Comscore Tracker

7 Manfaat Masker Pepaya untuk Kulit, Bikin Glowing Maksimal

Mengatasi jerawat hingga bantu bikin awet muda

Pepaya adalah buah tropis yang bisa ditemukan sepanjang tahun dan menjadi salah satu buah favorit banyak orang. Selain rasanya yang manis, buah berwarna oranye ini juga dikemas dengan berbagai mineral dan vitamin yang membantu menjaga fungsi tubuh dengan sempurna.

Selain dimakan, ternyata mengoleskan pepaya ke kulit juga bisa memberikan manfaat untuk kesehatan kulit. Apa saja manfaatnya? Kali ini, kita akan membahas lebih dalam apa saja manfaat masker pepaya untuk kulit.

1. Mengatasi jerawat

7 Manfaat Masker Pepaya untuk Kulit, Bikin Glowing Maksimalilustrasi jerawat (pixabay.com/kjerstin_michaela)

Pepaya mengandung enzim papain dan chymopapain yang dapat membantu mengurangi peradangan. Papain sendiri banyak ditemukan pada produk perawatan kulit yang ditunjukkan untuk pengelupasan. Kedua enzim ini membantu mengurangi jerawat dengan mengangkat sel kulit mati yang dapat menyumbat pori-pori.

Papain juga dapat mengangkat keratin yang rusak yang dapat menumpuk di kulit dan membentuk benjolan kecil. Sebuah studi yang dimuat dalam jurnal Biomedicine & Pharmacotherapy tahun 2017 menyebut bahwa papain adalah pengobatan yang layak untuk jaringan parut.

Selain itu, pepaya juga kaya akan vitamin A. Vitamin A dan turunannya banyak ditemukan dalam produk perawatan kulit yang ditujukan untuk mengobati dan mencegah lesi peradangan jerawat.

2. Mengobati melasma

7 Manfaat Masker Pepaya untuk Kulit, Bikin Glowing Maksimalilustrasi melasma (pixabay.com/TaisaBarcelos)

Pepaya ialah obat rumahan yang populer untuk melasma. Dijelaskan laman Healthline, kendati belum didukung oleh penelitian klinis, tetapi enzim, beta-karoten, vitamin, dan fitokimia dalam pepaya memiliki sifat pencerah kulit.

Semua kandungan tersebut dikombinasikan dengan tindakan papain dalam melarutkan protein tidak aktif dapat mencerahkan dan melembutkan kulit. Selain mengaplikasikan pepaya secara langsung, kamu juga bisa menggunakan minyak biji pepaya untuk mengurangi tampilan bintik-bintik gelap.

3. Mengurangi minyak

7 Manfaat Masker Pepaya untuk Kulit, Bikin Glowing Maksimalilustrasi kulit berminyak (pexels.com/John Diez)

Campuran jeruk dan papaya adalah kombinasi yang powerful untuk mengatasi kulit berminyak. Sebab, keduanya mengandung vitamin C yang jika dioleskan pada wajah dipercaya bekerja secara alami untuk mengurangi minyak berlebih. Nutrisi ini juga membantu melawan peradangan, menurut studi dalam Indian Dermatology Online Journal tahun 2013.

Cara penggunanya:

  • Potong pepaya matang menjadi beberapa bagian.
  • Peras jeruk dan campur jusnya dengan potongan pepaya. Haluskan pepaya dan aduk rata dengan jus jeruk.
  • Oleskan masker ke wajah dan diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air.
  • Ulangi dua kali seminggu.

Baca Juga: 5 Efek Samping Makan Pepaya Terlalu Banyak, Bisa Bikin Sakit Perut!

4. Membersihkan kulit secara mendalam

7 Manfaat Masker Pepaya untuk Kulit, Bikin Glowing Maksimalilustrasi mencuci wajah (freepik.com/wayhomestudio)

Kulit yang bersih sempurna adalah kunci untuk mendapatkan kulit yang sehat dan glowing. Sebab, hanya dengan kulit yang bersihlah skincare akan meresap sempurna ke dalam kulit dan bekerja secara maksimal.

Dilansir laman Be Bodywise, pepaya dikemas dengan banyak enzim bermanfaat dan antioksidan nabati yang menghilangkan semua sel, jaringan, dan kotoran yang mati dan rusak dari permukaan kulit. Ini juga membersihkan pori-pori dengan menembus lapisan dalam kulit untuk menghilangkan debu, kotoran, dan kelebihan minyak atau sebum secara menyeluruh. Sebagai hasilnya, kulit akan tampak lebih cerah dan halus.

5. Mengatasi kulit kering

7 Manfaat Masker Pepaya untuk Kulit, Bikin Glowing Maksimalilustrasi kulit kering (pexels.com/Sam Lion)

Masker pepaya yang dicampur dengan susu murni dan madu adalah kombinasi yang luar biasa untuk mengatasi kulit kering. Caranya, campurkan pepaya matang yang dihaluskan dengan madu dan susu untuk membentuk pasta halus. Lalu, oleskan pasta secara merata di wajah dan biarkan selama 10-15 menit.

Studi yang dimuat dalam Journal of Cosmetic Dermatology tahun 2013 menunjukkan bahwa madu memiliki sifat menghidrasi, antimikroba, dan terapeutik. Sementara itu, susu mengandung asam laktat yang bermanfaat untuk regenerasi kulit. Semua sifat ini dapat mendorong kulit menjadi kenyal dan halus.

6. Mengencangkan kulit

7 Manfaat Masker Pepaya untuk Kulit, Bikin Glowing Maksimalilustrasi masker pepaya untuk kulit (pexels.com/Anna Shvets)

Mengoleskan pepaya ke kulit mampu meningkatkan produksi kolagen. Jika dipasangkan dengan putih telur yang memiliki efek mengencangkan kulit dan menutup pori-pori, ini akan membuat kulit menjadi lembut, kencang, dan bercahaya. Demikian menurut penjelasan laman Be Bodywise.

Untuk membuat masker pepaya dan putih telur, kamu memerlukan satu putih telur dan setengah cangkir pepaya matang yang dihaluskan. Aduk hingga campuran mulai berbusa dan aplikasikan ke wajah. Bilas setelah 15 menit.

7. Pencegahan ketombe

7 Manfaat Masker Pepaya untuk Kulit, Bikin Glowing Maksimalilustrasi kulit kepala berketombe (freepik.com/freepik)

Kulit kepala yang berketombe adalah masalah yang dialami banyak orang. Salah satu penyebab utama ketombe adalah jamur, yang dikenal sebagai malassezia.

Sebuah studi tahun 2011 yang dimuat dalam Indian Journal of Pharmaceutical Sciences menunjukkan bahwa biji pepaya memiliki sifat antijamur yang membantu mengendalikan dan mencegah ketombe. Untuk mendapatkan manfaat ini, kamu bisa menghaluskan pepaya beserta bijinya dan gunakan sebagai masker kepala sebelum keramas.

Terbukti, selain dimakan, menggunakan pepaya sebagai masker bisa memberikan banyak manfaat untuk kulit. Namun, penting diketahui bahwa pepaya mengandung papain dan lateks yang dapat bertindak sebagai alergen yang kuat. Jadi, ada baiknya kamu melakukan tes alergi terlebih dahulu.

Jika setelah mengoleskan pepaya ke kulit kamu mengalami reaksi alergi, seperti kulit gatal, kemerahan, iritasi, atau kasar, artinya masker pepaya mungkin tidak cocok untukmu.

Baca Juga: Selain Kulit Wajah, 5 Kulit Bagian Ini Juga Penting Dirawat

Topic:

  • Nurulia

Berita Terkini Lainnya