Comscore Tracker

Wajib Tahu, 5 Jenis Kanker yang Mengintai Para Perokok Aktif

Rokok bisa membunuhmu secara perlahan lho guys! 

Meski banyak sekali peringatan bahaya rokok bagi kesehatan, tetap saja masih banyak orang yang kecanduan merokok. Padahal rokok sangat berbahaya bagi kesehatan, dan yang paling parah bisa mengancam keselamatan jiwa, jika tidak segera dihentikan kebiasaan merokok tersebut. Berbagai penelitian menemukan bahwa dalam satu batang rokok terdapat 4.000 bahan kimia, di mana 400 di antaranya adalah beracun, serta 40 di antaranya merupakan karsinogen, yaitu zat yang dapat menyebabkan penyakit kanker.

Jika satu batang rokok saja terdapat banyak sekali bahan kimia, racun dan karsinogennya, apalagi jika rokok tersebut dihisap setiap hari? Tentu akan sangat berbahaya bagi kesehatan perokok tersebut. Tak hanya penyakit jantung saja yang akan mengintai para perokok aktif, namun juga penyakit mematikan seperti kanker. Nah, berikut ini ulasan tentang lima jenis kanker yang mengintai para perokok aktif.

1. Kanker paru-paru

Wajib Tahu, 5 Jenis Kanker yang Mengintai Para Perokok Aktifdailystar.co.uk

Kanker paru-paru merupakan kondisi dimana pertumbuhan sel-sel menjadi tidak terkendali pada jaringan paru-paru. Kanker Jenis ini merupakan kanker yang paling banyak diderita perokok aktif. Hal tersebut terjadi karena saat menghirup asap rokok, campuran bahan kimia yang ada pada rokok langsung dikirim ke paru-paru, dan hal tersebut menyebabkan awal dari kerusakan paru-parumu.

Dengan seringnya kamu merokok, akan menyebabkan kerusakan pada jaringan paru-parumu menjadi semakin bertambah parah dan sulit untuk diatasi, sehingga kerusakan ini menyebabkan sel-sel bereaksi dengan tidak normal, hingga pada akhirnya muncul sel kanker.

Tak hanya perokok aktif saja lho yang rentan terkena kanker paru-paru, tetapi perokok pasif juga rentan terkena kanker paru-paru, karena terkena paparan asap rokok dari orang yang merokok di sekitarnya.

2. Kanker mulut

Wajib Tahu, 5 Jenis Kanker yang Mengintai Para Perokok Aktifeconomictimes.indiatimes.com

Kanker mulut merupakan jenis kanker yang ditemukan dalam rongga mulut (daerah mulut) serta orofaring (bagian tenggorokan yang ada di belakang mulut). Kanker mulut dapat terjadi di bagian gigi, lidah, gusi, bibir, dan dasar mulut (di bawah lidah). Meski kanker mulut merupakan kanker yang jarang terjadi, dan hanya sekitar 2% dari seluruh kasus kanker yang ada, tetapi kanker jenis ini rentan terjadi pada perokok aktif lho. Bahkan, Faktor utama yang dapat menyebabkan kanker mulut adalah rokok dan produk tembakau lainnya.

Rokok dan produk tembakau mengandung zat beracun, karsinogen (zat penyebab kanker) dan nikotin (zat adiktif), sehingga semakin sering kamu merokok dan mengunyah atau mencelupkan tembakau, maka akan semakin besar juga resiko kamu terserang kanker mulut.

Baca Juga: 5 Fakta tentang Kanker Darah, Penyakit yang Diderita Ani Yudhoyono

3. Kanker serviks

Wajib Tahu, 5 Jenis Kanker yang Mengintai Para Perokok Aktifbabyologist.com

Wanita yang kecanduan merokok memiliki resiko yang lebih tinggi lho terkena kanker serviks, mengapa? Karena rokok mengandung zat berbahaya, yaitu benzyrene yang dapat merusak sel-sel yang ada pada lapisan serviks. Dengan seringnya kamu merokok, akan membuat sel Langerhans (sel yang berfungsi melawan penyakit) menjadi tidak bekerja dengan baik akibat tercampur dengan benzyrene, yang berasal dari asap rokok.

Wanita perokok beresiko 3 kali lipat terkena kanker serviks daripada wanita yang tidak perokok. Hal tersebut terjadi karena pada tubuh wanita yang merokok terdapat radikal bebas, sehingga memicu tubuh mengalami stres oksidatif. Akibat dari stres oksidatif ini dapat menyebabkan timbulnya berbagai macam penyakit, salah satunya adalah kanker.

4. Kanker hati

Wajib Tahu, 5 Jenis Kanker yang Mengintai Para Perokok Aktifhealthxchange.com

Kecanduan merokok gak hanya akan membuatmu rentan terserang kanker paru-paru dan kanker mulut saja, tetapi juga rentan terserang kanker hati, mengapa? Karena rokok mengandung racun yang sangat tinggi, sehingga berpotensi untuk menyebabkan kerusakan pada fungsi hati.

Kecanduan merokok dapat membuat sel-sel hati rentan mengalami kerusakan, sehingga proses regenerasi sel tidak dapat berjalan dengan normal, dan mengakibatkan sel-sel tersebut berkembang menjadi kanker. Selain itu, kandungan karsinogen yang ada pada rokok, seperti tar dan polynuclear aromatic hydrocarbon (PAH) bisa memicu kanker hati.

5. Kanker ginjal

Wajib Tahu, 5 Jenis Kanker yang Mengintai Para Perokok Aktifindependent.co.uk

Kanker ginjal merupakan kanker yang berasal dari dalam ginjal. Kanker ginjal dapat terjadi karena beberapa faktor, salah satunya adalah karena penderitanya memiliki kebiasaan suka merokok. Kandungan karsinogen (zat yang menyebabkan kanker) yang ada pada rokok, dapat mengubah sel DNA dan merusak sel-sel ginjal, sehingga fungsi ginjal menjadi menurun dan memicu kanker.

Sebaiknya segera hentikan kebiasaan merokokmu, karena kebiasaan buruk ini tidak hanya akan menyebabkan kanker saja lho, namun juga bisa menyebabkan penyakit jantung, impotensi, gangguan kehamilan dan janin. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: Terapkan 5 Terapi Alternatif Ini Bagi Kamu yang Ingin Berhenti Merokok

eliza ustman Photo Community Writer eliza ustman

'Hope is dream that doesn't sleep'

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

JADWAL SALAT & IMSAK

23
MEI
2019
18 Ramadan 1440 H
Imsak

04.26

Subuh

04.36

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

19.00

#MILLENNIALSMEMILIH

Versi: 23 May 2019 17:45:06

Progress: 768.696 dari 813.350 TPS (94.50987%)

Just For You