Comscore Tracker

7 Manfaat Positif dari Maraton, Gak Sekadar Lari Jauh

Bermanfaat untuk kesehatan dan jiwamu, lho

Saat ini lari maraton menjadi salah satu kegiatan populer, hal ini terbukti dari banyaknya acara lari maraton yang diadakan. Kenapa kegiatan ini bisa populer? Jawabannya jelas karena banyak manfaat yang diperoleh dari berlari maraton apalagi jika dilakukan secara. 

Pada artikel kali ini, IDN Times akan membagikan 7 manfaat lari maraton yang akan kamu dapatkan, tidak hanya untuk kesehatan tetapi juga perkembangan mental dan jiwamu. Apa sajakah itu? Let's check it out!

1. Meningkatkan kesehatan seluruh tubuh

7 Manfaat Positif dari Maraton, Gak Sekadar Lari Jauhwestchestermagazine.com

Berlari maraton dapat meningkatkan berbagai fungsi tubuh. Jantung kamu akan menjadi lebih kuat karena kapasitas aerobik oksigen akan meningkat yang secara otomatis meningkatkan fungsi jantung juga. Tekanan darah dan kadar kolesterol milikmu juga dapat terjaga.

Kekuatan sistem imun dan otot juga meningkat, karena berlari maraton memaksa tubuh melewati batasannya sehingga otot beradaptasi dengan menyimpan glikogen, membesar, dan membangun tenaga baru di otot.

2. Tidur lebih nyenyak

7 Manfaat Positif dari Maraton, Gak Sekadar Lari Jauheastmanhouse.co.th

Berlari maraton tentu sangat melelahkan, hal ini akan membuatmu tidur lebih nyenyak karena tubuh membutuhkannya agar dapat memperbaiki sel-sel tubuh yang mengalami kerusakan. Hal ini tentu sangat penting terutama untuk kamu yang sering mengalami insomnia.

3. Bentuk tubuh yang lebih baik

7 Manfaat Positif dari Maraton, Gak Sekadar Lari Jauhrunningwarehouse.com

Olahraga tidak hanya bertujuan untuk menjadi lebih sehat, tetapi juga untuk mencapai bentuk tubuh yang ideal. Berlari maraton membantumu membakar kalori dalam tubuh dalam jumlah banyak sehingga kamu pun bisa mendapatkan bentuk tubuh idealmu dengan cepat.

Baca Juga: 5 Rute Maraton Unik di Dunia yang Jadi Favorit Para Pelari

4. Menghilangkan stres

7 Manfaat Positif dari Maraton, Gak Sekadar Lari Jauhlivehappy.com

Berlari maraton secara rutin dapat membantumu menghilangkan stres di kehidupan sehari-hari dan merasa lebih bahagia. Ini adalah salah satu alasan yang membuat banyak orang menjadi sangat rajin untuk berlari maraton.

Berdasarkan studi dari Brigham Young University, berlari mampu membantu otak untuk terhindar dari dampak negatif stres terutama dampak terhadap ingatan dan kemampuan berpikir. Penelitian ini menunjukkan bahwa salah satu metode mencegah kepikunan adalah dengan rutin berlari.

5. Melatih mentalmu

7 Manfaat Positif dari Maraton, Gak Sekadar Lari Jauhmnn.com

Berlari maraton tidak semudah yang terlihat, kamu membutuhkan motivasi kuat untuk mencapai garis finish. Oleh karena itu, latihan yang kamu jalani pun juga harus sesuai agar bisa mencapai finish dan terus berusaha memotivasi dirimu sendiri.

Dengan semakin banyaknya kamu berlatih, mental kamu pun akan semakin kuat sehingga menjadi lebih percaya diri dan bisa memotivasi diri ketika berusaha mencapai tujuan. Seperti kata pepatah:

"Orang yang memulai maraton bukan lagi orang yang sama ketika berhasil menyelesaikan maraton"

6. Menginspirasi orang di sekitarmu

7 Manfaat Positif dari Maraton, Gak Sekadar Lari Jauhkeepitsimpelle.com

Orang yang berdedikasi terhadap sesuatu memiliki nilai tersendiri di mata orang lain. Hal ini akan membuatmu menjadi inspirasi bagi teman ataupun keluarga untuk ikut menjalankan gaya hidup yang sehat. Apabila usahamu berlari diakui dan dihargai oleh banyak orang, tentu berlari jadi terasa lebih menyenangkan bukan?

7. Perasaan bangga

7 Manfaat Positif dari Maraton, Gak Sekadar Lari Jauhrunningmagazine.ca

Banyak orang yang bertekad untuk berlari secara rutin tetapi hanya sedikit yang betul-betul mewujudkannya. Dengan berlari secara rutin akan membuatmu merasa telah mewujudkan sesuatu yang tidak dilakukan oleh orang lain. 

Meskipun ketika berlari maraton kamu akan sangat lelah dan mengalami banyak rintangan, semuanya akan menjadi tidak sia-sia setelah kamu melewati garis finis. Kamu akan merasa bangga pada dirimu sendiri dan percaya diri untuk menghadapi berbagai tantangan hidup yang ada.

Nah, jadi itulah 7 manfaat positif yang bisa kamu dapatkan dengan berlari maraton. Lari maraton adalah kegiatan positif jadi jangan ragu-ragu untuk memulainya.

Semoga artikel ini dapat memotivasimu untuk memulai dan terus berlari maraton. Terima kasih sudah membaca artikel ini dan sampai jumpa lagi!

Baca Juga: Liburan Akhir Tahun, Yuk Maraton Nonton 9 KDrama Seru Ini!

Deny Hung Photo Verified Writer Deny Hung

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya