Comscore Tracker

Ini 5 Alasan Lemak di Perut Sulit Hilang, meskipun Sudah Diet

Stres dan menu makanan berpengaruh, lho #IDNTimesHealth

Salah satu perbedaan yang paling terlihat pada tubuh orang adalah distribusi lemak. Ada orang yang lemaknya cenderung menumpuk di paha, ada yang di lengan, dan ada pula yang di perut.

Sayangnya, telah terbukti secara ilmiah bahwa lemak di sekitar perut sering kali lebih sulit dihilangkannya daripada lemak di area lain. Ingin tahu kenapa lemak di perut sulit dihilangkan? Simak ulasannya, Yuk!

1. Sering stres

Ini 5 Alasan Lemak di Perut Sulit Hilang, meskipun Sudah Dietilustrasi perempuan merasa stres (pexels.com/Karolina Grabowska)

Apa pun masalahnya, terlalu banyak stres dapat membuat kamu lebih sulit menurunkan berat badan, terutama yang ada di perut. Saat stres, orang cenderung memilih makanan yang kurang sehat, seperti tinggi lemak jenuh dan kalori yang berdampak buruk bagi berat badan.

Ditambah lagi, meskipun kamu makan makanan sehat, stres tetap memberikan dampak buruk bagi lemak perut karena pelepasan hormon kortisol saat stres.

Kortisol adalah hormon yang dapat meningkatkan jumlah lemak yang menempel di tubuh dan memperbesar ukuran sel-sel lemak. Tingkat kortisol yang lebih tinggi telah dikaitkan dengan lebih banyak lemak visceral, yaitu lemak yang berada di perut dan organ sekitar perut.

2. Ketidakseimbangan hormon

Ini 5 Alasan Lemak di Perut Sulit Hilang, meskipun Sudah Dietilustrasi perempuan merasa bad mood (pexels.com/Liza Summer)

Di dalam tubuh terdapat berbagai macam hormon yang masing-masing memiliki fungsi tersendiri. Jika komposisi hormon ini tidak seimbang, maka dapat menyebabkan berbagai masalah pada tubuh, salah satunya kelebihan lemak di perut.

Pada perempuan, bertambahnya usia menyebabkan mereka lebih kesulitan menghilangkan lemak perut dibanding laki-laki karena faktor penurunan hormon estrogen. Selain itu, umumnya kelenjar adrenal juga mulai tidak berfungsi dengan baik sehingga menghasilkan tingkat kortisol yang lebih tinggi yang dapat menyebabkan penumpukan lemak di bagian tengah tubuh.

Baca Juga: 10 Olahraga yang Bikin Cepat Langsing, Lemak-lemak Langsung Hilang

3. Kekurangan leptin

Ini 5 Alasan Lemak di Perut Sulit Hilang, meskipun Sudah Dietilustrasi perempuan sedang makan (pexels.com/Vicenzo Giove)

Leptin adalah hormon yang memberi sinyal ke otak bahwa kamu sudah merasa kenyang. Sayangnya, produksi hormon ini menurun seiring bertambahnya usia pada perempuan. 

Karena alasan ini, banyak perempuan merasa lebih lapar saat mereka semakin tua. Semakin banyak makan, maka ada lebih banyak kalori yang masuk daripada yang dibakar. Hal ini tentu saja berkontribusi pada bertambahnya lemak, termasuk di daerah perut. 

4. Memiliki kondisi medis tertentu

Ini 5 Alasan Lemak di Perut Sulit Hilang, meskipun Sudah Dietilustrasi dokter dan pasien (pexels.com/SHVETS production)

Beberapa kondisi medis juga dapat memengaruhi penumpukan lemak di sekitar perut. Misalnya, sindrom cushing, penyakit hati, serta penggunaan beberapa obat. Kondisi medis tersebut dapat mempengaruhi banyak hal pada tubuh.

Salah satunya sindrom metabolik. Hal ini bisa menyebabkan kelebihan berat badan dan meningkatkan ukuran lingkar pinggang. Seringkali, orang dengan diabetes tipe 2 atau yang umumnya kelebihan berat badan akan membawa beban ekstra di sekitar perut.

5. Makan terlalu banyak gula, karbohidrat olahan, dan garam

Ini 5 Alasan Lemak di Perut Sulit Hilang, meskipun Sudah Dietilustrasi burger (pixabay.com/Free-Photos)

Meskipun setiap hari kamu berolahraga atau mengontrol asupan kalori, tetapi jika kalori yang kamu dapatkan berasal dari junk food, itu bisa membuat berat badan dan lemak perut secara keseluruhan lebih sulit untuk diubah. Ini terjadi lantaran tidak semua kalori sama.

Makanan tinggi gula, karbohidrat olahan, dan alkohol dapat menyebabkan penumpukan lemak di hati dan penambahan berat badan di sekitar bagian tengah tubuh. Keinginan makan makanan tinggi lemak dan gula juga bisa diakibatkan oleh tingginya kadar kortisol dalam tubuh.

Jika selama ini kamu merasa kesulitan menghilangkan lemak di sekitar perut, cek lagi apakah kamu masih memiliki semua faktor ini. Kalau iya, yang perlu kamu lakukan adalah memperbaiki semua faktor yang bisa kamu perbaiki, seperti gaya hidup.

Baca Juga: 5 Cara Mudah Menghilangkan Lemak di Leher, Jadi Lebih Jenjang!

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya