Comscore Tracker

7 Makanan Ringan yang Bikin Kenyang Tahan Lama, Pas untuk Sahur

Segera isi dapurmu dengan makanan ringan ini

Selama bulan Ramadan, kita memiliki waktu makan yang lebih singkat daripada biasanya. Jadi, banyak orang yang kemudian makan lebih banyak pada saat sahur maupun berbuka puasa. Alasannya, agar mendapatkan cukup energi untuk menjalani puasa maupun ibadah lain, seperti tarawih dan tadarus.

Padahal, dilansir Eating Well, makan terlalu banyak memiliki berbagai efek negatif, seperti refluks asam, merasa lesu, perut terasa tidak nyaman, dan lonjakan gula darah. Sebagai solusinya, alih-alih makan berlebihan, lebih baik kamu selalu siap sedia makanan ringan yang sehat dan mengenyangkan. Jenis makanan ini menawarkan nutrisi yang baik bagi tubuh, membuat kamu kenyang lebih lama, tetap berenergi, sehingga mencegah makan berlebihan.

Lalu, apa saja, nih, makanan ringan yang bikin kenyang tahan lama? Pas dimakan saat sahur selama puasa Ramadan, berikut ini daftarnya yang telah dirangkum dari laman Eat This Not That dan Healthline.

1. Roti panggang alpukat

7 Makanan Ringan yang Bikin Kenyang Tahan Lama, Pas untuk Sahurilustrasi roti panggang alpukat (pixabay.com/Einladung_zum_Essen)

Roti panggang alpukat adalah makanan ringan yang sangat cocok disantap saat sahur. Ini karena hidangan ini dikemas dengan lemak, serat, dan protein yang sehat, sehingga menjadi camilan yang mengenyangkan. Ditambah, alpukat juga mengandung lemak tak jenuh tunggal, yang salah satu manfaatnya adalah mencegah pembentukan lemak di sekitar perut.

Begini cara membuat roti panggang alpukat:

  1. Siapkan roti gandum atau roti dari biji-bijian utuh lainnya, alpukat tumbuk, minyak zaitun, dan cabai kering. Kamu juga bisa menambahkan bahan lain, seperti telur atau rempah lain.
  2. Oleskan beberapa sendok alpukat tumbuk di atas roti, lalu beri taburan cabai dan sedikit minyak zaitun.
  3. Panggang hingga kecokelatan atau roti menjadi agak renyah.
  4. Roti panggang alpukat siap dinikmati.

2. Popcorn keju

7 Makanan Ringan yang Bikin Kenyang Tahan Lama, Pas untuk Sahurilustrasi popcorn (pexels.com/ Pixabay)

Popcorn adalah makanan ringan dari biji utuh yang sangat tinggi serat dan rendah kalori. Ini membuat popcorn jadi makanan ringan yang mengenyangkan tanpa memicu penambahan berat badan yang berlebihan.

Sayangnya, popcorn yang dijual di luar kebanyakan telah ditambah dengan mentega, gula, dan garam dalam jumlah yang banyak, sehingga meningkatkan jumlah kalori secara signifikan dan membuat popcorn ini menjadi tidak sehat. Jadi, sebaiknya kamu membuat popcorn sendiri. 

Membuat popcorn sendiri adalah hal yang mudah. Bahkan, kamu bisa menambahkan bumbu yang akan meningkatkan cita rasa popcorn tanpa menyingkirkan manfaatnya: 

  1. Mula-mula siapkan kantong kertas untuk membungkus makanan, 2 sendok makan jagung kering, setengah cangkir parutan keju parmesan, dan sedikit rosemary.
  2. Masukkan biji jagung ke dalam kertas, dan lipat bagian atasnya sebanyak 2 atau 3 kali.
  3. Masukkan ke dalam microwave dan panaskan, tunggu sampai frekuensi letupan berkurang atau hampir tidak ada letupan.
  4. Angkat popcorn selagi masih panas, masukkan parutan keju parmesan dan rosemary. Aduk rata dan popcorn siap disantap.

3. Pisang dan selai kacang

7 Makanan Ringan yang Bikin Kenyang Tahan Lama, Pas untuk Sahurilustrasi roti selai kacang dan pisang (unsplash.com/Shashi Chaturvedula)

Pisang kaya akan serat dan air sehingga bisa membantu kamu kenyang lebih lama dan terhindar dari dehidrasi. Bonusnya, buah berwarna kuning ini merupakan sumber beberapa vitamin dan mineral yang baik, utamanya kalium, vitamin B6, dan vitamin C. 

Sementara itu, selai kacang juga merupakan makanan ringan yang mengenyangkan karena tinggi akan serat, lemak sehat, dan protein nabati. Selain mengenyangkan, mengonsumsi kacang juga baik untuk kesehatan jantung.

Nah, kombinasi dari kedua bahan ini bisa menjadi camilan yang cocok disantap saat sahur maupun berbuka, karena dapat membuat kamu kenyang lebih lama dan mengembalikan energi dengan cepat. Caranya, cukup potong-potong pisang dan makan bersama dengan selai kacang.

Baca Juga: Atasi Anxiety, 5 Makanan Ini Terbukti Ampuh Redakan Cemas 

4. Oatmeal

7 Makanan Ringan yang Bikin Kenyang Tahan Lama, Pas untuk Sahurilustrasi oatmeal (pixabay.com/annafood)

Oatmeal adalah pilihan sarapan sehat yang populer di berbagai negara dan bisa menjadi hidangan yang sangat cocok untuk sahur dan berbuka. Alasannya, oatmeal memiliki kalori yang cukup rendah dan merupakan sumber serat yang baik, utamanya serat larut yang disebut beta glukan. Ini juga merupakan hidangan yang sangat mengenyangkan.

Kemampuan mengenyangkan oatmeal ini berkat kandungan seratnya yang tinggi dan serta mampu menyerap air. Kandungan beta glukan di dalamnya juga bisa membantu melepaskan hormon kenyang dan menunda pengosongan perut.

Untuk menambah cita rasa, kamu bisa menambahkan oatmeal dengan buah-buahan segar maupun kering, kacang-kacangan, madu, atau parutan kelapa.

5. Kurma isi selai kacang

7 Makanan Ringan yang Bikin Kenyang Tahan Lama, Pas untuk Sahurilustrasi kurma isi selai kacang (eatthis.com)

Kurma adalah salah satu buah yang banyak dicari selama bulan Ramadan. Ternyata, buah yang dikenal akan rasanya yang manis ini juga dikemas dengan berbagai nutrisi penting, seperti serat, protein, kalium, magnesium, tembaga, mangan, besi, dan vitamin B6, sehingga sangat baik untuk kesehatan. Selain itu, kandungan serat dan proteinnya membuat kurma memiliki efek mengenyangkan yang tahan lama.

Kombinasi kurma dan selai kacang bisa menjadi makanan ringan yang bikin kenyang tahan lama. Cara membuatnya:

  1. Siapkan beberapa butir kurma dan selai kacang.
  2. Belah kurma dan buang bijinya.
  3. Oleskan selai kacang ke tengah kurma dan santap.

Praktis, kan?

6. Smoothie bayam, beri, dan almon

7 Makanan Ringan yang Bikin Kenyang Tahan Lama, Pas untuk Sahurilustrasi smoothie bayam (unsplash.com/Monika Grabkowska)

Telat bangun dan tidak punya banyak waktu untuk menyiapkan hidangan sahur? Jangan panik! Kamu masih bisa membuat hidangan super praktis untuk sahur namun sangat bergizi dan mengenyangkan.

Yang kamu perlukan hanyalah segenggam daun bayam, beberapa butir buah beri, segelas susu almon, dan 2 sendok makan susu bubuk. Blender semuanya sampai lembut dan segera minum. Kandungan serat dari bayam dan buah beri, serta protein dan lemak sehat dari susu almon dan susu bubuk akan membuat kamu berenergi dan kenyang sepanjang hari.

7. Cokelat hitam dengan selai kacang

7 Makanan Ringan yang Bikin Kenyang Tahan Lama, Pas untuk Sahurilustrasi cokelat dan selai kacang (eatthis.com)

Dalam bentuk yang murni, selai kacang dan cokelat hitam adalah superfood yang kaya akan nutrisi dan mengenyangkan. Sebaiknya, pilih cokelat dengan kandungan kakao di atas 80 persen dan selai kacang murni tanpa tambahan gula.

Kamu hanya perlu memotong-motong cokelat batangan menjadi kotak-kotak kecil, lalu cocol dengan selai kacang sebelum dimakan. Kombinasi rasa pahit, manis, dan gurihnya dijamin bikin kamu puas dan tidak ngidam makan makanan yang lain lagi.

Tunggu apa lagi, segera isi dapur dengan rekomendasi makanan ringan ini. Dengan begitu, kamu akan kenyang tahan lama dan tetap produktif dalam beraktivitas meskipun sedang menjalani ibadah puasa.

Baca Juga: 9 Pola Makan Minim Jejak Karbon, Jangan Buang Makanan!

Topic:

  • Nurulia

Berita Terkini Lainnya