Comscore Tracker

Kaya Akan Vitamin C, Ini 6 Manfaat Buah Mangga bagi Kesehatan!

Bisa sebagai obat anti kanker lho!

Mangga merupakan salah satu buah yang populer dan banyak ditemukan di Indonesia. Selain memiliki sifat rasa yang manis dan menyegarkan, buah mangga ternyata juga mengandung banyak nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Daging buah mangga kaya akan gizi, mengandung berbagai vitamin, dan mineral. Kandungan tersebut berdampak positif dalam kesehatan tubuh. Nah berikut ini 6 manfaat buah mangga bagi kesehatan!

1. Antioksidan

Kaya Akan Vitamin C, Ini 6 Manfaat Buah Mangga bagi Kesehatan!unsplash.com/Priscilla Du Preez

Salah satu manfaat dari buah mangga adalah menghasilkan senyawa yang berperan sebagai antioksidan. Hal ini berkaitan dengan tinggi vitamin C pada daging buah mangga.

Vitamin C adalah salah satu zat gizi yang berperan sebagai antioksidan dan efektif mengatasi radikal bebas yang dapat merusak sel atau jaringan dari kerusakan oksidatif yang ditimbulkan oleh radiasi.

2. Menurunkan kolesterol

Kaya Akan Vitamin C, Ini 6 Manfaat Buah Mangga bagi Kesehatan!unsplash.com/christian ferrer

Manfaat lain yang dimiliki buah mangga adalah menurunkan kolesterol darah. Daging buah mangga mengandung vitamin C, serat tinggi, dan pektin yang memiliki fungsi berkaitan dengan menurunkan kolesterol dalam darah.

3. Menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke

Kaya Akan Vitamin C, Ini 6 Manfaat Buah Mangga bagi Kesehatan!unsplash.com/Jonas Svidras

Daging buah mangga mengandung senyawa flavonoid yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Senyawa flavonoid sendiri terbagi menjadi lima jenis yang menunjukkan adanya hubungan dengan penurunan risiko terjadinya penyakit jantung iskemik dan stroke.

Sementara itu, kandungan kalium dan vitamin C berperan dalam pemeliharaan kesehatan jantung.

Baca Juga: 5 Manfaat Ekstrak Biji Mangga Bagi Kesehatan, Baik untuk Kulit

4. Anti inflamasi dan anti mikroba

Kaya Akan Vitamin C, Ini 6 Manfaat Buah Mangga bagi Kesehatan!pixabay.com/bearinthenorth

Selain kandungan flavonoid, dalam daging buah mangga juga terdapat senyawa fenol, β karoten, dan mineral. Senyawa aktif pada buah mangga tersebut telah diteliti memiliki beberapa fungsi yaitu sebagai anti inflamasi dan anti mikroba.

5. Berperan sebagai anti kanker

Kaya Akan Vitamin C, Ini 6 Manfaat Buah Mangga bagi Kesehatan!pixabay.com/StockSnap

Kandungan senyawa lainnya yang terkandung dalam buah mangga adalah senyawa fenol seperti asam ellagat, gelatonin dan mangiferin. Senyawa tersebut memiliki kontribusi bermanfaat terhadap kesehatan tubuh.

Senyawa fenol ini dipercaya berguna untuk memperbaiki sel-sel yang teroksidasi oleh radikal bebas penyebab kanker dan penyakit degeneratif Iainnya.

6. Meningkatkan imunitas tubuh

Kaya Akan Vitamin C, Ini 6 Manfaat Buah Mangga bagi Kesehatan!pixabay.com/RondellMelling

Tak hanya berperan sebagai anti kanker, senyawa fenol seperti mangiferin dan asam ellagat juga berperan sebagai anti inflamasi yang dapat membantu meningkatkan sistem imunitas tubuh.

Nah itulah 6 manfaat dari buah mangga bagi kesehatan. Mulai sekarang rajinlah mengonsumsi buah mangga secara teratur dan buat kesehatanmu semakin terjaga.

Baca Juga: 5 Resep Camilan Buah Rendah Gula, Bisa Dikonsumsi Semua Usia

Bife SoE Photo Verified Writer Bife SoE

Suara sumbang dari perempuan Timor!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You