Comscore Tracker

6 Hal Kecil yang Bisa Membantu Mengatasi Anxiety, Coba Terapkan

Sederhana tapi memiliki manfaat besar

Cemas adalah hal manusiawi yang bisa dialami semua orang. Namun jika hal tersebut berlebihan tentu akan menjadi sesuatu yang perlu diperhatikan. Hal ini supaya kita dapat mencari solusi yang bisa dilakukan jika kecemasan berlebihan datang menyerang.

Kecemasan atau saat mencapai level lebih parah disebut anxiety disorder dapat dialami pula oleh semua orang. Kendati demikian, solusi untuk masing-masing orang tentu akan berbeda. Sebagian membutuhkan terapi khusus, sebagian bisa diatasi dengan hal sederhana yang masih dapat dilakukan sendiri.

Berikut adalah enam hal sederhana yang bisa dilakukan untuk mengatasi kecemasan yang kamu alami. Coba lakukan perlahan supaya tidak terjadi berlarut-larut dalam waktu lama.

1. Mengalihkan perhatian dengan kegiatan lain

6 Hal Kecil yang Bisa Membantu Mengatasi Anxiety, Coba Terapkanilustrasi orang melukis (pexels.com/Shvetsa)

Melakukan beberapa hal yang membutuhkan konsentrasi dapat membuat otak kita merasakan kecemasan berlebih yang kita rasakan sebelumnya. Jika kamu merasa gejala anxiety datang, maka secepatnya carilah kegiatan yang dapat mengalihkan perhatianmu dan membuatmu fokus dengan hal baru yang kamu kerjakan.

Carilah kegiatan yang membutuhkan gerakan-gerakan pada tubuh kita, khususnya tangan. Misalnya melukis, menggambar, menanam bunga, bermain game dan sebagainya. Sederhananya, kegiatan-kegiatan tersebut akan memudarkan perasaan cemas berlebih yang kita alami. Tentu saja hal ini sulit, tapi semua orang dapat mencoba melakukannya.

2. Mengubah apa yang kita rasakan

6 Hal Kecil yang Bisa Membantu Mengatasi Anxiety, Coba Terapkanilustrasi orang mendengarkan musik (pexels.com/George Milton)

Mengubah apa yang kita rasakan di sini seperti contohnya jika kamu merasakan gejala anxiety dan kamu merasa cemas akan suatu penyakit, kamu harus mengurangi mencari tahu terlalu mendalam mengenai suatu penyakit tersebut sehingga ketakutan dan kecemasan berlebihmu akan berkurang. Kurangi atau berhentilah mencari tahu secara berlebihan mengenai apa yang sedang kamu takutkan dan cemaskan karena hal tersebut akan menambah kadar kecemasanmu menjadi meningkat.

Sebagai contoh lain, sebagian orang memilih mendengarkan lagu sedih ketika ia sedang dalam keadaan haru biru. Kemudian ketika sedang marah malah mendengarkan lagu yang menyiratkan kemarahan. Untuk mengatasi anxiety, kamu dapat mengubah apa kamu dengar. Gantilah genre musik yang kamu dengar menjadi sebaliknya, yaitu musik yang dapat membuatmu merasa lebih tenang dan bahagia.

3. Mencari lingkungan di mana kamu merasa aman

6 Hal Kecil yang Bisa Membantu Mengatasi Anxiety, Coba Terapkanilustrasi orang tidur (pexels.com/Ivanyaoboleninov)

Jika kamu sedang mengalami keadaan kecemasan berlebihan, pergilah ke tempat di mana kamu merasa aman. Misalnya kamu merasa aman berada di kamarmu, maka kamarmu akan menjadi tempat healing dan membantumu mengatasi kecemasan tersebut.

Jika kamu merasa cemas dan tidak baik-baik saja sendirian, carilah orang yang dapat menemanimu dan membuatmu merasa aman. Jika perlu, kamu bisa mengunjungi sahabatmu, memeluk orangtua atau orang yang kamu sayangi untuk membuat perasaanmu lebih tenang.

Kuncinya adalah kenali tempat dan lingkungan seperti apa yang dapat membuat kamu merasa aman. Ketika anxiety  muncul, kamu dapat berpindah dari lingkungan yang membuat merasa tidak aman dan cemas ke lingkungan tersebut. Dengan begitu, perlahan kecemasanmu akan berkurang.

Baca Juga: 5 Obat Alami untuk Mengurangi Stres dan Anxiety, Kamu Wajib Tahu!

4. Relaksasikan tubuhmu

6 Hal Kecil yang Bisa Membantu Mengatasi Anxiety, Coba Terapkanilustrasi orang berbaring (pexels.com/Mikhail Nilov)

Tanda ketika mengalami kecemasan salah satunya adalah tubuh kita menjadi tegang dan sedikit kaku. Jika kamu mengalaminya, cobalah mengatasi perlahan dengan melakukan peregangan-perengangan ringan pada tubuh. Atur pernapasan dan lemaskan tubuhmu sehingga menjadi lebih rileks. Ketika tubuhmu tegang dan cemas, kamu bisa duduk santai dan menyadarkan tubuhmu sejenak atau berbaring adalah cara terbaik.

Saat tubuh terasa lebih santai, ia akan mengirim sinyal ke otak yang menandakan bahwa keadaanmu sudah lebih tenang. Sinyal ini akan diterima otak sehingga akan menurunkan kecemasan berlebihmu.

5. Makan dengan teratur

6 Hal Kecil yang Bisa Membantu Mengatasi Anxiety, Coba Terapkanilustrasi orang makan (www.pexels.com/Olly)

Ketika mengalami anxiety, tidak jarang kita melupakan rasa lapar yang ada. Kita melupakan bahwa tubuh butuh energi dari makanan serta melupakan bahwa menjaga kesehatan tubuh adalah kewajiban kita sendiri. Seringkali yang terjadi adalah ketika seseorang mengalami anxiety, ia tidak nafsu makan dan tidak merasa lapar sedikit pun padahal belum makan sama sekali.

Padahal tubuh yang kekurangan energi akan semakin membuat rasa cemasmu semakin besar. Maka dari itu, penting untuk tetap makan sesuai teratur seperti biasanya untuk mengurangi rasa cemasmu.

6. Lakukan olahraga secara rutin

6 Hal Kecil yang Bisa Membantu Mengatasi Anxiety, Coba Terapkanilustrasi orang melakukan peregangan (pexels.com/jonathanborba)

Rasa cemas dan stres dapat memicu terjadinya peredaran darah tidak lancar, detak jantung tidak teratur, dan berkeringat berlebihan. Hal ini dapat diatasi dengan melakukan olahraga untuk menormalkan kembali fungsi tersebut.

Jika kinerja organ tubuh kita kembali normal, anxiety dengan perlahan dapat dikurangi. Tidak harus melakukan olahraga berat. Cukup lakukan hal-hal sederhana seperti melakukan peregangan, senam, atau berlari ringan.

Mengatasi rasa cemas memang tidak mudah. Perlu dilakukan secara perlahan hingga menjadi kebiasaan guna mengurangi anxiety. Dan tentunya setiap orang memiliki penanganan yang berbeda dan apa yang paling ampuh tiap masing-masing orang pun berbeda. Oleh sebab itu, sangat penting untuk mengenali diri sendiri mulai dari sekarang.

Eka Laura Ferdianti Photo Verified Writer Eka Laura Ferdianti

Practice Makes Perfect

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Chalimatus Sa'diyah

Berita Terkini Lainnya