Comscore Tracker

6 Tanda Diet yang Kamu Jalani Sudah Sesuai dengan Dirimu

Salah satunya tidak membuat dirimu merasa kelaparan

Diet dilakukan untuk mencapai berat badan ideal yang sehat serta sebagai bentuk penanganan kondisi medis tertentu. Jenis diet pun banyak sekali, seperti diet keto, diet karbo, diet mayo, dan masih banyak lagi. Namun, apakah kamu yakin diet yang mungkin sedang kamu jalani sekarang sudah sesuai dengan dirimu?

Berikut ini adalah beberapa tanda bahwa diet yang kamu jalani sudah cocok dengan dirimu. Simak sampai habis, ya!

1. Bisa diterapkan sehari-hari

6 Tanda Diet yang Kamu Jalani Sudah Sesuai dengan Dirimufreepik.com/senivpetro

Melansir Insider, patut diingat bahwa makan adalah kebutuhan sehari-hari yang tidak bisa diabaikan. Untuk itu, penting untuk menerapkan program diet yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari tanpa membebani tubuh, tanpa merasa terpaksa, dan tanpa kesulitan. Tentunya kamu tidak mau kalau program diet berhenti hanya dalam waktu singkat dan justru merasa trauma, bukan?

Bisa menikmati makanan yang disantap juga sangat penting demi tubuh yang sehat. Karena, dengan menikmati makanan, kamu membantu tubuh menemukan kembali ritme alaminya dan itu merupakan salah satu pertanda tubuh yang sehat.

2. Tidak menimbulkan gangguan kesehatan

6 Tanda Diet yang Kamu Jalani Sudah Sesuai dengan Dirimufreepik.com/shurkin_son

Tujuan utama dari melakukan program diet adalah untuk menjadi sehat. Jadi, tidak ada artinya jika program diet yang kamu lakukan justru membuat kesehatanmu terancam, bukan?

Banyak orang yang berpikir bahwa diet berarti mengurangi porsi makan secara berlebihan. Itu adalah anggapan yang keliru dan berpotensi membuatmu kekurangan nutrisi.

Jadi apa yang harus dilakukan? Solusinya adalah dengan mengganti asupan nutrisimu menjadi lebih sehat, contoh mengganti nasi putih menjadi nasi merah yang memiliki kadar karbohidrat lebih rendah atau menghindari lemak jahat (contohnya makanan yang digoreng) dan menggantinya dengan lemak baik (misalnya alpukat, minyak ikan, dan lain-lain).

Baca Juga: 7 Kesalahan yang Bikin Gagal Diet, Coba Cek!

3. Tidak membuatmu kelaparan

6 Tanda Diet yang Kamu Jalani Sudah Sesuai dengan Dirimufreepik.com/prostooleh

Rasa lapar adalah suatu pertanda bahwa tubuhmu sedang kekurangan asupan nutrisi. Jadi, jika kamu secara terus-menerus merasa lapar saat menjalani program dietmu, maka itu bisa berisiko membuatmu mengalami kekurangan nutrisi.

Jika hanya terjadi sesekali tentu masih bisa diabaikan, tetapi jika terjadi secara jangka panjang dan konsisten, maka kamu harus memikirkan ulang program diet yang kamu jalani.

Tanda yang baik kalau dietmu sudah sesuai adalah kamu makan kalau merasa lapar dan berhenti saat sudah kenyang. Ini disebut sebagai pola makan intuitif, yang mana kamu bisa mengerti sinyal yang diberikan tubuh saat kamu lapar dan kenyang.

Selain itu, kamu pun makan dalam porsi yang pas, yakni tidak berlebihan dan tidak terlalu sedikit.

4. Tidak membatasi aktivitas sehari-hari

6 Tanda Diet yang Kamu Jalani Sudah Sesuai dengan Dirimufreepik.com/pressfoto

Untuk menjalani aktivitas, kita perlu energi yang didapat dari makanan. Jadi, jika kamu sering merasa lemas dan tidak bersemangat, itu tandanya kamu kekurangan nutrisi. Tentu rasanya sangat tersiksa jika program diet yang seharusnya membuatmu sehat justru membuatmu tidak bisa menikmati hidup sepenuhnya, bukan?

Menurut sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Obesity (Silver Spring) tahun 2012, kombinasi antara diet yang tepat dan aktivitas fisik mampu meningkatkan performa penurunan berat badan. Jadi, bila kamu kekurangan nutrisi saat diet, itu akan bikin kamu sulit beraktivitas dengan optimal, dan program diet pun terancam gagal.

5. Bisa tidur cukup dan nyenyak

6 Tanda Diet yang Kamu Jalani Sudah Sesuai dengan Dirimupexels.com/Andrea Piacquadio

Salah satu tanda bahwa diet yang kamu jalani tidak tepat adalah bahwa kamu tidak bisa tidur dengan nyenyak. Hal ini disebabkan ada berbagai macam senyawa dalam makanan yang memberikan efek baik pada kenyamanan kita saat tidur. 

Menurut sebuah laporan dalam jurnal Pysiological Reviews tahun 2013, asupan nutrisi yang baik dan sehat membantu tubuh untuk menyerap nutrisi yang baik, sehingga memicu otak untuk menghasilkan senyawa kimia yang membantu tidur lebih nyenyak.

Jika kamu makan secara teratur, kamu juga membantu tubuh menemukan ritme sirkadian (jam biologis) secara alami, termasuk waktu tidur yang teratur.

6. Memberikan efek positif bagi kesehatan 

6 Tanda Diet yang Kamu Jalani Sudah Sesuai dengan DirimuPexels/ Andre Furtado

Poin ini tentunya adalah poin terpenting, yaitu kamu bisa merasakan secara langsung efek positif dari diet yang dijalani. Misalnya, kamu jadi merasa lebih bertenaga, kadar gula darah menurun, dan efek positif lainnya.

Menurut sebuah studi dalam jurnal Medicine tahun 2020, disebutkan bahwa pola diet yang sehat memiliki peran sangat penting dalam memperoleh hidup yang sehat. Efek ini bertambah jika dibarengi dengan aktivitas fisik yang seimbang.

Bila enam tanda di atas sudah kamu rasakan, itu artinya kamu sudah berada di jalur yang benar dalam diet dan tinggal usaha untuk disiplin dan konsisten dalam menerapkannya. Bila belum, belum terlambat untuk mengubah strategi diet supaya bisa mendapat manfaat optimal dari dietmu.

Baca Juga: 10 Trik Diet yang Terlihat 'Menjanjikan' tapi Sebenarnya Berbahaya!

Deny Hung Photo Verified Writer Deny Hung

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Nurulia R. Fitri

Berita Terkini Lainnya