Comscore Tracker

Waspada! 5 Hal Ini Bisa Jadi Indikasi Kamu Terkena Burnout Syndrome

Salah satu masalah akibat bekerja secara berlebihan

Lelah dalam bekerja adalah hal yang biasa. Akan tetapi, jangan sampai kamu memaksa dirimu hingga terlalu lelah bekerja. Sebab hal tersebut bisa memicu masalah yang serius.

Salah satu masalah yang banyak diderita para millennials serta karyawan pemula adalah burnout syndrome. Burnout syndrome adalah kondisi kelelahan fisik dan mental yang berkepanjangan sebagai akibat bekerja secara berlebihan. Burnout syndrome berbeda dengan kelelahan fisik pada umumnya. Supaya kamu lebih waspada, yuk simak 5 hal yang jadi indikasi seseorang terkena burnout syndrome.

1. Merasa hidup begitu berat dan selalu tertekan

Waspada! 5 Hal Ini Bisa Jadi Indikasi Kamu Terkena Burnout SyndromeUnsplash.com/Kyle Broad

Banyaknya tuntutan serta beratnya persaingan dalam pekerjaanmu membuat kamu sering merasa tertekan. Dampaknya kamu jadi lebih temperamental, mudah marah, sangat sensitif, suka melamun, dan menangis tiba-tiba tanpa sebab yang jelas. Alhasil performa kerjamu menurun bahkan kamu jadi malas-malasan.

2. Kondisi fisik yang sering sakit-sakitan

Waspada! 5 Hal Ini Bisa Jadi Indikasi Kamu Terkena Burnout Syndromeunitypoint.org

Padatnya aktivitas serta tingginya beban kerja membuat kondisi fisikmu menurun. Tak hanya cepat lelah, kamu juga kerap diserang penyakit seperti flu dan batuk. Salah satu ciri khas seseorang yang terkena burnout syndrome adalah kondisi kesehatan yang terus menurun. Jangan sepelekan kondisi fisikmu yang sering tidak fit, lebih baik kamu segera konsultasi ke dokter atau psikolog serta luangkan waktu untuk istirahat.

3. Menarik diri dari pergaulan

Waspada! 5 Hal Ini Bisa Jadi Indikasi Kamu Terkena Burnout SyndromeUnsplash/Anthony Tran

Beban hidup dan tanggung jawab yang begitu berat kadang membuat kamu lupa dengan dengan keadaan sekitar. Kamu jadi tidak peduli dengan keadaan sekitar dan selalu merasa butuh me time. Lama kelamaan hal ini jadi kebiasaan yang akhirnya membuat kamu jarang bersosialisasi dengan orang lain.

Baca Juga: Tanpa Disadari, 7 Hal Ini Jadi Indikasi Kamu Alami Kelelahan Psikis

4. Sering tidak produktif

Waspada! 5 Hal Ini Bisa Jadi Indikasi Kamu Terkena Burnout SyndromeStorefirst.com

Tidak produktif bisa jadi salah satu indikator bahwa kamu terkena burnout syndrome. Kelelahan fisik yang luar biasa, beban pekerjaan yang begitu berat, perasaan jenuh, hingga kurangnya apresiasi bisa jadi penyebab kamu kurang produktif dalam bekerja. Jangankan pekerjaan berat, tugas ringan yang biasanya bisa kamu selesaikan dalam kurun waktu singkat pun bisa terasa sulit karena kamu tidak berkonsentrasi dan terlalu lelah.

5. Kehilangan antusiasme dalam pekerjaan

Waspada! 5 Hal Ini Bisa Jadi Indikasi Kamu Terkena Burnout Syndromevancouversun.com

Indikasi bahwa kamu terkena burnout syndrome adalah kehilangan antusiasme dalam pekerjaanmu. Tak peduli seberapa berartinya pekerjaan itu bagi atasanmu, kamu selalu saja mengerjakan dengan asal-asalan. Prinsip yang kamu anut saat itu adalah yang penting selesai.

Bersikap professional dan loyal terhadap perusahaan adalah hal yang bagus. Akan tetapi, jangan sampai kamu mengabaikan kondisi fisikmu dengan bekerja secara berlebihan. Sebab hal tersebut dapat menyebabkan masalah lain yang lebih kompleks.

Baca Juga: Tired Generation: Kenapa Millennial Selalu Kelelahan Sepanjang Hari?

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya