungan flavonoid yang dimiliki kersen juga mampu berfungsi sebagai  antimikrobia, antivirus, antioksidan,  antihipertensi, merangsang pembentukan  estrogen, serta mampu berperan dalam pengobatan gangguan fungsi hati.

2. Saponin

Manfaat Buah Kersen untuk Kesehatan, Jangan Ragu Mengonsumsinya!unsplash.com/Vincent van Zalinge

Senyawa lainnya yang terkandung dalam buah kersen dan memiliki manfaat bagi tubuh adalah saponin.

Senyawa saponin adalah glikosida alami yang terikat dengan steroid alkaloid atau triterpena. Hal ini sangat memungkinkan saponin dalam memberikan efek farmakologis yang positif bagi tubuh. Efek positif tersebut seperti imunomodulator, antitumor, antiinflamasi, anti jamur, antivirus, hipoglikemik dan hipokolesterol.

Wow, gak nyangka banget kan?

Baca Juga: 5 Buah Anti Dehidrasi yang Wajib Kamu Konsumsi Saat Puasa

3. Vitamin C

Manfaat Buah Kersen untuk Kesehatan, Jangan Ragu Mengonsumsinya!unsplash.com/Madelon ??

Tak cukup di situ, kersen yang kaya akan manfaat ini juga memiliki kandungan vitamin C. Berdasarkan hasil penelitian, kandungan vitamin C pada buah kersen lebih tinggi daripada buah mangga. Seperti yang telah banyak diketahui, vitamin C sangatlah bermanfaat bagi tubuh dalam berbagai aspek.

Manfaat vitamin C yang terkandung dalam buah kersen adalah menangkal sel-sel rusak akibat radikal bebas dan menghambat penuaan dini. Selain itu, vitamin C pada buah kersen juga dapat sebagai antioksidan.

4. Quercetin

Manfaat Buah Kersen untuk Kesehatan, Jangan Ragu Mengonsumsinya!unsplash.com/Thomas Q

Kandungan lainnya pada buah kersen adalah quercetin. Quercetin merupakan sejenis flavonoid yang terkandung dalam buah kersen.

Salah satu fungsi dari quercetin adalah mampu menurunkan kadar asam urat darah. Hal ini sesuai dengan mekanisme kerja quercetin dalam menurunkan kadar asam urat yaitu dengan cara menginhibisi aktivitas xantin oksidase yang merupakan enzim yang mensintesis asam urat.

5. Askorbat, serat, niasin, dan betakaroten

Manfaat Buah Kersen untuk Kesehatan, Jangan Ragu Mengonsumsinya!unsplash.com/Manu Camargo

Senyawa lain yang terkandung dalam buah kersen dan bermanfaat bagi kesehatan adalah askorbat, serat, niasin, dan betakaroten. Bahan-bahan aktif tersebut yang berkhasiat sebagai anti diabetes. Hal ini sesuai dengan hasil penelitian pada hewan coba menunjukan bahwa ekstak kersen berpengaruh secara signifikan dalam menurunkan kadar gula darah.

Mekanisme bahan aktif tersebut dalam menurunkan kadar gula darah adalah dengan menghambat penyerapan gula darah dari usus dan mempercepat proses pencernaan yang terjadi dalam sistem digestivus. Akibatnya bahan karbohidrat yang ada dalam bahan makan tercerna tidak akan banyak terserap oleh usus.

Nah itulah 5 kandungan dari buah kersen yang memiliki sejuta manfaat bagi tubuh. Yuk, rajinlah konsumsi buah ini secara teratur dan buat tubuhmu semakin sehat!

Baca Juga: 5 Kandungan Unik yang Bisa Ditemui di Buah Kesemek, Pernah Makan?

Bife SoE Photo Community Writer Bife SoE

Suara sumbang dari perempuan Timor!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You