Comscore Tracker

5 Penyebab Kaki Terasa Gatal, dari Kulit Kering hingga Parasit

Beberapa perlu perhatian khusus  

Kaki yang gatal bisa terasa sangat menyebalkan dan mengganggu. Kalau kamu sedang atau pernah mengalami kaki gatal, kamu mungkin bertanya-tanya apa yang melatarbelakangi kaki gatal yang kamu rasakan?

Nah, penyebab kaki gatal sendiri ada bermacam-macam, beberapa merupakan hal sepele yang tidak perlu dikhawatirkan, sementara rasa gatal yang ekstrem dan tidak kunjung membaik mungkin disebabkan oleh kondisi yang perlu perhatian dan perawatan khusus.

Di sini, akan dipaparkan beberapa penyebab kaki gatal yang paling umum.

1. Psoriasis

5 Penyebab Kaki Terasa Gatal, dari Kulit Kering hingga Parasitilustrasi psioriasis (pixabay.com/milesz)

Dijelaskan dalam laman Medical News Today, psoriasis ditandai dengan kulit yang merah, bersisik, dan terasa nyeri. Psoriasis dapat memengaruhi hampir semua bagian tubuh, termasuk kaki.

Psoriasis terjadi karena sistem kekebalan tubuh mulai menyerang sel-sel kulit yang sehat yang mempercepat produksi sel-sel dan menghasilkan ruam. Kondisi kulit ini dapat menyebabkan rasa gatal yang kronis dan menyakitkan.

Perawatan untuk psoriasis ada bermacam-macam, dan biasanya melibatkan penggunaan krim dan losion yang mengandung tar, asam salisilat, kortikosteroid, atau kombinasinya.

2. Eksem

5 Penyebab Kaki Terasa Gatal, dari Kulit Kering hingga Parasitilustrasi menggaruk kaki (pexels.com/Katya Wolf)

Eksem atau dermatitis atopik ditandai dengan kulit yang sangat kering dan gatal. Kondisi kulit ini dapat muncul di banyak area tubuh, salah satunya kaki.

Menurut National Institute of Allergy and Infectious Diseases, penyebab eksem tidak diketahui dengan jelas, tetapi kombinasi faktor lingkungan dan genetik mungkin terlibat.

Ketidaknyamanan akibat eksem dapat diatasi dengan merendam kaki dalam air dingin atau mengoleskan kompres dingin dan lembap ke area yang terdampak. Jika eksem cukup parah, dokter mungkin akan meresepkan krim atau obat-obatan.

Baca Juga: 8 Infeksi Kulit Akibat Bakteri Paling Umum, Jaga Kebersihan!

3. Infeksi cacing tambang  

5 Penyebab Kaki Terasa Gatal, dari Kulit Kering hingga Parasitilustrasi menggaruk kaki (pexels.com/Cats Coming)

Cacing tambang merupakan parasit yang tinggal di dalam usus manusia. Cacing tambang dapat menginfeksi seseorang saat mereka berjalan tanpa alas kaki di daerah yang terdapat larva. Infeksi cacing tambang relatif jarang terjadi di tempat-tempat dengan sanitasi yang baik.

Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), saat cacing memasuki tubuh seseorang, ia akan merasakan gatal-gatal di tempat larva berada. Ini dapat diatasi dengan obat yang menargetkan parasit.

4. Kulit kering

5 Penyebab Kaki Terasa Gatal, dari Kulit Kering hingga Parasitilustrasi kaki gatal (pexels.com/Towfiqu barbhuiya)

Kaki yang gatal kadang dipicu oleh kulit yang kering. Beberapa faktor risiko untuk kulit kering meliputi:

  • Usia
  • Tinggal di tempat dengan udara kering
  • Paparan air secara teratur
  • Berenang di air yang diberi klorin

Menurut laman Medical News Today, kaki yang gatal akibat kulit kering biasanya  dapat diobati dengan mengoleskan krim, losion, atau minyak. Namun, apabila pelembap biasa tidak bisa membantu, dokter atau apoteker dapat memberikan produk bebas yang efektif.

5. Paparan iritan 

5 Penyebab Kaki Terasa Gatal, dari Kulit Kering hingga Parasitilustrasi sabun batangan (pexels.com/Tabitha Mort)

Iritan adalah zat apa pun yang memicu reaksi tidak menyenangkan di dalam atau di luar tubuh. Iritan biasanya berupa sabun, detergen, produk pembersih, produk asam, dan sebagainya.

Namun, iritan juga bisa hadir dalam bentuk obat atau salep topikal yang digunakan untuk mengobati kondisi lain. Dikutip dari laman Healthline, obat-obatan yang diketahui menyebabkan kaki gatal termasuk opioid atau narkotika, seperti morfin sulfat, ACE inhibitor, dan statin.

Penyebab kaki gatal ada bermacam-macam. Namun, secara umum semua penyebab ini bisa dihindari dengan mempraktikkan kebiasaan perawatan kaki yang baik. Kebiasaan baik ini di antaranya tidak memakai sepatu dan kaus kaki saat kaki basah dan membersihkan kaki dengan baik saat mandi.

Baca Juga: 14 Tanda atau Gejala Diabetes pada Kulit, Cek Kulitmu Sekarang!

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

https://mycollection.shop/allaboutshopee0101

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Nurulia
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya