Comscore Tracker

5 Tips Supaya Gak Mudah Lemas Selama Puasa Saat Cuaca Panas & Terik

#RamadanMasaKini Jangan biarkan cuaca bikin kamu lemas!

Menjalani ibadah puasa di musim kemarau yang panas dan juga gerah tentunya menjadi ujian tersendiri bagi umat muslim yang berpuasa. Ditambah durasi puasa yang panjang hampir dipastikan dapat membuat orang yang berpuasa menjadi lemas dan lesu. Kendati demikian, bukan berarti kamu bisa bermalas-malasan. Sebab, perasaan lemas yang timbul saat berpuasa sebenarnya dapat diatasi dengan mudah. Mau tahu caranya? Langsung aja simak tips di bawah.

1. Seimbangkan waktu beraktivitas dan waktu istirahat

5 Tips Supaya Gak Mudah Lemas Selama Puasa Saat Cuaca Panas & TerikDreams.co.uk

Berpuasa selama lebih dari 12 jam, ditambah cuaca yang panas dan gerah pasti menjadi tantangan tersendiri buat setiap orang yang berpuasa. Rasa lapar dan dahaga jadi hal berat yang harus kamu hadapi, ditambah berbagai aktivitas yang berpotensi bikin kamu gampang lemas dan capek.

Untuk itu, kamu perlu menyeimbangkan waktu istirahat. Usahakan langsung tidur setelah menunaikan ibadah salat tarawih, bahkan kalau ada waktu kamu juga bisa tidur siang untuk menghemat tenaga.

2. Makan sahur dengan tenang, jangan terburu-buru

5 Tips Supaya Gak Mudah Lemas Selama Puasa Saat Cuaca Panas & TerikUnsplash.com/Pablo Merchán Montes

Jangan pernah bangun dan makan sahur mendekati waktu imsak, alih-alih membuat kamu kenyang lebih lama, makan sahur di saat jam sudah mendekati waktu subuh malah membuat kamu makan dengan terburu-buru. Alhasil kamu jadi lebih mudah lapar karena makanan yang kamu santap tidak tercerna dengan baik. Ditambah lagi kamu hanya bisa minum seadanya.

Untuk itu, berilah jeda yang cukup antara waktu sahur dengan subuh supaya kamu bisa makan dengan tenang dan mengunyah makanan dengan baik agar semua nutrisi bisa terserap secara maksimal. Selain itu, sahur lebih pagi juga memungkinkan kamu untuk minum lebih banyak air.

3. Hindari makanan cepat saji

5 Tips Supaya Gak Mudah Lemas Selama Puasa Saat Cuaca Panas & TerikUnsplash.com/Sander Dalhuisen

Buat kamu yang memiliki aktivitas padat, makanan cepat saji nampaknya menjadi solusi terbaik untuk sahur dan berbuka. Padahal kenyataannya tidak demikian. Walaupun praktis dan lezat, tetapi makanan cepat saji tidak memiliki nutrisi yang cukup untuk memenuhi kebutuhan gizi harian. Rasa kenyang yang dihasilkan makanan cepat saji juga tidak bertahan lama. Alhasil kamu cepat lapar dan lemas sepanjang hari.

4. Jauhi minuman bersoda dan berkafein

5 Tips Supaya Gak Mudah Lemas Selama Puasa Saat Cuaca Panas & TerikParents.com

Pada minuman bersoda dan berkafein terdapat kandungan diuretik yang dapat menyerap air dan meningkatkan intensitas buang air kecil. Hal ini meningkatkan potensi dehidrasi dan menyebabkan rasa lemas dan pusing sepanjang hari.

5. Penuhi kebutuhan cairan dengan banyak minum air putih saat sahur dan berbuka

5 Tips Supaya Gak Mudah Lemas Selama Puasa Saat Cuaca Panas & TerikGreatwatefilters.com.au

Walaupun tidak bisa makan dan minum sepanjang hari, kamu tetap harus memastikan bahwa asupan cairan harianmu terpenuhi. Air putih berperan penting dalam mendetoksifikasi tubuh dari zat-zat berbahaya dan menyeimbangkan kadar air dalam tubuh. Untuk itu, biasakan untuk minum air putih minimal 2 gelas saat berbuka, 4 gelas di malam hari, dan 2 gelas saat sahur.

Itu tadi beberapa tips supaya kamu tetap segar dan gak lemas selama menjalani ibadah puasa. Selamat mencoba!

Eka Amira Photo Community Writer Eka Amira

Belajar hidup

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You