Comscore Tracker

6 Cara Menyenangkan untuk Membakar Kalori, Berat Badan Dijamin Turun

Bahkan tanpa berkeringat

Membakar lebih banyak kalori merupakan cara yang dapat membantu menurunkan dan mempertahankan berat badan yang sehat. Berolahraga dan makan makanan yang tepat adalah dua cara untuk membakar banyak kalori.

Tetapi selain itu, kamu juga dapat meningkatkan jumlah kalori yang dibakar dengan cara yang tidak biasa dan menyenangkan, bahkan tanpa mengeluarkan keringat. Berikut enam cara yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan pembakaran kalori.

1. Paparan suhu dingin

6 Cara Menyenangkan untuk Membakar Kalori, Berat Badan Dijamin Turununsplash.com/Spencer Backman

Paparan suhu dingin dapat membantu meningkatkan laju metabolisme dengan merangsang aktivitas lemak cokelat di tubuh, menurut penelitian dalam jurnal Biochimie. Simpanan lemak sebagian besar terdiri dari lemak putih, serta sedikit lemak coklat yang keduanya memiliki fungsi yang berbeda.

Fungsi utama lemak putih adalah sebagai penyimpanan energi, yang jika jumlahnya terlalu banyak akan dapat meningkatkan peradangan dan resistensi insulin. Sedangkan fungsi utama lemak coklat adalah menjaga panas tubuh saat terpapar suhu dingin. 

Berdasarkan penelitian pada hewan yang telah diterbitkan dalam Diabetes & Metabolism Journal, paparan dingin kronis diyakini menyebabkan pencoklatan lemak putih. Pada manusia sendiri, paparan suhu dingin dapat secara signifikan meningkatkan pembakaran kalori, tergantung pada jumlah lemak coklat aktif di tubuh.

2. Minum air dingin

6 Cara Menyenangkan untuk Membakar Kalori, Berat Badan Dijamin Turununsplash.com/Nicole Wilcox

Selain menjaga tubuh tetap terhidrasi, air juga mampu meningkatkan metabolisme sementara pada orang dewasa dan anak-anak dengan berat badan normal maupun kelebihan berat badan. Bahkan menurut laman Healthline, beberapa penelitian menyarankan individu yang ingin memaksimalkan metabolisme dengan meminum air dingin.

Penelitian dalam Journal of Clinical Endocrinology melaporkan bahwa sekitar 40 persen dari peningkatan laju metabolisme ini adalah hasil dari pemanasan tubuh terhadap air hingga suhu tubuh. Penelitian yang sama menemukan bahwa orang dewasa yang minum 500 ml air dingin mengalami peningkatan pembakaran kalori sebesar 24 hingga 30 persen selama 90 menit. Namun, efek air pada tingkat metabolisme dapat berbeda dari orang ke orang.

3. Konsumsi lebih banyak protein

6 Cara Menyenangkan untuk Membakar Kalori, Berat Badan Dijamin Turununsplash.com/Markus Winkler

Dikutip dari laman The Healthy, protein mengharuskan tubuh bekerja sedikit lebih keras untuk mencerna makanan daripada karbohidrat dan lemak. Artinya, kamu membakar beberapa kalori ekstra dengan konsumsi makanan berprotein lebih tinggi daripada makanan yang lebih rendah protein.

Jadi, untuk meningkatkan pembakaran kalori, ubah pola makan dengan menurunkan asupan lemak dan karbohidrat sederhana serta meningkatkan asupan makanan berprotein tinggi. Beberapa makanan yang mengandung tinggi protein adalah daging, telur, kedelai, dan kacang-kacangan.

Baca Juga: 7 Manfaat Bermain Lompat Tali bagi Tubuh, Banyak Bakar Kalori!

4. Terapkan aturan 6/60

6 Cara Menyenangkan untuk Membakar Kalori, Berat Badan Dijamin Turununsplash.com/Jason Strull

Cara mudah untuk meningkatkan pembakaran kalori di siang hari adalah dengan mempraktikkan aturan 6/60. Aturan ini mengharuskan kamu berdiri atau bergerak selama enam menit setiap 60 menit setiap hari.

Aturan ini didasarkan atas penelitian yang diterbitkan dalam The Journal of Clinical Endocrinology & Metabolism, yang menunjukkan bahwa hanya enam menit berdiri atau bergerak setiap jam sudah cukup untuk mengimbangi perlambatan metabolisme yang disebabkan oleh duduk dalam waktu lama.

5. Minum teh hijau

6 Cara Menyenangkan untuk Membakar Kalori, Berat Badan Dijamin Turununsplash.com/Drew Taylor

Menyeduh secangkir teh hijau dapat membantu meningkatkan pembakaran kalori. Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Research in Medical Sciences menunjukkan bahwa konsumsi teh hijau menghasilkan penurunan berat badan, indeks massa tubuh, lingkar pinggang, dan tekanan darah sistolik.

Untuk kamu yang bukan penggemar teh, kamu tidak perlu khawatir. Kamu juga bisa mengonsumsi suplemen ekstrak teh hijau sebagai gantinya. Suplemen ini juga dapat memberikan efek penurunan berat badan sama seperti teh hijau.

6. Menonton film horror

6 Cara Menyenangkan untuk Membakar Kalori, Berat Badan Dijamin Turununsplash.com/Glenn Caaterns-Peters

Kebiasaan menonton TV selama ini dikaitkan dengan gaya hidup yang tidak aktif, bahkan memicu kelebihan berat badan. Tapi, menonton TV jenis tertentu dapat memangkas kalori ekstra. Sebuah studi yang dilakukan oleh University of Westminster menemukan bahwa menonton film yang memicu adrenalin selama 90 menit mampu membakar kurang lebih 113 kalori. Umumnya, film ini berupa film horror atau thriller. Dengan film The Shining dilaporkan membakar kalori paling banyak, diikuti oleh Jaws, dan The Exorcist. 

Dalam penelitian ini, peneliti mengatakan bahwa pelepasan adrenalin dapat menurunkan nafsu makan dan meningkatkan energi yang kita keluarkan saat istirahat, sehingga membakar lebih banyak kalori. Walaupun begitu, bukan berarti kamu boleh bermalas-malasan dan menghabiskan waktu dengan menonton film horror.

Demikian beberapa cara unik untuk meningkatkan pembakaran kalori. Meskipun keefektifan strategi penurunan berat badan ini mungkin tidak sama bagi setiap orang, namun cara ini dapat membuat perbedaan dalam jangka panjang.

Baca Juga: 5 Cara Mudah Menghitung Berat Badan Ideal, Gak Ribet Buruan Dicek!

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya