Comscore Tracker

Sering Sakit Kepala? Lakukan 5 Hal Sederhana Ini untuk Meredakannya

Kurangi minum obat-obatan kimia

Sakit kepala yang datang secara tiba-tiba memang menjengkelkan. Aktivitasmu akan sangat terganggu karena datangnya rasa sakit kepala yang disebabkan oleh stress, migrain ataupun singuitis.

Mengonsumsi obat kimia memang cukup ampuh meredakan sakit kepala. Namun, jika dikonsumsi terlalu sering, dapat berakibat buruk pada tubuhmu. Belum lagi jika obat tersebut memiliki efek samping yang dapat menyebabkan kantuk. Berikut ini adalah 5 hal sederhana yang dapat kamu lakukan untuk mengurangi sakit kepala!

1. Minum air putih

Sering Sakit Kepala? Lakukan 5 Hal Sederhana Ini untuk Meredakannyayourprediabetes.info

Manusia memang diharuskan mengkonsumsi minimal 1,5 liter air putih dalam sehari untuk memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh. Penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan Belanda membuktikan bahwa orang yang rutin minum air putih lebih banyak terhindar dari sakit kepala maupun migrain.

Selain itu, minum banyak air putih ketika sakit kepala dapat secara berangsur-angsur meredakan rasa sakitnya. Jadi, banyak-banyak minum air putih ya!

2. Makan buah semangka

Sering Sakit Kepala? Lakukan 5 Hal Sederhana Ini untuk Meredakannyaeverydayhealth.com

Seperti yang kita ketahui bahwa buah semangka adalah salah satu buah yang memiliki banyak kandungan air. Mengonsumsi buah semangka dapat meredakan sakit kepala dan menghindarkanmu dari dehidrasi.

Baca Juga: Kenapa Kepala Sering Pusing Saat Sore Hari? Ini 5 Penyebab Paling Umum

3. Tempelkan es batu di leher bagian belakang

Sering Sakit Kepala? Lakukan 5 Hal Sederhana Ini untuk Meredakannyafoodnetwork.com

Menempelkan es batu pada leher bagian belakang terbukti meredakan sakit kepala loh. Ketika sakit kepala datang, kamu dapat mengompres leher belakangmu dengan es batu yang telah dimasukkan dalam handuk atau kain selama 10 hingga 20 menit. Terapi sederhana ini dapat mengembalikan keseimbangan tubuhmu dan menghilangkan rasa sakit pada kepala.

4. Minum secangkir kopi

Sering Sakit Kepala? Lakukan 5 Hal Sederhana Ini untuk Meredakannyacastrophotos.com

Mungkin kamu berpikir bahwa meminum kopi dapat memperparah rasa sakit pada kepala. Tapi ternyata hal ini tidak sepenuhnya benar loh. Menurut penelitian, meminum secangkir kopi dapat mengurangi sakit kepala jika dikombinasikan dengan obat sakit kepala yang memiliki dosis yang tepat. Hal ini dikarenakan kandungan kafein pada kopi dapat bersifat sebagai anti nyeri. Tapi ingat, jangan mengonsumsi terlalu banyak ya!

5. Makan makanan pedas

Sering Sakit Kepala? Lakukan 5 Hal Sederhana Ini untuk Meredakannyafoodnavigator.com

Makanan pedas pastinya mengandung capsaicin atau senyawa yang terdapat pada cabai. Menurut penelitian, kandungan capsaicin dapat mengobati sakit kepala akibat migrain dan sinusitis. Ketika kamu mengonsumsi makanan pedas, tubuh akan lebih banyak menghasilkan lendir yang dapat mengurangi sumbatan pada saluran pernafasan dan dapat berimbas pada meredanya rasa sakit di kepala.

Sakit kepala sering datang kapan saja dan dimana saja. Mengonsumsi obat memang jadi cara yang paling mudah redakan sakit kepala.

Namun, penggunaan obat berlebihan mungkin dapat memberikan efek samping pada tubuh. Sebagai alternatif, dengan melakukan 5 hal tersebut terbukti cukup manjur meredakan sakit kepala kok.

Baca Juga: Kenapa orang yang Pusing dan Stres Harus Langsung Diberi Minum?

Budi Pertiwi Photo Community Writer Budi Pertiwi

Wake up youth! Face yourself!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Just For You