Comscore Tracker

Cegah Kebutaan, Ini 5 Kebiasaan Baik agar Mata Selalu Sehat

Biar penglihatan tetap tajam sampai tua

Seiring bertambahnya usia, risiko mengembangkan sejumlah penyakit mata, seperti menurunnya penglihatan; kebutaan; katarak; glaukoma; dan degenerasi makula terkait usia, terus meningkat. Walaupun begitu, bukan berarti hal ini tidak bisa dicegah.

Ada beberapa langkah yang dapat kamu lakukan untuk mengoptimalkan fungsi mata, melindungi penglihatan dalam jangka panjang, dan mengurangi risiko berbagai masalah penglihatan.

Di bawah ini akan dibahas kebiasaan baik yang dapat kamu terapkan untuk menjaga kesehatan penglihatan.

1. Gunakan kacamata pelindung

Cegah Kebutaan, Ini 5 Kebiasaan Baik agar Mata Selalu Sehatunsplash.com/Andrea Dibitonto

Kenakan kacamata hitam setiap kali kamu harus beraktivitas di bawah paparan sinar matahari untuk meminimalkan risiko berkembangnya masalah kesehatan mata, seperti katarak dan degenerasi makula.

Menurut laman Your Vision Matters, kamu perlu memperhatikan tanda CE atau British Standard atau UV 400 untuk memastikan kacamata yang kamu gunakan memberikan perlindungan UV yang memadai.

2. Perhatikan gizi makanan

Cegah Kebutaan, Ini 5 Kebiasaan Baik agar Mata Selalu Sehatunsplash.com/Rebecca Hansen

Kesehatan mata juga dipengaruhi oleh apa yang kamu makan. Menurut laman WebMD, nutrisi seperti asam lemak omega-3, lutein, seng, serta vitamin C dan E dapat membantu menangkal masalah penglihatan terkait usia, seperti degenerasi makula dan katarak.

Beberapa makanan yang baik untuk mempertahankan kesehatan mata adalah sayuran berdaun hijau, ikan berlemak sehat, telur, kacang-kacangan, buah sitrus, dan tiram.

Pola makan yang seimbang juga membantu kamu mempertahankan berat badan yang sehat. Hal ini menurunkan kemungkinan obesitas dan penyakit diabetes tipe 2, yang merupakan penyebab utama kebutaan pada orang dewasa.

Baca Juga: [QUIZ] Hanya Pemilik Mata Normal yang Bisa Tebak Gambar Ini!

3. Kurangi paparan cahaya

Cegah Kebutaan, Ini 5 Kebiasaan Baik agar Mata Selalu Sehatpexels.com/Maggie Zhan

Melansir Real Simple, menatap objek ultra cerah, seperti matahari atau laser pointer, dapat merusak penglihatan secara permanen. Bahkan, walaupun kamu sudah menggunakan kacamata hitam saat melihat cahaya, kamu bisa mengalami kerusakan di pusat penglihatan. 

Menatap matahari di penghujung hari tidaklah terlalu buruk jika dibandingkan dengan cahaya di siang hari, sebab sinar cahaya matahari saat sore dipantulkan. Akan tetapi, untuk amannya, kamu tetap harus membatasi waktu yang dihabiskan untuk memandang matahari terbenam.

4. Terapkan aturan 20/20/20

Cegah Kebutaan, Ini 5 Kebiasaan Baik agar Mata Selalu Sehatunsplash.com/Anastasiia Kamil

Khusus buat kamu yang setiap hari harus menatap layar komputer, smartphone, atau tablet selama berjam-jam, nih! Agar mata tidak mudah lelah, kamu perlu menerapkan aturan 20/20/20, yaitu mengambil istirahat 20 detik setiap 20 menit untuk melihat objek sejauh 20 kaki.

Cara ini berguna untuk membuat mata relaks dan berkedip. Sebab, saat melihat layar gadget, frekuensi kedipan akan sangat berkurang. Padahal, berkedip berfungsi untuk melumasi mata, dan tidak berkedip bisa membuat mata terasa kering dab mudah lelah, demikian dirangkum dari laman Cleveland Clinic.

5. Mengunjungi dokter mata secara teratur

Cegah Kebutaan, Ini 5 Kebiasaan Baik agar Mata Selalu Sehatpexels.com/Pavel Danilyuk

Tiap individu membutuhkan pemeriksaan mata secara teratur, bahkan orang yang masih berusia muda sekalipun. Hal ini membantu melindungi penglihatan dan memungkinkan kamu mempertahankan kemampuan melihat yang terbaik, dikutip dari laman WebMD.

Pemeriksaan mata juga memungkinkan deteksi dini penyakit mata, seperti glaukoma, yang tidak memiliki gejala. Penting untuk mengenali penyakit ini sejak dini, agar lebih mudah diobati.

Jadi, hanya karena saat ini kamu tidak mengalami masalah penglihatan, bukan berarti kamu bisa mengabaikan kesehatan mata. Mulailah lakukan kebiasaan-kebiasaan di atas demi menjaga mata sehat dan penglihatan optimal hingga tua nanti.

Baca Juga: [QUIZ] Seberapa Jeli Mata Kamu Menebak Gambar Ini?

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Nurulia R. Fitri

Berita Terkini Lainnya