Comscore Tracker

7 Essential Oil yang Bisa Menstimulasi Kreativitas

Pekerja kreatif wajib cobain, nih

Essential oil atau minyak esensial adalah minyak beraroma wangi yang didapat dari ekstrak bunga, buah, kulit kayu, daun, biji, akar, dan bagian lainnya dari tanaman. Minyak esensial biasa digunakan untuk aromaterapi maupun pengobatan. 

Setiap essential oil memiliki kandungan dan efek yang berbeda. Belum banyak yang tahu, ternyata essential oil bisa membantu meningkatkan ide-ide kreatif, lho.

Kalau kamu pekerja yang melakukan aktivitas kreatif atau sedang stuck dengan ide, kamu bisa coba menghirup essential oil ini. Yuk, simak tujuh rekomendasi essensial oil untuk meningkatkan kreativitas! 

1. Frankincense

7 Essential Oil yang Bisa Menstimulasi Kreativitasilustrasi frankincense (pexels.com/volant)

Frankincense atau kemenyan Arab ini sangat terkenal untuk meningkatkan kreativitas serta menyembuhkan orang dengan cedera otak. Frankincense memiliki aroma yang lembut dan spicy. Frankincense kaya akan sesquiterpen, yaitu senyawa yang mampu mengantar oksigen ke otak dan meyembuhkan sel-sel otak. 

Aromanya seperti menghirup udara segar serta dapat menenangkan pikiran. Ketika pikiranmu jernih, tentunya ide-ide kreatif akan dengan mudah mengalir. 

2. Peppermint

7 Essential Oil yang Bisa Menstimulasi Kreativitasilustrasi peppermint (unsplash.com/alexanderschimmeck)

Minyak peppermint memiliki aroma yang sangat menyegarkan. Minyak ini mampu menyembuhkan sakit kepala hingga meningkatkan konsentrasi. Ketika kamu terjebak dalam rutinitas, biasanya kamu akan mudah terdistraksi. 
Minyak peppermint juga bisa membuat pikiran terbangun, ketika kamu merasa lambat atau tidak termotivasi. Peppermint sangat bagus untuk meningkatkan antusias serta fokus terhadap inspirasi atau ide.

3. Jasmine

7 Essential Oil yang Bisa Menstimulasi Kreativitasilustrasi melati (unsplash.com/dagmaradombrovska)

Essential oil beraroma jasmine atau melati ini mampu memberikan rasa bahagia saat dihirup. Sulit untuk menemukan inspirasi ketika kamu merasa down atau sedih. Nah, minyak melati bisa membantu melepaskan emosi negatif dan menggantinya dengan rasa senang serta percaya diri.

Efek positif ini meningkatkan produktivitas pada pekerjaan kreatif. Selain itu, minyak melati juga dapat mengurangi tekanan dan menambah optimisme. 

4. Citrus

7 Essential Oil yang Bisa Menstimulasi Kreativitasilustrasi jeruk citrus (unsplash.com/jeremybezanger)

Aroma citrus yang cerah memang paling ampuh untuk meningkatkan mood bahagia serta motivasi. Aroma citrus seperti jeruk, lemon, jeruk nipis, bisa kamu coba ketika kamu merasa sedang tidak bersemangat.

Aroma jeruk mampu menciptakan rasa gembira layaknya perasaan saat bermain sewaktu kecil. Minyak ini mampu menstimulasi bagian otak yang imajinatif, serta membantu memunculkan ide-ide baru saat berkarya.

Baca Juga: 5 Essential Oil untuk Menemani Work From Home, Kerja Makin Nyaman!

5. Lavender

7 Essential Oil yang Bisa Menstimulasi Kreativitasilustrasi lavender (unsplash.com/baraajahalej)

Banyak orang yang mengaitkan aroma lavender dengan tidur atau relaksasi. Aroma lavender memang mampu membantu mengurangi rasa cemas dan khawatir.
Aroma lavender bisa digunakan untuk pekerja kreatif, terutama ketika mereka mulai merasa stress.

Minyak ini dapat memberikan rasa lega dengan cepat sehingga kamu mampu menangani pekerjaan dengan lebih baik. Aroma bunga yang lembut ini juga membantu meningkatkan kemampuan untuk berekspresi. 

6. Eucalyptus

7 Essential Oil yang Bisa Menstimulasi Kreativitasilustrasi eucalyptus (unsplash.com/josefin)

Kalau kamu mencari minyak esensial yang membuatmu lebih 'melek', cobalah aroma Eucalyptus. Minyak beraroma segar ini mampu membantu meningkatkan kesadaran, semangat, serta bisa mendatangkan inspirasi. 

Menghirup aroma eucalyptus bisa membantumu lebih bersemangat dan tidak menunda-nunda dalam menciptakan karya. 

7. Bergamot

7 Essential Oil yang Bisa Menstimulasi Kreativitasilustrasi bergamot (pixabay.com/41330)

Baca Juga: 10 Rekomendasi Brand Essential Oils yang Terjangkau, Aman dan Alami

Minyak aroma bergamot ini bisa membantu menghalau pikiran yang menggangu serta memahami faktor mana yang menghambat karya kreatifmu. Bergamot memiliki aroma 'indah' yang dapat meningkatkan keseimbangan pikiran sekaligus mengurangi stress.
Minyak bergamot membantu kamu tetap fokus pada karya dan memblokir pikiran-pikiran negatif.

Nah, itu dia aroma minyak esensial yang bisa meningkatkan kreativitas. Kamu bisa oleskan langsung ke bagian tubuh, meneteskan ke diffuser, atau menuangkannya ke reed diffuser agar wanginya menyebar di dalam ruangan. Jangan lupa save artikel ini, kalau bermanfaat!

Dina Erika Photo Verified Writer Dina Erika

Say hi to me @dinerika__

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Hella Pristiwa

Berita Terkini Lainnya