Comscore Tracker

Baik untuk Jantung, Ini 5 Minuman Sehat yang Bantu Turunkan Kolesterol

Cocok untuk kamu yang hobi makan santan

Kadang kala, kadar kolesterol yang tinggi dalam darah tidak menimbulkan dengan gejala apa pun, tetapi bukan berarti kamu boleh mengabaikan hal ini. Sebab, peningkatan kadar kolesterol menempatkan individu pada risiko penyakit jantung yang jauh lebih tinggi. Dan penyakit jantung sendiri adalah pembunuh nomor untuk laki-laki maupun perempuan.

Karenanya, dengan menurunkan kolesterol, artinya kamu juga menurunkan risiko serangan jantung dan operasi di kemudian hari. Sebenarnya, ada banyak jenis obat penurun kolesterol yang tersedia di pasaran, tapi ada juga bahan alami yang dapat kamu tambahkan ke minumanmu untuk mengurangi kadar kolesterol jahat dalam darah.

Mari, kita kupas satu per satu minuman alami yang bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol.

1. Jus cranberry

Baik untuk Jantung, Ini 5 Minuman Sehat yang Bantu Turunkan Kolesterolunsplash.com/Brooke Lark

Dilansir dari laman WebMD, sebuah penelitian menunjukkan bahwa minum jus cranberry tanpa tambahan gula dua kali sehari dapat meningkatkan kolesterol HDL, yang merupakan kolesterol baik. Sekaligus menurunkan kolesterol jahat LDL, berkat kandungan antioksidan kuat cranberry.

Tapi, kamu perlu menghindari jus cranberry kemasan karena biasanya tinggi gula dan bahan tambahan lainnya, sehingga mungkin tidak akan memberikan manfaat bagi kesehatan. Juga, perlu kamu ketahui, jus cranberry murni bisa terasa sangat pahit. Walaupun begitu, jus cranberry murni ini tetap lebih baik untuk mendapatkan manfaat kardiovaskular.

2. Jus anggur

Baik untuk Jantung, Ini 5 Minuman Sehat yang Bantu Turunkan Kolesterolpixabay.com/fotoblend

Jus anggur merah juga dapat memberikan manfaat penurun kolesterol. Jus anggur mengandung flavonoid, yaitu jenis antioksidan kuat yang mencegah oksidasi kolesterol jahat LDL dan meningkatkan kadar kolesterol baik HDL. Jus anggur juga membantu menjaga tekanan darah tetap sehat, menurut studi dalam Journal of Nutrition.

Sebaiknya, pilih jus anggur yang berwarna gelap, seperti anggur merah dan ungu karena memiliki kadar antioksidan yang cenderung lebih tinggi daripada anggur putih atau hijau.

Baca Juga: 6 Penyebab Serangan Jantung di Usia Muda, Jangan Sampai Menyerangmu

3. Teh hijau

Baik untuk Jantung, Ini 5 Minuman Sehat yang Bantu Turunkan Kolesterolunsplash.com/Drew Taylor

Sejak dulu, teh populer karena khasiatnya untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Tapi saat ini, ilmu pengetahuan telah membuktikan bahwa teh hijau merupakan salah satu minuman penurun kolesterol terbaik.

Tidak seperti teh jenis lain, teh hijau tidak melalui pemrosesan yang ekstensif. Sehingga, teh hijau mengandung lebih banyak antioksidan, seperti katekin. Penelitian dalam American Journal of Clinical Nutrition telah menunjukkan bahwa katekin dalam teh hijau dapat menurunkan kolesterol LDL secara signifikan, juga membantu mengontrol tekanan darah.

4. Teh jahe

Baik untuk Jantung, Ini 5 Minuman Sehat yang Bantu Turunkan Kolesterolpixabay.com/congerdesign

Penelitian dalam Saudi Medical Journal telah menunjukkan bahwa jahe dapat menurunkan kadar lipid dalam darah, yang menurunkan kadar kolesterol jahat LDL sekaligus meningkatkan jumlah kolesterol baik HDL dalam darah. Jahe juga dapat meningkatkan sensitivitas insulin, sehingga sangat baik bagi penderita diabetes, karena penderita diabetes sendiri memiliki peningkatan risiko penyakit jantung dan stroke.

Kamu dapat membuat teh jahe dengan memarut sedikit jahe dan menambahkannya ke dalam segelas air panas. Tapi, jika kamu tidak terlalu menyukai rasa jahe, kamu dapat menambahkannya ke dalam smoothie buah.

5. Jus sitrus

Baik untuk Jantung, Ini 5 Minuman Sehat yang Bantu Turunkan Kolesterolpexels.com/PhotoMIX Company

Jus buah sitrus, seperti jeruk, lemon, jeruk bali, memiliki manfaat untuk membantu menurunkan kadar kolesterol. Menurut WebMD, penelitian telah membuktikan bahwa jus jeruk bali merah mengandung antioksidan yang dapat membantu jantung.

Sedangkan, menurut laman Livestrong, penelitian lain juga menunjukkan bahwa minum segelas air dengan jus lemon juga menunjukkan hasil yang baik bagi individu yang memiliki kolesterol tinggi. Walaupun tidak instan, tapi menambahkan sedikit jeruk setiap hari ke dalam minuman dapat memberikan manfaat kesehatan yang bisa kamu rasakan.

Itulah minuman sehat yang baik untuk menurunkan kadar kolesterol. Jangan lupa bagikan informasi ini pada orang-orang terdekatmu yang membutuhkan, ya!

Baca Juga: 5 Jenis Minuman yang Bisa Bikin Tidurmu Jadi Nyenyak

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya