Comscore Tracker

5 Fakta Soal Menopause, Bisa Terjadi Gak Cuma pada Wanita Lho

Menopause gak perlu dikhawatirkan

Menopause adalah berubahnya siklus menstruasi dan perkembangan hormon pada wanita yang memasuki usia tertentu. Rata-rata, wanita yang mengalami masa menopause ada di kisaran usia 52 tahun. Namun, tidak menutup kemungkinan, seorang wanita bisa mengalami gejala menopause pada kisaran usia 45 hingga 55 tahun. Gejala menopause sendiri bisa berlangsung antara dua hingga lima tahun, lho.

Ketika memasuki usia senja, menopause merupakan sesuatu yang wajar terjadi. Sehingga, gak ada yang perlu dikhawatirkan tentang hal ini. Berikut 5 fakta lain soal menopause yang perlu kamu tahu.

1. Menopause diyakini sebagai bentuk perlindungan diri

5 Fakta Soal Menopause, Bisa Terjadi Gak Cuma pada Wanita Lhounsplash/Tiago Muraro

Ketika siklus menstruasi bulanan pada wanita berhenti, inilah yang disebut dengan menopause. Bukan tanpa alasan, menstruasi berhenti berlangsung karena sel telur pada wanita secara perlahan mulai habis. Beberapa ilmuwan bahkan meyakini bahwa siklus menopause terjadi karena badan kita melakukan perlindungan dari bahaya kehamilan bagi wanita lanjut usia.

2. Kondisi medis tertentu bisa sebabkan menopause pada anak-anak

5 Fakta Soal Menopause, Bisa Terjadi Gak Cuma pada Wanita Lhounsplash/Rod Long

Dalam dunia medis, tentu akan selalu ada penemuan-penemuan unik pada kasus tertentu. Tidak terkecuali soal menopause ini. Suatu kondisi medis bisa menyebabkan menopause terjadi pada wanita usia 20-an, bahkan bukan gak mungkin terjadi pada anak-anak juga. Kondisi ini disebut dengan premature ovarian failure (POF) atau kegagalan rahim dini.

3. Osteoporis lebih rentan terjadi pada wanita yang sudah menopause

5 Fakta Soal Menopause, Bisa Terjadi Gak Cuma pada Wanita Lhounsplash/Jeremy Wong

Semakin bertambahnya usia, tulang kita juga semakin lemah. Kekuatan tulang sangat bergantung pada kepadatan dan struktur jaringan tulang. Penurunan produksi atau pergantian sel tulang serta berkurangnya jumlah mineral dalam tulang bisa melemahkan tulang. 

Namun, perubahan struktur tulang ini ternyata lebih cepat terjadi pada wanita setelah menopause. Berdasarkan penelitian, osteoporosis menyerang satu dari tiga wanita di atas usia 50 tahun, sementara laki-laki hanya satu banding 12.

Baca Juga: Hati-Hati! 5 Masalah Kesehatan Ini Rentan Menyerang Wanita Menopause

4. Penyumbatan arteri juga salah satu yang perlu diwaspadai oleh mereka yang telah menopause

5 Fakta Soal Menopause, Bisa Terjadi Gak Cuma pada Wanita Lhounsplash/Jake Thacker

Wanita yang sudah menopause lebih rentan mengalami penyumbatan arteri. Penyumbatan arteri ini bisa sebabkan penyakit kardiovaskular, yaitu penyakit pada jantung dan pembuluh darah. Makanya, kita semua sangat dianjurkan untuk memelihara gaya hidup sehat dan rajin berolahraga. Hal ini untuk menghindari berbagai penyakit yang mengintai di usia senja.

5. Pria juga bisa mengalami menopause

5 Fakta Soal Menopause, Bisa Terjadi Gak Cuma pada Wanita Lhounsplash/JD Mason

Tidak mengalami siklus menstruasi, bukan berarti pria bisa luput dari menopause lho  Pada pria, menopause biasanya ditandai dengan rasa depresi berlebihan, kehilangan hasrat seks, disfungsi ereksi, serta gejala emosional dan fisik lainnya. Masa ini seringkali terjadi ketika mereka memasuki usia akhir 40-an hingga awal 50-an. Eits, tapi jangan sampai salah paham ya. Gejala menopause pada pria gak selalu berhubungan dengan hormon seperti pada wanita.

Ketika memasuki usia senja, memang ada beberapa hal yang tidak bisa kita kendalikan. Seperti tanda-tanda penuaan yang mulai bermunculan, serta gejala-gejala hormon yang ada dalam tubuh. Namun, untuk urusan penyakit, sebenarnya kita cukup berperan kok dalam hal ini.

Yaitu, dengan membiasan hidup sehat, rajin berolahraga, mengontrol semua asupan yang kita makan, dan lain sebagainya, akan membuat kita lebih bisa menikmati kesehatan di usia tua nantinya. Ingat, mencegah tentu lebih baik daripada mengobati.

Baca Juga: 10 Tanda Awal Kamu Mulai Masuki Masa Menopause, Wanita Wajib Tahu nih!

Desy Damay Photo Verified Writer Desy Damay

part time writer, half time teacher, and full time daughter. you can kindly send me an email to: desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Just For You